Sukses

Mengenal Stablecoin USTC, Sejarah Hingga Keruntuhannya

USTC menjadi penyebab kejatuhan ekosistem Terra pada Mei 2022 yang menekan industri kripto secara global.

Liputan6.com, Jakarta TerraClassicUSD (USTC) adalah stablecoin algoritmik dari blockchain Terra. Gagasan di balik USTC adalah untuk mengatasi masalah skalabilitas yang mengganggu stablecoin lainnya. Namun, USTC akhirnya menjadi kejatuhan ekosistem Terra pada Mei 2022.

Dilansir dari Coimarketcap, diluncurkan pada 2019, Terra bertujuan untuk mempercepat adopsi cryptocurrency dan menyediakan lingkungan yang optimal untuk pengembang dApp melalui protokol blockchain sumber terbuka yang terdesentralisasi.

Pendirinya adalah Do Kwon, mantan insinyur perangkat lunak di Apple dan Microsoft, dan CEO startup Anyfi, dan Daniel Shin, seorang ekonom, dan salah satu pendiri Fast Track Asia dan platform e-commerce TMON.

Terra dirancang untuk menjadi platform utama bagi stablecoin yang dipatok ke mata uang fiat dan pengembangan aplikasi terdesentralisasi. 

Keruntuhan USTC

Pada Mei 2022, ekosistem tersebut ambruk saat TerraUSD kehilangan pasak dolarnya. Penyebab pasti dari bencana tersebut masih belum diketahui. Segera setelah itu, Do Kwon menarik diri dari penampilan publik, sambil tetap aktif di Twitter. Salah satu pendiri Terraform Labs mengatakan dia tidak menghindari penyelidikan dan bersedia bekerja sama.

TerraUSD (UST) pernah dianggap sebagai salah satu stablecoin algoritmik terbesar. Namun, pada Mei 2022, secara tak terduga kehilangan pasaknya terhadap dolar AS. Sebagai akibat dari penurunan harga, pengguna mulai menarik likuiditas UST dari Anchor Protocol, menukar dan mencairkan stablecoin. 

Dalam upaya menstabilkan situasi, platform mengaktifkan pencetakan LUNA. Sayangnya, cryptocurrency jatuh ke dalam spiral hiperinflasi dan kehilangan lebih dari 95 persen nilainya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

FSB Luncurkan Kerangka Peraturan Kripto Global

Kejatuhan industri kripto tahun lalu mendorong pengawasan global yang lebih ketat. Dewan Stabilitas Keuangan (FSB) memperingatkan risiko keuangan yang lebih luas jika perusahaan kripto tidak diatur.

FSB mengeluarkan kerangka peraturan globalnya untuk aktivitas aset kripto pada Senin, 17 Juli 2023. Kerangka peraturan ini dipengaruhi oleh runtuhnya industri kripto tahun lalu, mengacu pada FTX dan Terra.

Sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi risiko ini, FSB menetapkan sembilan rekomendasi tingkat atas untuk regulator tentang cara mengawasi perusahaan dan pasar kripto, serta merevisi rekomendasinya tentang pengawasan stablecoin.

Rekomendasi tersebut, yang juga mempertimbangkan umpan balik yang diterima selama konsultasi publik FSB mengenai topik tersebut, termasuk seruan untuk kerja sama lintas batas antara regulator, persyaratan tata kelola untuk penerbit kripto, dan pengungkapan wajib untuk industri.

FSB mengatakan telah memperkuat beberapa sarannya sehubungan dengan peristiwa baru-baru ini, termasuk dorongan untuk memastikan perlindungan aset klien yang memadai, dan menangani risiko yang terkait dengan konflik kepentingan.

“Peristiwa tahun lalu telah menyoroti volatilitas intrinsik dan kerentanan struktural aset kripto dan pemain terkait,” kata badan yang berbasis di Swiss itu dalam siaran pers, dikutip dari Decrypt, Selasa (18/7/2023).

FSB menambahkan bahwa “tumpahan” krisis dari kripto ke keuangan tradisional dapat meningkat seiring dengan pertumbuhan hubungan antara kedua industri.

Kerangka ini didasarkan pada prinsip aktivitas yang sama, risiko yang sama, regulasi yang sama, sebuah prinsip yang diharapkan untuk memastikan medan permainan regulasi yang setara dengan membuat berbagai bentuk aktivitas yang sama–misalnya pembayaran–mengikuti aturan yang sama.

3 dari 4 halaman

Bank Besar di Australia Kompak Blokir Pertukaran Kripto, Ada Apa?

Sederet Bank besar di Australia mengatakan akan memblokir platform mata uang kripto tertentu, dengan alasan risiko penipuan tingkat tinggi di industri ini.

National Australia Bank adalah bank terbaru yang mengumumkan pemblokiran pada bursa mata uang kripto tertentu, mengutip tingginya risiko penipuan. 

Pada 17 Juli, National Australia Bank (NAB) mengumumkan serangkaian tindakan baru untuk melindungi pelanggan dari penipuan sebagai bagian dari strategi penipuan bank.

Selain menghentikan jutaan pembayaran antara Maret dan Juli 2023, NAB juga akan memperkenalkan pemblokiran pada beberapa platform cryptocurrency untuk membantu melindungi pelanggan dari penipuan.

 

4 dari 4 halaman

Tak Dirinci

NAB tidak merinci nama bursa mata uang kripto yang diperkirakan akan menghadapi blokir dari bank. Eksekutif NAB untuk investigasi dan penipuan grup, Chris Sheehan hanya menyebutkan pemblokiran baru akan mempengaruhi platform berisiko tinggi di mana penipuan lebih lazim.

“Para scammer ini adalah bagian dari kelompok kejahatan transnasional yang terorganisir. Semakin banyak, kami melihat mereka menggunakan platform cryptocurrency untuk mengirim dana curian dengan cepat dan sering kali ke luar negeri,” kata Sheehan dikutip dari Cointelegraph, Selasa (18/7/2023).

Dalam pengumumannya, NAB terus mengulangi narasi yang berkembang dari bank lokal, menuduh hampir 50 persen dana penipuan yang dilaporkan di Australia terkait dengan kripto.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini