Sukses

Deretan Perusahaan Kripto Jadi Korban Keruntuhan Silicon Valley Bank

Berikut perusahaan kripto yang turut terdampak dari runtuhnya bank Silicon Valley.

Liputan6.com, Jakarta Akibat dari keruntuhan yang menakjubkan dari Silicon Valley Bank (SVB), banyak perusahaan kripto telah mengungkapkan mereka terdampak dari keruntuhan tersebut. SVB telah lama menjadi sebagai salah satu pemberi pinjaman paling terkemuka untuk startup teknologi di dunia.

Penutupan bank pada hari Jumat oleh Departemen Perlindungan Keuangan California menandai kegagalan bank terbesar kedua dalam sejarah Amerika setelah runtuhnya Washington Mutual selama krisis keuangan 2008. 

Dilansir dari Decrypt, Selasa (14/3/2023) deretan perusahaan kripto berikut turut terdampak dari runtuhnya bank Silicon Valley. 

Ripple

Pada Sabtu, 11 Maret 2023, CTO Ripple David Schwartz berjanji perusahaan pembayaran kripto akan segera mengeluarkan pernyataan tentang bagaimana keuangannya dipengaruhi oleh runtuhnya Silicon Valley Bank. 

CEO Ripple, Brad Garlinghouse juga memposting pembaruan di Twitter pada Minggu malam dan mengungkapkan Ripple terpapar keruntuhan SVB. 

“itu adalah mitra perbankan dan memiliki sebagian dari saldo kas kami,” kata Garlinghouse di Twitter. 

BlockFi

Pemberi pinjaman kripto yang mengajukan kebangkrutan pada November 2022 setelah keruntuhan FTX, memiliki dana sebesar USD 227 juta atau setara Rp 3,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.502 per dolar AS) yang disimpan di SVB, menurut dokumen yang diajukan pada Jumat terkait dengan proses kebangkrutan BlockFi. 

Dana tersebut dilaporkan tidak diasuransikan oleh Federal Deposit Insurance Commission (FDIC) karena berada dalam reksa dana pasar uang, yang dengan sendirinya dapat merupakan pelanggaran undang-undang kebangkrutan.

BlockFi pertama kali menghentikan penarikan hanya beberapa hari setelah runtuhnya crypto exchange FTX. 

Circle

Circle, penerbit USDC, stablecoin terbesar kedua di dunia, mengumumkan pada Jumat sebagian cadangan kas yang tidak diungkapkan yang digunakan untuk mendukung USDC dan mengikat nilainya dengan dolar AS disimpan di Silicon Valley Bank.

Perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan SVB adalah salah satu dari enam bank yang diandalkan untuk mengelola cadangan kas USDC, tetapi mengklaim USDC akan dapat terus beroperasi secara normal.

Pantera

Perusahaan modal ventura yang berfokus pada kripto, Pantera memiliki jumlah eksposur yang tidak diketahui terhadap keruntuhan SVB. Baru-baru ini, tepatnya bulan lalu, perusahaan menghitung bank yang gagal di antara hanya tiga penjaga dana pribadinya, menurut pengajuan SEC 3 Februari.

Pantera termasuk di antara perusahaan VC terbesar yang berfokus pada kripto di dunia. Tahun lalu saja ia mengumpulkan USD 1,3 miliar atau setara Rp 20,1 triliun untuk dana yang secara eksklusif berfokus pada proyek berbasis blockchain.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

2 dari 2 halaman

Silicon Valley Bank Bangkrut: Joe Biden Jamin Tak Ada Efek Domino ke Ekonomi AS

Kolapsnya Silicon Valley Bank (SVB) menimbulkan pertanyaan terkait dampaknya ke ekonomi AS. Kegagalan bank tersebut disebut sebagai yang terparah kedua dalam sejarah AS setelah tutupnya Washington Mutual saat krisis finansial 2008.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberi kabar bahwa runtuhnya bank tersebut tidak akan memberikan efek ke ekonomi negaranya. 

Dilaporkan VOA Indonesia, Selasa (14/3/2023), Biden mengatakan tindakan cepat pemerintahannya pada akhir minggu memberi warga Amerika kepercayaan bahwa sistem perbankan AS aman. Biden menambahkan bahwa dia juga akan meminta Kongres dan para regulator untuk memperkuat peraturan perbankan.

“Warga Amerika bisa mempercayai bahwa sistem perbankan aman. Deposito kalian tersedia di sana kalau kalian membutuhkannya," ujar Joe Biden.

Pada Minggu, regulator AS bertindak setelah SVB ambruk, kegagalan bank terbesar sejak 2008, ketika sejumlah besar nasabah menarik tabungan mereka karena bank menderita kerugian akibat kinerja buruk portofolio surat-surat berharganya.

Nasabah SVB akan punya akses ke deposito mereka mulai Senin, dan regulator telah membentuk fasilitas baru untuk memberi bank akses ke dana darurat.

Bank sentral Amerika, the Fed, juga melonggarkan prosedurnya guna memungkinkan bank-bank meminjam dari cadangan dana darurat.

Peraturan itu, yang diberlakukan pasca krisis finansial pada 2008 akibat pemberian kredit rumah secara agresif, akan disoroti dalam hari-hari mendatang. Sebagian peraturan itu dihapus pada 2018 ketika Presiden Trump menjabat.

Perubahan pada UU Dodd-Frank yang didesakkan oleh fraksi Republik, menaikkan ambang di mana bank berisiko dan diawasi lebih ketat. Ambang ini naik dari $50 miliar menjadi $250 miliar. Silicon Valley Bank memiliki aset $209 miliar pada akhir tahun lalu.

Biden, dari Partai Demokrat, menghadapi Kongres yang terbagi setelah fraksi Republik mengambil alih DPR pada Januari lalu. Jadi, pemberlakuan peraturan perbankan yang baru, mungkin akan sulit.