Sukses

The Fed Mulai Program Baru untuk Awasi Aktivitas Kripto di Bank Amerika Serikat

The Fed juga mengeluarkan penjelasan yang lebih lengkap tentang bagaimana bank yang diawasinya perlu mendapatkan persetujuan awal.

Liputan6.com, Jakarta - Federal Reserve AS (the Fed) memulai program baru untuk mengawasi aktivitas kripto bank, dan mengklarifikasi persyaratannya. Program ini memungkinkan pemberi pinjaman di bawah otoritasnya mendapatkan persetujuan sebelum terlibat dalam aktivitas aset digital.

Langkah yang diumumkan pada Rabu, 9 Agustus 2023 ini tidak mengubah aturan apa pun untuk perbankan kripto. Sebaliknya, itu hanya mendefinisikan bagaimana bank sentral bermaksud menangani pengawasannya, menempatkan transaksi dengan sektor kripto di bawah program pengawasan aktivitas baru di mana pakar khusus Fed dalam aset digital akan bekerja bersama pengawas regulator.

The Fed juga mengeluarkan penjelasan yang lebih lengkap tentang bagaimana bank yang diawasinya perlu mendapatkan persetujuan awal untuk terlibat dengan stablecoin

Sebuah institusi yang menerbitkan, menahan, atau bertransaksi dalam token dolar untuk memfasilitasi pembayaran perlu membuktikan kepada pengawas sebelumnya ia dapat melakukan semua itu dengan cara yang aman dan sehat dan membutuhkan the Fed untuk secara resmi menandatangani.

Bank Bakal Memantau dan Mengendalikan Risiko

Izin itu mungkin sulit untuk dimenangkan, karena setiap bank perlu menunjukkan mereka dapat mengidentifikasi, mengukur, memantau, dan mengendalikan risiko aktivitasnya, dan Fed akan mencari kerentanan apa pun terhadap pencucian uang, pelarian pelanggan, dan peretas.

Pengumuman bank sentral dimaksudkan untuk memperkuat panduan kripto yang dikeluarkan pada Januari, dan pernyataan Selasa datang setelah berita PayPal (PYPL) ia akan meluncurkan stablecoinnya sendiri.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memastikan Regulasi

Regulator perbankan AS telah menjelaskan selama pemerintahan ini mereka berniat untuk mempertahankan penghalang substansial antara sistem perbankan dan sektor kripto, meskipun mereka juga bersikeras pemberi pinjaman dipersilakan untuk terus bereksperimen di bawah pengawasan ketat mereka. 

“Program aktivitas baru yang baru akan memberi tahu setiap bank ketika paparan aset digitalnya akan ditinjau,” kata Fed, dikutip dari CoinDesk, Sabtu (12/8/2023).

Sementara itu, bank sentral mengatakan program barunya akan membantu memastikan regulasi dan pengawasan memungkinkan inovasi yang meningkatkan akses dan penyampaian layanan keuangan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Buntut Kasus Penipuan Kripto Senilai Rp 742 Miliar, SEC Tuntut Perusahaan AS

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan pertukaran AS (SEC) telah mengeluarkan perintah penahanan sementara terhadap perusahaan yang berbasis di Utah, DEBT Box, menuduh perusahaan menipu investor sekitar USD 49 juta atau setara Rp 742,3 miliar (asumsi kurs Rp 15.150 per dolar AS) melalui skema kripto.

Anderson bersaudara, Jason dan Jacob, dan 15 orang lainnya diduga mengatur operasi keuangan ekstensif pada Maret 2021 yang mengumpulkan dana signifikan dari investor AS di Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH).

Grup tersebut diduga memasarkan dan menjual "lisensi node", sekuritas tidak terdaftar yang seharusnya dirancang untuk menghasilkan token aset kripto melalui aktivitas penambangan kripto.

Mereka meyakinkan investor berbagai bisnis penghasil pendapatan di beberapa sektor akan mendorong nilai token ini. Menurut narasi yang diputar oleh tertuduh, perusahaan-perusahaan ini akan menambang dan meningkatkan nilai berbagai token yang ditangani DEBT Box.

Namun, SEC sekarang mengklaim dana yang terkumpul dari penjualan lisensi perangkat lunak node ini tidak digunakan seperti yang dijanjikan. Sebaliknya, mereka konon melayani untuk membiayai gaya hidup mewah para terdakwa, termasuk pembelian mobil mewah, rumah, dan liburan mewah.

“Kami menuduh bahwa DEBT Box dan prinsipalnya menipu investor pada hampir setiap aspek penting dari penawaran sekuritas mereka yang tidak terdaftar. Ini termasuk klaim palsu atas keterlibatan mereka dalam penambangan aset kripto,” kata SEC, dikutip dari Coinmarketcap, Jumat (4/8/2023).

Selain perintah penahanan, SEC telah memastikan pembekuan aset sementara dan bantuan darurat lainnya untuk menghambat aktivitas terlarang lebih lanjut. Para terdakwa dituduh menjual sekuritas yang tidak terdaftar, termasuk aset cryptocurrency seperti BLGD dan DEBT.

Agensi telah menindak kripto dan telah mengklasifikasikan beberapa aset digital sebagai sekuritas. Mereka baru-baru ini memberi label HEX sebagai sekuritas setelah tuduhan bahwa pendirinya menjual sekuritas yang tidak terdaftar.

 

4 dari 4 halaman

Ketua SEC Gary Gensler: Kripto Spekulatif dan Investor Tak Dilindungi UU

Sebelumnya, Ketua US Securities and Exchange Commission (SEC) Gary Gensler menilai crypto merupakan hal yang sangat spekulatif. Investor pun dinilai harus paham kalau tidak mendapatkan perlindungan dari aturan.

Dikutip dari Bitcoin.com, ditulis Senin (31/7/2023), saat wawancara dengan Bloomberg pada Kamis, 27 Juli 2023, Ketua SEC Gary Gensler mengecam kripto.

"Di bidang investasi kripto ini, banyak investor harus menyadari ini bukan hanya kelas aset yang sangat spekulatif, tetapi juga salah satu yang saat ini tidak boleh mereka asumsikan mendapatkan perlindungan dari undang-undang sekuritas, meskipun undang-undang sekuritas berlaku,” ujar dia.

Ia menuturkan, investor tidak mendapatkan pengungkapan yang lengkap, adil dan jujur. Gensler mengatakan, platform melakukan hal-hal yang dalam sehari tidak akan pernah diizinkan dan dipikirkan akan dilakukan oleh Bursa Efek New York dan Nasdaq.

“Platform sering berbaur dan berdagang melawan Anda dan memiliki pembuat pasar atau market makers yang berada di sisi lain dari perdagangan. Dan kami tidak mengizinkan itu di pasar sekuritas kami lainnya,” ujar dia.

Ia menegaskan, saat ini kripto bidang yang penuh dengan penipuan, penjaja dan aktor beritikad baik tetapi terlalu banyak tidak.

Regulator sekuritas baru-baru ini meminta peningkatan anggaran untuk mengatasi risiko yang ditimbulkan oleh crypto. Pada Maret, Gensler menuturkan, SEC membutuhkan alat, keahliaan dan sumber daya baru untuk mengatur industri crypto.

Banyak pihak kritik ketua SEC karena mengatur industri crypto dengan penegakan hukum. Anggota Kongres AS Warren Davidson bahkan memperkenalkan undang-undang untuk mencopot Gensler sebagai Ketua SEC untuk memperbaiki serangkaian pelanggaran yang panjang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini