Sukses

Asia Ungguli AS Soal Regulasi Kripto di Tengah Ketidakpastian Global

Sebagai contoh Hong Kong menerapkan kerangka regulasi kripto pada Juni, diikuti undang-undang stablecoin Jepang mulai berlaku.

Liputan6.com, Jakarta Regulator Asia telah mengungguli Amerika Serikat (AS) dalam peraturan cryptocurrency. Dicontohkan Hong Kong yang memberikan lisensi pertamanya untuk platform perdagangan crypto di bawah kerangka aset digital.

Hong Kong baru-baru ini mengizinkan perdagangan pasar massal setelah HashKey Exchange dan OSL memperoleh izin yang melegalkan perdagangan token ritel, sebagai bagian dari ambisi Hong Kong untuk memantapkan dirinya sebagai pusat global untuk aset virtual.

Hong Kong menerapkan kerangka regulasi kripto pada Juni, diikuti undang-undang stablecoin Jepang mulai berlaku. Korea Selatan juga menyetujui tagihan aset digital mandiri pertamanya, dan Indonesia juga sedang menggodok bursa kripto yang didukung pemerintah.

Melansir Coinmarketcap, Minggu (6/8/2023), regulator Asia bertujuan untuk belajar dari tantangan masa lalu, seperti penurunan pasar aset digital yang signifikan tahun lalu, dan kebangkrutan global.

Termasuk jatuhnya bursa FTX, untuk menciptakan kerangka peraturan yang melindungi investor sambil tetap menarik bagi perusahaan.

Penasihat Kebijakan Senior di TRM Labs dan mantan regulator di Monetary Authority of Singapore, Angela Ang menunjukkan bahwa industri mungkin mengalami tantangan jangka pendek selama proses naik level ini.

Tetapi berpotensi mencapai keuntungan jangka panjang dengan tingkat kesejahteraan yang baik. ekosistem crypto yang diatur dan produktif di Asia melalui kolaborasi dengan regulator dan investasi dalam manajemen risiko.

Di sisi lain, AS menghadapi ketidakjelasan mengenai peraturan crypto karena keputusan pengadilan yang bertentangan, perselisihan badan pengatur, dan ketidaksepakatan atas undang-undang yang diusulkan.

Uni Eropa dan Dubai juga telah membuat buku aturan crypto yang terperinci, sementara China, meskipun melarang crypto, mengalami warga yang mencemooh larangan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beberapa Aturan yang sudah berlaku di sebagian kawasan Asia

Di Hong Kong, pertukaran crypto berlisensi dapat berdagang dengan individu dan institusi, tetapi investor ritel terbatas pada koin yang lebih besar seperti Bitcoin dan Ether.

Kerangka tersebut menekankan penilaian risiko, perlindungan asuransi, dan penjagaan aset. Stablecoin akan membutuhkan rezim lisensi wajib pada 2023-2024.

Jepang memperluas peraturan aset digitalnya dengan penerapan undang-undang stablecoinnya, salah satu yang pertama di antara ekonomi besar.

Negara ini telah menunjukkan minat untuk mendukung perusahaan web3, yang membayangkan internet terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain. Di antara regulator Asia, Jepang telah melonggarkan beberapa aturan crypto tetapi secara umum tetap ketat.

Korea Selatan menyetujui RUU aset digital mandiri pertamanya, mendefinisikan aset virtual dan menjatuhkan hukuman untuk pelanggaran seperti manipulasi pasar dan praktik perdagangan yang tidak adil.

Komisi Jasa Keuangan sekarang mengawasi operator crypto dan penjaga aset, dan Bank of Korea memiliki wewenang untuk menyelidiki platform tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Ambisi Singapura

Singapura memiliki ambisi untuk menjadi pusat blockchain yang produktif dengan menandai aset dunia nyata. Namun, mereka juga membatasi partisipasi investor ritel dalam perdagangan crypto karena sejarah volatilitas yang tinggi dalam aset digital.

Bangsa berencana untuk meminta pertukaran crypto untuk menjaga aset pelanggan dalam kepercayaan dan mempertimbangkan untuk melarang pinjaman dan mempertaruhkan investor ritel.

Australia berencana untuk berkonsultasi tentang persyaratan lisensi dan hak asuh untuk penyedia layanan crypto asset. Beberapa bank besar telah membatasi akses ke platform crypto karena risiko penipuan.

Sementara Indonesia sedang memperbaiki perdagangan crypto dengan mengambil inspirasi dari struktur pasar saham untuk memitigasi risiko yang terekspos oleh keruntuhan FTX.

Negara berencana untuk mendirikan bursa crypto yang didukung pemerintah, mirip dengan pasar saham, memisahkan perdagangan, kliring, dan kustodian di bawah pengawasan resmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.