Sukses

Harga Kripto Hari Ini 18 Juni 2023: Bitcoin Menghijau, Dogecoin Memerah

Mayoritas harga kripto jajaran teratas bergerak menghijau pada Minggu pagi, 18 Juni 2023. Demikian juga harga bitcoin.

Liputan6.com, Jakarta - Harga kripto jajaran teratas dominan bergerak di zona hijau pada perdagangan Minggu (18/6/2023). Harga bitcoin dan ethereum kompak menguat.

Mengutip data Coinmarketcap, harga kripto kapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) menguat 0,81 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan, harga bitcoin juga naik 2,61 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 26.465,01 atau sekitar Rp 395,47 juta (asumsi kurs Rp 14.943 per dolar Amerika Serikat).

Demikian juga harga kripto ethereum (ETH) bertambah 0,36 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga ethereum terpangkas 1,42 persen. Saat ini, harga ethereum berada di posisi USD 1.725,42 atau sekitar Rp 25,77 juta.

Sementara itu, harga binance coin (BNB) naik 2,05 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga BNB melompat 3,29 persen. Kini, harga BNB berada di posisi USD 244,70.

Penguatan juga diikuti oleh XRP. Harga XRP naik 2,12 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga XRP terpangkas 4,82 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,4824.

Demikian juga harga cardano menguat 1,74 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga cardano (ADA) naik 1,09 persen.

Sementara itu, harga dogecoin lesu dalam 24 jam terakhir. Harga dogecoin (DOGE) melemah 0,35 persen. Sedangkan selama sepekan terakhir, harga dogecoin naik 0,33 persen. Saat ini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,06182.

Harga tron (TRX) menguat 1,56 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga TRON melompat 4,27 persen. Kini, harga tron berada di posisi USD 0,0718.

Selain itu, harga solana (SOL) naik 1,56 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga solana merosot 0,63 persen. Kini, harga solana berada di posisi USD 15,56.

Harga kripto hari ini seperti tether (USDT) naik tipis 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga tether melemah 0,07 persen. Saat ini, harga tether berada di posisi USD 0,9998.

Di sisi lain, harga USD Coin (USDC) melemah tipis 0,01 persen dalam 24 jam terakhir. Harga USD Coin naik 0,02 persen selama sepekan terakhir. Kini, harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar kripto global naik 1 persen dalam satu hari. Saat ini, kapitalisasi pasar kripto berada di posisi USD 1,07 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hong Kong Siap Sambut Pertukaran Kripto yang Terdampak Pengetatan Regulasi di AS

Sebelumnya, legislator Hong Kong Johnny Ng telah mengundang pertukaran cryptocurrency global untuk mengajukan izin untuk beroperasi di Hong Kong, menyusul tindakan keras baru-baru ini oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

“Saya dengan ini menawarkan undangan untuk menyambut semua operator perdagangan aset virtual global termasuk Coinbase untuk datang ke HK untuk aplikasi platform perdagangan resmi dan rencana pengembangan lebih lanjut,” kata Johnny, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (16/62023).

Johnny menambahkan siap memberikan bantuan apapun jika para pelaku industri kripto ingin masuk ke Hong Kong. Hong Kong baru-baru ini mengubah kerangka peraturannya untuk kripto dalam upaya untuk menjadi pusat kripto dan inovasi. 

Undang-undang baru mulai berlaku pada 1 Juni. Komisi Sekuritas dan Futures Hong Kong (SFC) mengklaim rezim peraturan barunya berusaha untuk menangkap semua dimensi antarmuka publik dengan aset virtual, memberikan perlindungan investor dan integritas pasar sambil mengelola risiko utama bagi lembaga keuangan.

 

3 dari 4 halaman

Tindakan Keras SEC pada Pertukaran Kripto di AS

CEO Coinbase Brian Armstrong telah menegaskan kembali platform pertukarannya tidak mencantumkan sekuritas. Dia menekankan komitmen Coinbase untuk terlibat dalam pertarungan hukum dengan SEC untuk menetapkan pedoman peraturan yang jelas untuk industri cryptocurrency. 

Armstrong lebih lanjut menyoroti Coinbase melakukan banyak upaya untuk mematuhi saran Ketua SEC Gary Gensler dan “masuk dan daftar.” Namun, dia menyatakan frustrasi, menyatakan itu tidak mungkin.

Sementara itu, Gensler bersikeras bahwa aturan tentang pertukaran cryptocurrency sudah jelas dan sebagian besar token kripto, selain bitcoin, adalah sekuritas. 

Meskipun demikian, banyak peserta industri dan anggota parlemen telah mengkritik keras dia dan SEC karena mengadopsi pendekatan yang berfokus pada penegakan hukum untuk mengatur industri cryptocurrency.

4 dari 4 halaman

Volume Perdagangan Kripto Global Alami Penurunan pada Kuartal II 2023

Sebelumnya, volume perdagangan kripto telah mencapai posisi terendah tahunan di kuartal kedua 2023, karena banyak perusahaan mengurangi perdagangan, menurut data dari Kaiko.

Dilansir dari CoinDesk, Jumat (16/6/2023), volume harian rata-rata untuk kuartal kedua 2023 adalah USD 10 miliar atau setara Rp 149 triliun (asumsi kurs Rp 14.908 per dolar AS) untuk 10 token teratas tidak termasuk stablecoin, dibandingkan dengan volume harian rata-rata USD 18 miliar atau setara Rp 268,3 triliun pada kuartal pertama tahun ini.

Ini terjadi karena tindakan keras regulasi meningkat pada bulan lalu, mungkin mendorong pedagang dan pembuat pasar untuk mundur. Pekan lalu, Binance dan Coinbase, dua bursa cryptocurrency terbesar, menerima tuntutan hukum terhadap mereka dari Securities and Exchange Commission (SEC) AS.

Dalam hal pangsa pasar token individu dari volume perdagangan di kuartal dua, bitcoin telah kehilangan sekitar 20 poin persentase sejak puncaknya pada akhir Maret. 

Ether mengungguli bitcoin, mengambil peningkatan 5 poin persentase dalam pangsa volume. BNB Binance naik dari 2 persen volume menjadi lebih dari 7 persen dalam beberapa hari terakhir di tengah ketakutan regulasi Binance.

Tak hanya volume perdagangan yang menurun akibat ketatnya aturan dari regulator AS. Pasokan Bitcoin di bursa kripto telah merosot ke level terendah sejak Februari 2018, data dari perusahaan analitik on-chain Santiment menunjukkan.

Penurunan besar terjadi baru-baru ini setelah Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) menuduh bursa utama Binance dan Coinbase menawarkan sekuritas yang tidak terdaftar kepada pelanggan AS. Ada sebanyak 6,4 persen meninggalkan bursa dalam seminggu terakhir.

Pasokan terus turun sejak 2020 ketika mencapai puncaknya di kedalaman pasar beruang saat itu. Hal ini menunjukkan pedagang dan investor terus mengambil bitcoin mereka dari bursa demi hak asuh sendiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini