Sukses

Harga Bitcoin Turun di Bawah Rp 402 Juta, Investor Perhatikan Sentimen Utang AS

Investor terus mempertimbangkan pembicaraan plafon utang AS yang sedang berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta Bitcoin (BTC) jatuh kembali di bawah USD 27.000 atau setara Rp 402,4 juta (asumsi kurs Rp 14.904 per dolar AS), membalikkan kenaikannya dari hari lalu karena investor terus mempertimbangkan pembicaraan plafon utang AS yang sedang berlangsung di Washington DC dan langkah peraturan terbaru.

Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar baru-baru ini diperdagangkan sekitar USD 26.700 atau setara Rp 397,9 juta, turun 2,1 persen selama 24 jam terakhir, menurut data CoinDesk.

Analis pasar senior untuk pembuat pasar valuta asing Oanda, Edward Moya mengatakan Bitcoin melayang di dekat posisi terendahnya baru-baru ini karena investor menunggu kejelasan peraturan.

“Kisaran perdagangan yang membuat frustrasi ini telah mematikan banyak investor dan jika fundamental kripto tidak membaik dalam waktu dekat, tekanan ke bawah dapat berlanjut,” kata Moya dikutip dari CoinDesk, Jumat (19/5/2023).

Ether (ETH), cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, mengikuti tren serupa, turun 1,6 persen dan diperdagangkan di sekitar USD 1.795 atau setara Rp 26,7 juta pada . Indeks Pasar CoinDesk (CMI), yang mengukur kinerja pasar kripto secara keseluruhan, turun 2,2 persen pada Kamis.

Direktur pelaksana grup aset digital di Ninepoint Partners Alex Tapscott, mengatakan dalam sebuah wawancara BTC baru-baru ini bergerak lebih seperti saham teknologi daripada penyimpan nilai murni.

Sementara beberapa analis berpendapat debat plafon utang dapat meningkatkan aset "safe-haven" seperti emas dan bitcoin, Tapscott mengatakan dia tidak yakin harga BTC akan naik jika terjadi default pemerintah AS.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini