Sukses

Inggris Bakal Siapkan UU Khusus kripto dalam 12 Bulan

Inggris bakal kenalkan undang-undang khusus yang bertujuan mengatur industri kripto dalam 12 bulan ke depan. Pemerintah Inggris pun buka saran untuk konsultasi yang berakhir 30 April 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Inggris berencana memperkenalkan undang-undang khusus yang bertujuan untuk mengatur industri cryptocurrency dalam 12 bulan ke depan. Hal itu disampaikan salah satu anggota parlemen Inggris.

Pemerintah Inggris menyusun rencana pada Februari untuk mengatur aset kripto dan membuka sarannya untuk konsultasi. Periode konsultasi berakhir pada 30 April.

Sekretaris ekonomi untuk Departemen Keuangan Inggris, Andrew Griffith mengatakan dalam sebuah wawancara pada Senin peraturan kripto tertentu dapat mulai berlaku dalam waktu satu tahun atau lebih.

“Kami memiliki kendali atas buku peraturan kami, bukan sesuatu yang dimiliki Inggris selama beberapa dekade,” kata Griffith, mengacu pada keluarnya Inggris dari Uni Eropa, dikutip dari CNBC, Rabu (18/4/2023).

Yurisdiksi di seluruh dunia dari Dubai hingga Singapura telah mencoba memposisikan diri mereka sebagai tempat ramah kripto untuk mendorong perusahaan mendirikan toko di sana.

Sementara itu AS telah mengambil tindakan keras terhadap perusahaan cryptocurrency dengan regulatornya meningkatkan tindakan penegakan hukum terhadap perusahaan.

Inggris Bakal Jadi Tempat Ramah Kripto

Inggris, bagaimanapun, ingin memposisikan dirinya sebagai tempat bagi perusahaan kripto untuk datang. Tahun lalu, Rishi Sunak, yang saat itu menjadi menteri keuangan Inggris dan sekarang menjadi perdana menteri, mengatakan ambisinya adalah menjadikan Inggris sebagai “pusat global untuk teknologi aset kripto”.

Anggota parlemen menunjuk ke RUU Pasar dan Jasa Keuangan, yang saat ini sedang berjalan melalui Parlemen, sebagai contoh di mana undang-undang yang akan datang sudah mencakup beberapa ketentuan tentang cryptocurrency. 

Undang-undang khusus itu, yang belum berlaku, bertujuan untuk memasukkan stablecoin yang didukung aset ke dalam peraturan.

  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Korban Penipuan Kripto, Warga Australia Rugi Rp 2,2 Triliun

Sebelumnya, hampir 4.000 warga Australia melaporkan menggunakan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya sebagai metode pembayaran untuk mentransfer dana ke penipu pada 2022. Ini menandai peningkatan signifikan sebesar 162,4 persen dibandingkan 2021.

Dilansir dari Decrypt, Selasa (18/4/2023), transfer kripto ini membuat penjahat memperoleh sebanyak USD 148,4 juta atau setara Rp 2,2 triliun (asumsi kurs Rp 14.850 per dolar AS), menurut laporan terbaru oleh Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC).

Singkatnya, orang Australia membayar total USD 56,3 juta atau setara Rp 836 miliar pada 2021 dan USD 20,5 juta atau setara Rp 304,4 miliar (dalam bentuk mata uang kripto kepada penipu pada 2020.

Secara keseluruhan, orang Australia kehilangan USD 2,03 miliar atau setara Rp 30,1 triliun karena berbagai penipuan pada 2022, dengan penipuan investasi menyumbang lebih dari 66 persen dari semua kerugian finansial meningkat dari 55 persen pada 2021.

Pembayaran Kripto Penipuan Investasi Teratas

Melanjutkan tren yang pertama kali diamati pada 2021, cryptocurrency menjadi metode pembayaran yang paling umum untuk penipuan investasi, dengan penjahat menerima USD 92,37 juta atau setara Rp 1,3 triliun dalam aset digital pada 2022. 

Sedangkan untuk transfer bank, penipuan mencapai total USD 66,46 juta atau setara Rp 986,9 miliar di Australia, lebih kecil daripada penipuan dalam transfer kripto.

Menurut laporan tersebut, tipikal korban penipuan investasi adalah pria yang tinggal di New South Wales, berusia 65 tahun atau lebih.

Pengamatan penting lainnya adalah banyak skema investasi penipuan muncul ketika kenalan online baru seseorang atau pasangan romantis mengusulkan untuk menawarkan bantuan dalam berinvestasi.

Laporan tersebut menambahkan penipu mungkin menginvestasikan banyak waktu untuk membangun hubungan dengan para korban sebelum mendiskusikan pencapaian investasi mereka sendiri. 

Setelah membangun kepercayaan, pelaku akan memandu korban untuk menginvestasikan dananya dan membantu mereka membuat akun di platform cryptocurrency.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Hasil Survei:74 Persen Orang Amerika Serikat Tidak Percaya Kripto

Sebelumnya, orang Amerika tidak terlalu percaya pada cryptocurrency. Sekitar 75 persen dari mereka yang akrab dengan kripto mengatakan tidak yakin saat ini berinvestasi, memperdagangkan, atau menggunakan cryptocurrency dapat diandalkan dan aman.

Dilansir dari CNBC, Senin (17/4/2023), hal ini terungkap menurut lembaga survei Pew Research Center terhadap 10.071 orang berusia 18 tahun ke atas.

Sekitar 18 persen mengatakan mereka agak percaya diri, tetapi hanya 6 persen yang merasa sangat atau sangat percaya diri terhadap kripto, menurut survei tersebut.

Keyakinan bervariasi berdasarkan usia juga. Sekitar 66 persen orang dewasa AS di bawah 50 tahun yang akrab dengan kripto tidak yakin dengan keandalan dan keamanannya. Bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun, angka itu meningkat menjadi 85 persen.

Terlebih lagi, trader dan investor kripto Amerika merasa investasi mereka tidak berjalan sebaik yang mereka harapkan, menurut survei Pew. Sekitar 45 persen responden mengatakan investasi mereka benar-benar lebih buruk dari yang mereka harapkan. 

Sementara 30 persen mengatakan investasi mereka berjalan seperti yang diharapkan, hanya 15 persen mengatakan investasi mereka berjalan lebih baik dari yang diantisipasi.

Keadaan Kripto Saat Ini

Salah satu alasan kurangnya optimisme adalah karena saat ini merupakan waktu yang agak rumit bagi industri kripto.

Pasar cryptocurrency secara keseluruhan kehilangan nilai besar pada 2022 karena berbagai perusahaan kripto mengajukan kebangkrutan dan FTX, salah satu bursa kripto terbesar, runtuh.

 

4 dari 4 halaman

Kondisi Saat Ini

Selain itu, investor kripto kehilangan hampir USD 4 miliar atau setara Rp 59,1 triliun (asumsi kurs Rp 14.782 per dolar AS) karena peretasan sepanjang 2022, menurut Chainalysis, sebuah perusahaan analisis blockchain.

Namun terlepas dari gejolak sebelumnya, koin digital kripto paling populer tampaknya terus menguat sepanjang tahun ini.

Sejak awal tahun, bitcoin telah melonjak sekitar 80 persen. Pada 13 April, harga terus berkisar sekitar USD 30.000 atau setara R- 443,4 juta. Peregangan ini adalah pertama kalinya mencapai level itu sejak Juni 2022, tetapi masih jauh lebih rendah daripada puncak bitcoin lebih dari USD 68.000 atau sekitar Rp 1 miliar yang dicapai pada November 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini