Sukses

Binance Berancang-ancang Hapus Perdagangan Stablecoin di Eropa, Ada Apa?

Langkah ini menyusul disahkannya peraturan kripto penting Eropa, undang-undang Pasar dalam Aset Kripto (MiCA)

Liputan6.com, Jakarta Seorang eksekutif Binance mengatakan perusahaan berencana untuk menghapus stablecoin di pasar Eropa pada Juni 2024 untuk mematuhi standar yang ditetapkan oleh Uni Eropa.

Kepala hukum di Binance France, Marina Parthuisot menjelaskan karena belum ada proyek yang disetujui,  perusahaan akan menghapus semua stablecoin di Eropa pada 30 Juni 2024. 

Langkah ini menyusul disahkannya peraturan kripto penting Eropa, undang-undang Pasar dalam Aset Kripto (MiCA), yang terjadi awal tahun ini pada Juni. Ketentuan undang-undang untuk stablecoin akan mulai berlaku setahun kemudian, pada Juni 2024.

Namun, Binance telah berubah pikiran sebelumnya mengenai penghapusan aset. Pada 26 Juni, mereka membatalkan keputusannya untuk menghapus koin privasi di Eropa karena adanya revisi operasinya untuk mematuhi standar Uni Eropa dan juga setelah mendengar masukan dari komunitasnya dan berbagai proyek.

“Hal ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pasar di Eropa dibandingkan dengan negara lain di dunia,” kata Parthuisot, dikutip dari Cointelegraph, Senin (25/9/2023). 

Mengenai masalah stablecoin, pengacara yang mengikuti situasi seputar undang-undang UE yang baru berkomentar pada Juli batasan transaksi stablecoin dapat menahan adopsi kripto di Eropa. 

Di bawah aturan MiCA, akan ada batasan USD 216 juta atau setara Rp 3,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.408 per dolar AS) yang dikenakan pada stablecoin, termasuk Tether USDT dan USDC.

Keputusan Binance untuk menghapus stablecoin demi mematuhi MiCA bukanlah satu-satunya contoh perubahan atas nama kepatuhan. Perusahaan dan negara telah beralih untuk memenuhi standar baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadapi Pengawasan Regulator, Volume Perdagangan Bitcoin Binance Turun 57 Persen

Volume perdagangan bitcoin (BTC) di Binance anjlok bulan ini karena tuntutan hukum dan pengawasan peraturan yang meningkat di bursa kripto terbesar di dunia. 

Menurut K33 Research, rata-rata volume spot BTC 7 hari Binance turun 57 persen sejak awal September dibandingkan pembacaan yang rata-rata datar di sejumlah bursa lainnya. Volume di pesaing Coinbase yang berbasis di AS lebih tinggi sebesar 9 persen selama periode ini.

Penurunan dramatis ini terjadi ketika Binance berada di bawah pengawasan regulator di seluruh dunia menyusul serangkaian tuntutan hukum, penolakan lisensi, dan penarikan sukarela. 

Jaksa di Departemen Kehakiman AS (DOJ) dilaporkan sedang mempertimbangkan tuntutan terhadap perusahaan tersebut, sementara Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) tiga bulan lalu menggugat Binance, entitas bursa AS Binance US dan pendiri Changpeng Zhao, dengan tuduhan berulang kali undang-undang sekuritas federal.

“Kasus DOJ dan SEC yang sedang berlangsung dengan Binance mungkin telah menghalangi para pembuat pasar untuk berdagang di Binance, yang menjelaskan sebagian dari penurunan tersebut,” kata analis senior K33 Research, Vetle Lunde dikutip dari CoinDesk, Minggu (23/9/2023).

 

3 dari 4 halaman

Dampak Negatif

Lunde menambahkan, beberapa perkembangan pasar mungkin telah bocor ke bursa lain, tetapi hampir dapat dipastikan kesengsaraan Binance berdampak negatif pada volume pasar.

Binance pada 7 September membatasi promosi tanpa biaya untuk perdagangan BTC dengan stablecoin TrueUSD (TUSD), salah satu pasangan perdagangan paling likuid di platform, yang mungkin berkontribusi terhadap penurunan tersebut.

Binance US juga mengalami penurunan dalam aktivitas perdagangan. Data dari perusahaan analisis kripto Kaiko menunjukkan keseluruhan volume perdagangan mingguan pada platform tersebut turun menjadi USD 40 juta atau setara Rp 615,2 miliar (asumsi kurs Rp 15.381 per dolar AS) dari hampir USD 5 miliar atau setara Rp 76,9 triliun pada awal tahun ini, penurunan sekitar 99 persen.

4 dari 4 halaman

Binance Ajukan Perlindungan Pengadilan Dari SEC

Sebelumnya, pertukaran kripto Binance mengajukan perintah pengadilan perlindungan terhadap Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) yang mengatakan permintaan regulator untuk informasi terlalu luas dan terlalu memberatkan.

Dalam pengajuan pengadilan di Pengadilan Distrik Columbia AS, BAM Trading, perusahaan operasi Binance AS dan Manajemen BAM mengatakan grup tersebut telah memberikan informasi yang cukup kepada regulator.

Perintah perlindungan berupaya untuk membatasi SEC, antara lain, hingga empat deposisi dari karyawan BAM, dan untuk membatalkan deposisi kepala eksekutif BAM dan direktur keuangannya, tanpa menyebut nama siapa pun.

Pada Juni, regulator AS itu menggugat Binance dan CEO Changpeng Zhao karena diduga mengoperasikan jaring penipuan, mencantumkan 13 tuduhan termasuk klaim perusahaan secara artifisial meningkatkan volume perdagangannya, mengalihkan dana pelanggan, gagal membatasi pelanggan AS dari platformnya dan menyesatkan investor. tentang kontrol pengawasan pasarnya.

“SEC masih belum mengidentifikasi bukti apa pun yang menunjukkan aset pelanggan disalahgunakan atau dihamburkan dengan cara apa pun," kata pengarsipan tersebut, dikutip dari Channel News Asia, Rabu (30/8/2023).

Pengarsipan tersebut menambahkan, SEC telah menolak proposal BAM untuk membatasi permintaannya secara berarti dan menentang mosi untuk perintah perlindungan.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.