Sukses

Menguat Dua Digit, Tengok Harga Stablecoin USTC

Masih belum jelas apa yang mendorong kebangkitan stablecoin saat ini

Liputan6.com, Jakarta - TerraUSD Classic (USTC), stablecoin algoritmik dari ekosistem Terra Classic (LUNC) menunjukkan kenaikan signifikan yang berarti ada minat besar untuk stablecoin ini.

Dilansir dari Coingape, Senin (17/7/2023), menurut data dari CoinMarketCap, stablecoin Klasik TerraUSD naik 25,48 persen selama 24 jam terakhir menjadi USD 0,01624 atau setara Rp 243,58 (asumsi kurs Rp 14.999 per dolar AS). 

Meskipun masih belum jelas apa yang mendorong kebangkitan stablecoin saat ini, perlu dicatat pertumbuhan tersebut tampak organik, dengan melihat momentum pembelian semalam.

Sesuai data, stablecoin senilai lebih dari USD 92,4 juta atau setara Rp 1,3 triliun ini telah diperdagangkan selama 24 jam terakhir, angka yang telah tumbuh sebesar 702 persen. 

Sebagai stablecoin yang dipatok ke Dolar Amerika Serikat dengan basis 1 banding 1, USTC seharusnya diperdagangkan dengan harga USD 1,00. Namun, sejak peristiwa de-pegging bersejarah lebih dari setahun yang lalu, USTC telah diperdagangkan jauh lebih rendah.

Harapan Harga USTC Kembali Sesuai Nilai Dolar AS

Dengan token TerraUSD Classic mencatat lonjakan harga yang sangat besar akhir-akhir ini, banyak anggota komunitas optimis stablecoin itu sebenarnya dapat membangun momentum untuk menguji ulang level harga USD 1,00.

Meskipun ini adalah proyeksi yang sangat ambisius, komunitas LUNC secara aktif memperbaiki ekosistemnya untuk mendorong pembakaran LUNC dan juga mendorong program inovatif seperti mempertaruhkan yang dapat membantu menghidupkan kembali minat dan meningkatkan akumulasi stablecoin.

Dengan kebangkitan harga terbaru ini, USTC kini telah ditempatkan di radar lebih banyak pedagang dan perlu diperhatikan trennya dalam waktu dekat.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Raksasa Perbankan Jepang Bakal Luncurkan Stablecoin

Sebelumnya, Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG), salah satu raksasa bank di Jepang mengumumkan rencananya untuk menggunakan stablecoin di atas blockchain publik. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (5/7/2023) Bank yang memegang USD 776 miliar atau setara Rp 11.541 triliun (asumsi kurs Rp 15.042 per dolar AS) dalam aset yang dikelola (AUM) pada 2020. 

Rencana ini akan bermitra dengan Datachain, sebuah perusahaan interoperabilitas blockchain sebuah jembatan lintas rantai.

Pengumuman MUFG muncul setelah undang-undang penyelesaian dana yang direvisi disahkan pada 2022 mulai berlaku pada Kamis untuk memungkinkan lembaga keuangan menerbitkan stablecoin. 

MUFG akan menggunakan platform "Progmat Coin" pengembang internalnya untuk ini. Progmat Coin adalah protokol yang dimaksudkan untuk memfasilitasi penyelesaian produk berbasis keamanan dengan kemampuan yang diperluas untuk mengelola kripto dan kasus penggunaan keuangan tersemat.

Untuk lebih memudahkan transaksi yang dilakukan dengan aset stabil ini, bank akan menggunakan layanan Toki milik sebuah startup. Toki akan mengizinkan transaksi aset ini antara blockchain publik, termasuk Ethereum, Cosmos, Avalanche, dan Polygon.

Di antara kasus penggunaan yang dipertimbangkan adalah pertukaran lintas rantai, yang memungkinkan pertukaran aset di antara rantai yang berbeda, pembayaran lintas rantai, dan pinjaman lintas rantai, memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan beberapa protokol pinjaman di beberapa blockchain yang disebutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini