Sukses

Visa Bakal Terima Solana untuk Transaksi Stablecoin

Visa tidak asing dengan pembayaran kripto, setelah menerapkan program percontohan lebih dari dua tahun lalu

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa pembayaran Visa meluncurkan program percontohan yang memungkinkan pedagang menerima pembayaran USDC di Solana. SOL, token asli dari blockchain Solana, naik hampir 5 persen di tengah berita. Dengan kapitalisasi pasar USD 26 miliar, USDC adalah stablecoin kripto terbesar kedua.

"Dengan memanfaatkan stablecoin seperti USDC dan jaringan blockchain global seperti Solana dan Ethereum, kami membantu meningkatkan kecepatan penyelesaian lintas batas dan memberikan opsi modern bagi klien kami untuk dengan mudah mengirim atau menerima dana dari perbendaharaan Visa,” kata Kepala Kripto di Visa, Cuy Sheffield, mengutip Yahoo Finance, Kamis (7/9/2023).

Visa tidak asing dengan pembayaran kripto, setelah menerapkan program percontohan lebih dari dua tahun lalu yang memungkinkan Crypto.com mengirim USDC ke Ethereum.

Sekarang, raksasa jasa keuangan senilai USD 500 miliar ini bekerja sama dengan perusahaan pemrosesan pembayaran Worldpay dan Nuvei untuk menerima dan menyelesaikan transaksi dalam USDC.

Visa mencatat perusahaan-perusahaan ini melayani semakin banyak pedagang yang berinteraksi dengan blockchain dan ekonomi kripto termasuk penyedia on-ramp, game, dan pasar NFT yang mungkin lebih memilih untuk menerima stablecoin dibandingkan mata uang fiat tradisional untuk pembayaran kartu yang mereka terima.

Langkah ini menandai dukungan besar terhadap Solana — Visa menggunakan Ethereum untuk uji coba sebelumnya dan memperkenalkan fitur pembayaran berulang menggunakan Starknet, solusi penskalaan untuk Ethereum, akhir tahun lalu.

"Dua tahun lalu, kami memiliki stablecoin, tetapi sebagian besar blockchain yang ada dua tahun lalu tidak terlalu berkembang. Kami pikir stablecoin, yang dijalankan melalui banyak blockchain berbeda, adalah salah satu inovasi paling penting dan menarik yang terjadi dalam pembayaran saat ini,” kata Sheffield.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Adidas Luncurkan Residensi Artis NFT, Buka Kesempatan Kolaborasi Fisik

Sebelumnya, Adidas Studio telah mengumumkan program residensinya sendiri untuk seniman digital yang didukung Web3. Juga dikenal sebagai Three Stripes Studio, raksasa streetwear ini menyatakan program debut 'RESIDENCY by Adidas' siap menyambut beragam seniman digital yang berasal dari seluruh dunia.

Tujuan program ini adalah untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi, serta menyediakan jalur kreatif bagi seniman digital untuk terhubung dengan merek dan komunitas kolektor. Hal ini akan menjadi kesempatan unik untuk menampilkan para seniman dan juga memungkinkan mereka terlibat dalam kolaborasi baik di ranah digital maupun fisik.

Perusahaan ini memperkenalkan Moto yang berbasis di Tokyo (alias MonkeeMoto) dan artis Lebanon Adra Kandil (alias DearNostalgia), duo yang dipilih sendiri oleh studio. Three Stripes Studio bermitra dengan NFT Now untuk iterasi ketiga The Gateway di Korean Blockchain Week yang dimulai pada 7 September di Seoul.

"Dengan karya seni segar dari para seniman, RESIDENCY dimulai dengan penjualan seni NFT edisi terbatas dan edisi terbuka adidas yang perdana," mengutip pengumuman Studio Adidas pada laman Crypto News, Sabtu (2/9/2023).

Dua karya edisi terbuka diberi judul 'Seoul' dan 'Creatives'. Sementara dua karya seni edisi terbatas adalah 'Soul Searching /// Youth Is Your Privilege' dan 'Hype'. Edisi terbuka akan tersedia untuk semua orang dengan harga ETH 0,03.

Sedangkan edisi terbatas akan terdiri dari 100 item per artis dan hoodie eksklusif yang hanya tersedia untuk peserta acara peluncuran. Paket akan diberi harga ETH 0,15. Kedua edisi tersebut dapat dibeli melalui Manifold dengan ETH atau kartu kredit, mulai Rabu, 6 September. Tiket ke acara tersebut gratis.

3 dari 3 halaman

Dapat Tiket VIP Gratis

Pemegang ALTS oleh Adidas NFT dapat mendaftar untuk mendapatkan tiket VIP gratis yang memberikan pemegang akses ke acara pembukaan VIP pada 6 September dan masuk ke acara Gateway 2 hari. Ini bukan perjalanan NFT pertama Adidas. Pada Desember 2021, perusahaan merilis koleksi NFT “Into the Metaverse” dengan 30.000 item NFT, bekerja sama dengan Yuga Labs, Punks Comic, dan Gmoney, influencer NFT dengan nama samaran.

Hal ini ternyata menjadi kekuatan pendorong perusahaan untuk terus membangun mereknya di Web3. Pada April 2023, perusahaan meluncurkan proyek NFT baru yang diberi nama ALTS. Hal ini memungkinkan pemegang "Into the Metaverse" untuk membakar NFT asli dengan imbalan gambar profil Adidas (PFP) baru yang terkait dengan kampanye naratif.

Pada Agustus tahun ini, Adidas Originals dan BAPE meluncurkan "sepatu kets Forum 84 BAPE Low Triple-White yang sangat terbatas." Didukung oleh Adidas /// Studio (Three Stripes Studio), dan bekerja sama dengan penyedia infrastruktur pembayaran kripto Moonpay, sepatu kets dalam jumlah terbatas dilelang dan dipasangkan dengan versi NFT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini