Sukses

Anggota Kongres AS Pro Kripto Ajukan UU untuk Pecat Ketua SEC

Di tengah gejolak di industri kripto akibat tekanan dari SEC, dua anggota kongres AS justru mengeluarkan UU untuk mereformasi SEC dan memecat ketuanya.

Liputan6.com, Jakarta Menyusul serangan berbulan-bulan terhadap industri kripto oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), dua anggota kongres AS dari partai Republik sudah muak dengan ketua agensi tersebut.

"Hari ini saya mengajukan UU Stabilisasi SEC untuk merestrukturisasi SEC dan memecat Gary Gensler. Pasar modal harus dilindungi dari tirani Ketua, termasuk yang sekarang,” kata anggota kongres AS, Warren Davidson di Twitter, dikutip dari Decrypt, Selasa (13/6/2023).

Bergabung dengan Davidson dalam membuat undang-undang anggota kongres AS lainnya, Tom Emmer juga menyerukan hal serupa. Keduanya mendukung kripto dan telah berulang kali mengecam Gensler karena ketidak mampuannya dalam mengatur pasar kripto dan mendorong industri ke luar negeri.

Selain memecat Gensler, undang-undang Davidson, dan Emmer akan memberi komisaris SEC pengaruh yang lebih besar dengan menempatkan otoritas pembuatan peraturan, penegakan, dan investigasi di bawah enam komisaris  satu lebih banyak dari lima komisaris yang ada.

Dalam siaran pers terkait dengan undang-undang di situs web Emmer, para politisi mengutip daftar panjang pelanggaran yang telah dilakukan Gensler saat menjabat, termasuk aturan hotel California untuk kripto yang membuat tidak ada resolusi dan tidak ada kejelasan.

“Investor dan industri Amerika berhak mendapatkan pengawasan yang jelas dan konsisten, bukan permainan politik,” kata Emmer dalam sebuah pernyataan.

Kritik Kepada Ketua SEC

Setiap kritik anggota kongres juga mengingatkan pada perusahaan yang terkena dampak dari SEC. Pertukaran kripto Coinbase yang digugat oleh SEC pada Selasa karena pelanggaran hukum sekuritas mengungkapkan SEC mengejar pendekatan melalui penegakan tanpa aturan yang jelas seputar aset digital. 

Pada Kamis, Binance US menuduh SEC menggunakan taktik ketakutan untuk mengejar kampanye ideologis melawan industri aset digital Amerika. 

Gensler bahkan menghadapi kritik di dalam agensinya dari Komisaris SEC, Hester Peirce yang dijuluki Crypto Mom. Ia sering menolak dengan sia-sia upaya komisi untuk mengatur kripto menggunakan aturan industri keuangan yang ada.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini