Sukses

Fantastis, Berikut 5 NFT Termahal di Dunia

Berikut deretan NFT termahal di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Non Fungible Token (NFT) saat ini menjadi tren di hampir semua belahan dunia. Tak heran muncul NFT termahal di dunia.

Tingkat kelangkaan yang dimiliki masing-masing NFT tidak jarang membuat harga sebuah NFT meroket naik. 

Meskipun tren NFT sempat menurun pada 2022 dikarenakan adanya siklus crypto winter yang membuat harga kripto anjlok dan pelaku industri bangkrut, tetapi transaksi NFT masih terjadi. 

Dari banyaknya koleksi NFT yang beredar di dunia, ternyata ada beberapa NFT yang tercatat sebagai NFT termahal di dunia. Dilansir dari NFTNow, Senin (6/3/2023), berikut 5 NFT termahal di dunia. 

1.The Merge

NFT The Merge yang dibuat oleh seniman NFT Pak, dijual seharga USD 91,8 juta atau setara Rp 1,4 triliun (asumsi kurs Rp 15.297 per dolar AS) melalui Nifty Gateway. 

Hal yang membuat NFT ini menarik adalah alih-alih satu orang yang memiliki seluruh NFT, The Merge difraksinasi dan didistribusikan di antara 28.983 pedagang. Hal tersebut menghasilkan lebih dari 300.000 potongan NFT yang difraksionasi per orang.

2.Everydays: The First 5000 Days

Selanjutnya dalam deretan NFT termahal di posisi ke-2 ditempati oleh Everydays. Everydays dibuat oleh seniman digital Mike Winkelmann atau yang dikenal juga sebagai Beeple, yang saat ini menjadi andalan di jagat raya NFT. 

Pujian yang diberikan banyak orang pada Winkelmann karena hasil karyanya Everydays: The First 5000 Days yang dijual seharga USD 69 juta atau setara Rp 1 triliun. Everydays: The First 5000 Days adalah kolase yang dibuat selama 13 tahun oleh Winkelmann, ia mulai mengerjakannya pada 2007 dan selesai pada  2020.

 

2 dari 2 halaman

3. Human One

Everydays: The First 5,000 Days bukan satu-satunya seni digital oleh Beeple yang menjadi berita utama tahun ini. Karya besar lainnya, yang disebut Human One terjual seharga USD 28,9 juta atau setara Rp 442 miliar dilelang lain yang diselenggarakan oleh Christie's. Harga tersebut merupakan dua kali lipat harga yang diharapkan. 

4.CryptoPunk 7523

Banyak orang yang masih menganggap CryptoPunk tidak lebih dari sekadar proyek biasa, tetapi nyatanya konsep di balik proyek ini sebenarnya jauh lebih penting. 

Sekilas, CryptoPunks hanyalah serangkaian karakter digital 8-bit yang tidak memiliki kegunaan nyata. Orang-orang membelinya dan menggunakannya sebagai gambar profil di platform seperti Twitter dan media sosial lainnya. Selain itu, mereka juga dapat menjualnya di platform lain juga, dan harganya terus meningkat.

CryptoPunk 7523 misalnya, yang menjadi salah satu NFT termahal yang pernah dijual. CryptoPunk 7523 adalah NFT avatar termahal dalam koleksi CryptoPunk hingga saat ini. CryptoPunk 7523 berhasil dijual dengan harga USD 11,75 juta atau setara Rp 179,7 miliar di platform lelang Sotheby.

5.CryptoPunk 4156

Selanjutnya, masih dalam koleksi NFT CryptoPunk, yaitu CryptoPunk 4156 yang berhasil dilelang seharga USD 10,35 juta atau setara Rp 158,3 miliar.

Menurut perusahaan pelacakan blockchain, DappRadar, proyek CryptoPunks telah mengumpulkan lebih dari USD 2,2 miliar dalam volume perdagangan selama ini.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.