Sukses

Setahun Berlalu, Perusahaan Pinjaman Kripto Celsius Siap Keluar dari Kebangkrutan

Bebas dari kebangkrutan ini disampaikan dalam laporan penyelesaian Celsius yang akan akan disidang pada Agustus 2023

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan pinjaman kripto yang bangkrut, Celsius Network mencapai dua penyelesaian yang memungkinkan pengembalian aset kripto kepada pelanggan dan mengakhiri proses kebangkrutannya, menurut laporan pada 20 Juli 2023.

Penyelesaian akan dianalisis oleh Hakim Martin Glenn pada sidang pada 10 Agustus dan menangani klaim tanpa jaminan senilai USD 78,2 miliar atau setara Rp 1.176 triliun (asumsi kurs Rp 15.043 per dolar AS). Setiap tanggapan dan keberatan harus diserahkan ke pengadilan paling lambat 3 Agustus.

Salah satu perjanjian menyelesaikan klaim atas tuduhan penipuan dan misrepresentasi oleh manajemen Celsius Network dengan meningkatkan pemulihan pelanggan sebesar 5 persen. 

Pemegang akun masih dapat mempertahankan hak untuk mengajukan klaim individu terhadap Celsius jika mereka memilih keluar dari penyelesaian, sesuai dokumen pengadilan.

“Setiap Pemegang Rekening yang memenuhi syarat yang tidak memilih keluar dari Penyelesaian ini akan menerima klaim sebesar 105 persen dari klaim terjadwal mereka, yang akan menggantikan dan menghilangkan Bukti Klaim terkait yang diajukan oleh Pemegang Rekening tersebut,” kata laporan tersebut, dikutip dari Cointelegraph, Senin (24/7/2023).

Penyelesaian kedua menawarkan resolusi untuk pelanggan dengan dana dalam program Earn berbunga Celsius. Di bawah perjanjian yang diusulkan, pelanggan yang meminjam dana kripto akan dapat menerima sebagian dari dana mereka dalam aset kripto, bersama dengan kompensasi saham perusahaan baru yang muncul dari proses kebangkrutan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajukan Bangkrut pada 2022

Celsius mengajukan kebangkrutan Bab 11 pada Juli 2022 setelah mengumumkan jeda dalam semua penarikan di tengah gejolak pasar akibat runtuhnya ekosistem Terra. 

Setahun kemudian, pada 13 Juli 2023, mantan CEO-nya, Alex Mashinsky, ditangkap dengan tuduhan pidana dan perdata atas penipuan dan niat untuk memanipulasi pasar. Dia mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan.

Adapun pada 13 Juli, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) mengajukan gugatan terhadap Mashinsky dan eksekutif Celcius lainnya karena mengumpulkan miliaran dolar melalui penawaran yang tidak terdaftar dan menipu, serta menjual sekuritas aset kripto. 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini