Sukses

SEC Sebut Stablecoin Milik Binance Adalah Sekuritas Tidak Terdaftar

Langkah tersebut merupakan salah satu tindakan pertama SEC pada stablecoin.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menyebut stablecoin milik Binance yaitu BUSD termasuk dalam sekuritas yang tidak terdaftar. Perusahaan di belakang stablecoin Binance, Paxos Trust Company mengatakan SEC sedang mempertimbangkan untuk mengambil tindakan terhadap platform tersebut.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin (20/2/2023), dalam sebuah pernyataan pada Senin, 13 Februari 2023, Paxos mengatakan tidak setuju dengan tuduhan SEC soal Binance USD (BUSD) adalah sekuritas dan siap untuk melakukan litigasi dengan penuh semangat jika perlu.

Langkah tersebut merupakan salah satu tindakan pertama SEC pada stablecoin. Sebelumya Ketua SEC, Gary Gensler mengatakan dia yakin beberapa stablecoin dan kripto lainnya adalah sekuritas bukan komoditas. 

Hal itu karena beberapa kripto ditawarkan kepada publik melalui proses yang disebut Initial Coin Offering (ICO) hal ini mirip seperti sekuritas yang melakukan Initial Public Offering (IPO). 

Pengumuman itu muncul beberapa jam setelah Departemen Layanan Keuangan New York (NYDFS) mengatakan dalam peringatan konsumen mereka telah memerintahkan Paxos untuk berhenti mencetak Binance USD, mengutip masalah yang belum terselesaikan dalam pengawasan Paxos atas hubungannya dengan Binance.

Paxos mengatakan dalam sebuah pernyataan mereka akan berhenti mengeluarkan Binance USD baru, yang didukung oleh uang tunai tradisional dan tagihan Treasury AS, mulai 21 Februari, tetapi akan terus mendukung dan menebus token hingga setidaknya Februari 2024.

Dalam pernyataan berikutnya yang mengonfirmasi SEC telah memberi tahu perusahaan tersebut, Paxos mengatakan "tidak ada tuduhan lain" terhadap perusahaan tersebut.

Stablecoin adalah token digital yang didukung oleh aset tradisional yang dirancang untuk memiliki nilai tetap, telah muncul sebagai salah satu roda penggerak utama dalam ekonomi kripto. 

Mereka digunakan untuk perdagangan antara token yang mudah menguap seperti bitcoin dan, di beberapa negara berkembang, sebagai sarana untuk melindungi tabungan terhadap inflasi.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.