Sukses

UBS Asset Management Luncurkan Dana Tokenisasi Pertama di Jaringan Ethereum

Dana tersebut merupakan bagian dari Project Guardian, sebuah inisiatif industri kolaboratif yang dipimpin oleh Otoritas Moneter Singapura

Liputan6.com, Jakarta UBS Asset Management telah meluncurkan uji coba pertama dana Variable Capital Company (VCC) yang diberi token di Singapura, menandai tonggak penting dalam menghadirkan aset-aset dunia nyata secara on-chain.

Dana tersebut merupakan bagian dari Project Guardian, sebuah inisiatif industri kolaboratif yang dipimpin oleh Otoritas Moneter Singapura (MAS) untuk mengeksplorasi tokenisasi berbagai aset dunia nyata.

“Ini merupakan tonggak penting dalam memahami tokenisasi dana, memanfaatkan keahlian UBS dalam tokenisasi obligasi dan produk terstruktur,” kata Kepala UBS Asset Management di Singapura dan Asia Tenggara, Thomas Kaegi dikutip dari Crypto Briefing, Rabu (4/10/2023).

Memanfaatkan layanan tokenisasi internal UBS, UBS Tokenize, perusahaan tersebut meluncurkan percontohan terkendali dana pasar uang yang diberi token pada blockchain Ethereum. Hal ini memungkinkan aktivitas seperti langganan dana dan penukaran dana dilakukan secara on-chain.

UBS telah menjadi yang terdepan dalam inovasi aset digital, dengan meluncurkan obligasi digital pertama di dunia yang diperdagangkan secara publik pada November 2022. 

Hal ini diikuti oleh obligasi dengan suku bunga tetap yang diberi token senilai USD 50 juta atau setara Rp 779,8 miliar (asumsi kurs Rp 15.596 per dolar AS) yang diterbitkan pada Desember 2022 dan lebih dari USD 28 juta atau setara Rp 436,7 miliar surat utang terstruktur yang diberi token pada 2023.

Menyusul kesuksesan transaksi percontohan, UBS Asset Management akan berupaya mengeksekusi kasus penggunaan langsung lebih lanjut di bawah Project Guardian, bekerja sama dengan lebih banyak mitra untuk mengeksplorasi berbagai strategi investasi.

Tokenisasi dana adalah tren yang berkembang di kalangan dana tradisional dan manajer aset, dengan institusi besar seperti Franklin Templeton, KKR, dan Hamilton Lane meluncurkan dana tokenisasi.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini