Sukses

Saat Kejatuhan Silvergate Membayangi Harga Bitcoin dan Ether

Harga Bitcoin telah pulih tahun ini setelah jatuh lebih dari 60 persen pada 2022 menjadi di bawah USD 17.000

Liputan6.com, Jakarta - Harga Cryptocurrency jatuh di akhir pekan, karena investor menimbang masalah keuangan terbaru dihadapi  Silvergate Capital dan menilai potensi kebangkrutan di bank crypto dapat mempengaruhi yang lainnya.

Menurut Coin Metricss, harga Bitcoin turun lebih dari 5 persen menjadi USD 22.261,22. Sedangkan Eter kehilangan 5,5 persen dan diperdagangkan pada posisi USD 1.555,37.

Penurunan terjadi Kamis malam, beberapa jam setelah beberapa perusahaan crypto mengatakan mereka berhenti menerima atau memulai pembayaran ke atau dari Silvergate – termasuk Coinbase, Galaxy Digital, Circle, Paxos, dan Bitstamp.

Silvergate, yang telah menjadi bank masuk untuk bisnis cryptocurrency, mengumumkan jika mereka tidak akan memenuhi tenggat waktu yang diperpanjang untuk mengajukan laporan tahunannya dan memperingatkan bahwa mereka mungkin tidak dapat beroperasi 12 bulan lagi.

"Pergantian bearish pasti bisa menjadi reaksi tertunda terhadap masalah yang sedang berlangsung di Silvergate," kata direktur penelitian Clara Medalie di Kaiko melansir CNBC.

"Banyak bursa besar dan pembuat pasar bermitra dengan Silvergate untuk transaksi cepat antar entitas, dan penghentian aktivitas apa pun dapat berdampak pada likuiditas crypto global.”

Harga Bitcoin dan eter tetap datar sepanjang Kamis, sementara saham Silvergate turun 57 persen. “Untuk memulai tahun 2023, pasar crypto menikmati reli yang solid ke level tertinggi enam bulan menyusul perlambatan penularan terkait FTX, tetapi berita Silvergate telah memperbarui kekhawatiran seputar likuiditas dan risiko,” tambah Medalie.

Bitcoin telah pulih tahun ini setelah jatuh lebih dari 60% pada tahun 2022 menjadi di bawah $17.000 di tengah mundurnya aset berisiko dan ledakan FTX, yang merupakan pelanggan Silvergate. Bahkan setelah penurunan baru-baru ini, bitcoin naik lebih dari 30% tahun ini — meskipun bisa dalam sebulan perdagangan sideways sekarang karena reli yang lebih luas dalam aset berisiko telah memudar.

Ketahanan pasar CryptoAnalis mengatakan kesengsaraan Silvergate bukanlah pemicu yang jelas untuk penurunan bitcoin dan eter. Mereka juga menunjuk likuidasi, faktor makro dan indikator teknis.

“Semalam, bitcoin turun di bawah $23.000, mencapai level terendah dalam dua minggu. Dalam prosesnya, para pedagang dilanda jutaan likuidasi panjang, ”kata Medalie.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

2 dari 3 halaman

Harga Lainnya

Yuya Hasegawa, seorang analis di perusahaan crypto Jepang Bitbank, mengatakan penurunan itu terjadi “tanpa pemicu yang jelas.” Noelle Acheson, ekonom dan penulis buletin “Crypto is Macro Now”, menggemakan poin tentang likuidasi.

“Fakta bahwa itu adalah dump pendek dan tajam, dan bahwa harga bitcoin dan eter sekarang memantul dengan mantap, menunjukkan bahwa pergerakan tersebut sebagian besar bersifat struktural, dan bahwa pasar masih memiliki ketahanan yang cukup besar,” katanya.

Ketangguhan itu merupakan hasil besar bagi investor dari bulan perdagangan Februari, di mana bitcoin dan eter mengalami penurunan singkat masing-masing 6% dan 8,5%, karena regulator keuangan AS memulai tindakan keras crypto mereka. Bitcoin melanjutkan untuk menyelesaikan bulan kurang dari 1% di atas garis datar, sementara ether menambah keuntungan sekitar 2%.

Mengingat berita buruk dan pemulihan yang sedang berlangsung dari bencana FTX pada bulan November, investor melihat itu sebagai kemenangan meskipun aset crypto gagal menyamai pengembalian dua digit bulan Januari mereka.

 

3 dari 3 halaman

Silvergate Jadi Sentimen Negatif

“Berita Silvergate benar-benar buruk, tetapi seharusnya tidak secara langsung memengaruhi kepemilikan bitcoin,” tambah Acheson. “Namun, hal itu dapat menakuti beberapa investor makro, yang dapat menarik diri dan menunggu ini reda.”

Joel Kruger, ahli strategi pasar di LMAX Group, menunjuk pada ketidakmampuan bitcoin baru-baru ini untuk "membangun di atas resistensi teknis kritis dalam bentuk tertinggi Agustus 2022 sekitar $25.200" dan "data inflasi global yang terus menyarankan bank sentral, khususnya Fed, akan membutuhkan untuk mengikuti jalur kebijakan moneter yang kurang ramah investor lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama” – selain ketakutan Silvergate.

Jika bitcoin gagal mempertahankan level $22.000, pemberhentian berikutnya kemungkinan akan berada di sekitar $21.400, di mana titik terendah Februari dan tertinggi November bertemu, menurut Hasegawa.