Sukses

Indonesia Tempati Peringkat 7 Dalam Indeks Adopsi Kripto Global 2023

Indonesia berhasil mengalahkan Brasil di posisi 9, Thailand di posisi 10

Liputan6.com, Jakarta Ketika pasar sedang lesu terus menyeret turunnya adopsi kripto global, Asia tetap menjadi pemimpin dalam penggunaan aset digital. Hal ini berdasarkan laporan tahunan oleh perusahaan analisis blockchain Chainalysis.

Dilansir dari situs Chainalysis, Rabu (13/9/2023), Chainalysis menemukan 6 dari 10 negara dengan adopsi kripto tertinggi berada di Asia Tengah dan Selatan serta Oseania, termasuk India, Vietnam, Filipina, dan Indonesia.

Secara khusus, Indonesia berada pada posisi tujuh dalam indeks Adopsi Kripto Global 2023 Chainalysis. Indonesia berhasil mengalahkan Brasil di posisi 9, Thailand di posisi 10, Rusia di posisi 13, dan United Kingdom di posisi 14.

Ketika industri kripto berjuang untuk mendapatkan kembali pijakannya setelah keruntuhan FTX pada November 2022, temuan Chainalysis mencerminkan tesis yang berkembang Kripto adalah kisah global. 

Laporan tersebut menemukan negara-negara yang diklasifikasikan oleh Bank Dunia sebagai berpenghasilan menengah ke bawah pulih paling cepat dalam hal adopsi, atau total volume transaksi kripto yang dihitung berdasarkan daya beli.

DeFi Mendominasi

Mayoritas tersebar di Asia, wilayah yang sudah ditentukan oleh beragam kasus penggunaan kripto. India, misalnya, menduduki peringkat teratas untuk kedua layanan yang terjadi di bursa terpusat seperti Binance, serta aktivitas kripto di seluruh protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi), yang dapat bervariasi dari bursa hingga aplikasi pinjaman.

Meskipun Chainalysis menemukan bahwa pertukaran terpusat masih mendominasi lalu lintas web di Asia, kasus penggunaannya berbeda-beda di setiap negara. Filipina telah lama menjadi pengadopsi utama, sebagian besar karena popularitas permainan kripto. 

Game play-to-earn Axie Infinity pertama kali menjadi terkenal di Filipina pada 2021 sebelum nilainya anjlok, dengan banyak pengguna yang mengandalkan game tersebut sebagai sumber pendapatan. 

Menurut Chainalysis, hampir 20 persen lalu lintas web terkait kripto di Filipina ditujukan ke platform game dan perjudian.

Posisi AS an Eropa

Laporan adopsi global, yang kini memasuki tahun keempat, mengukur volume transaksi berdasarkan pola lalu lintas web, menggabungkan hasil dengan wawancara kualitatif dengan pakar dan operator lokal. 

Temuan ini ditimbang berdasarkan paritas daya beli untuk memastikan \indeks tersebut mencerminkan aktivitas, bukan sekadar volume.

AS masih berada di peringkat keempat dalam indeks tersebut, naik dari peringkat kelima tahun lalu, dengan aktivitas yang didorong oleh bursa terpusat dan DeFi. Tepat di belakang adalah Ukraina, yang pemerintahannya telah beralih ke kripto untuk mendapatkan sumbangan dalam perangnya melawan Rusia.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.