Sukses

Investor Ini Peringatkan Inovasi Kripto Bakal Tinggalkan AS, Ini Alasannya

SEC telah mengambil tindakan penegakan hukum terhadap semua bursa kripto utama di Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - Investor sekaligus ketua O’Leary Ventures, Kevin O’Leary, berbagi pandangannya tentang masa depan industri kripto di Amerika Serikat (AS) dalam sebuah wawancara baru-baru ini. 

Dia mulai dengan mengomentari sidang kongres Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) Gary Gensler di mana dia ditanyai oleh anggota Kongres mengenai kripto. 

O’Leary melanjutkan dengan menjelaskan anggota parlemen AS tidak senang dengan Gensler karena tindakan tegasnya pada industri kripto. Menurutnya ini membiarkan inovasi hilang begitu saja.

Investor tersebut menyebutkan SEC telah mengambil tindakan penegakan hukum terhadap semua bursa kripto utama di AS. Memperhatikan FTX sudah gulung tikar, dia menekankan bahwa SEC yang dipimpin Gensler telah menggugat Coinbase dan Binance.

Dia memperingatkan ketika AS sedang mengejar inovasi di luar negeri, negara lain juga akan menggantikannya, salah satunya ke Uni Emirat Arab (UEA). 

“Hal ini belum diumumkan, tetapi di Abu Dhabi, mereka merencanakan peluncuran bursa baru untuk menggantikan FTX dan Binance,” kata O’Leary, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (10/10/2023). 

Selain itu, dia menekankan bahwa bursa non-AS akan menjadi standar baru dalam bursa karena Anda tidak dapat menyimpan bitcoin tanpa pertukaran likuiditas dan Gensler telah menggugat Coinbase, yang terbesar di AS, itulah sebabnya Fidelity dan Blackrock sangat tidak senang. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

2 dari 4 halaman

Pelaku Industri Kritik Proposal Pajak Kripto Terbaru di Amerika Serikat

Sebelumnya diberitakan, pelaku industri kripto di Amerika Serikat (AS) kritik proposal baru Departemen Keuangan AS tentang pajak kripto. Proposal ini memasuki periode komentar dan dengar pendapat publik selama berbulan-bulan.

X, situs yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, dengan cepat dipenuhi dengan keluhan tentang ruang lingkup proposal terutama bagaimana tuntutan pelaporan pajak dapat mencakup operasi kripto terdesentralisasi yang menurut industri tidak mungkin untuk dipatuhi.

CEO kelompok lobi keuangan terdesentralisasi (DeFi), Miller Whitehouse-Levine mengatakan proposal tersebut berlebihan dengan ketentuan yang memungkinkannya mencakup semua jenis entitas. Dia menunjuk dompet yang dihosting sendiri atau tidak dihosting sebagai salah satu contohnya.

“Meskipun mengakui pengguna dompet yang dihosting sendiri menghasilkan transfer mereka sendiri, proposal tersebut masih berupaya menemukan pihak ketiga yang 'bertanggung jawab untuk melakukan transfer atas nama' pengguna dompet,” kata Whitehouse-Levine, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (26/8/2023).

CEO Asosiasi Blockchain, Kristin Smith turut mengomentari proposal tersebut dengan mengatakan aturan di masa depan berpotensi memberi banyak investor kripto jalur yang jelas untuk mengajukan pajak mereka, menghilangkan apa yang menjadi hambatan utama untuk memudahkan keterlibatan dalam aset digital.

“Ekosistem kripto sangat berbeda dengan aset tradisional, jadi aturannya harus disesuaikan dan tidak menangkap peserta ekosistem yang tidak memiliki jalur menuju kepatuhan,” jelas Smith. 

Industri ini memiliki waktu hingga 30 Oktober untuk menyampaikan keberatan mereka kepada Departemen Keuangan dan Dinas Pendapatan Internal, diikuti dengan dengar pendapat publik pada 7 dan 8 November. Penulis proposal memasukkan bahasa dalam dokumen panjang yang mengundang ide-ide dari sektor kripto.

 

3 dari 4 halaman

Salah Satu Bank Terbesar Rusia Rosbank Bakal Pakai Kripto untuk Pembayaran

Sebelumnya diberitakan, salah satu bank terbesar Rusia, Rosbank, akan menggunakan cryptocurrency untuk melakukan pembayaran lintas batas. Bank yang terkena sanksi itu telah melakukan uji coba transaksi dengan klien korporat dan swasta.

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (23/8/2023), Departemen Keuangan AS tahun lalu memberi sanksi kepada Rosbank dan pemiliknya, oligarki Vladimir Olegovich Potanin, yang terdaftar di Bloomberg sebagai orang terkaya Rusia.

Vedomosti tidak mengatakan cryptocurrency mana yang akan digunakan bank tetapi menambahkan ia bekerja dengan perusahaan fintech B-Crypto untuk proyek tersebut. Potanin, yang menghasilkan miliaran dari komoditas dan skema pinjaman untuk saham yang kontroversial di negara itu, telah berbicara tentang ekonomi digital sebelumnya: 

Pada 2022, dia mengatakan aset token dan mata uang digital bank sentral akan membantu negara bergerak maju.

Tahun lalu, Wakil Menteri Keuangan Rusia, Alexey Moiseyev juga mengatakan negara sedang menjajaki penggunaan stablecoin untuk melakukan pembayaran dengan “negara sahabat.” Idenya adalah negara tidak perlu melakukan transaksi dalam dolar atau euro.

Rusia memiliki peraturan yang rumit seputar mata uang kripto. Bank sentral negara tersebut mengatakan tahun lalu penambangan dan transaksi Bitcoin harus dilarang, tetapi kementerian keuangan mengatakan inovasi tidak boleh ditahan dan menyerukan regulasi.

Presiden Rusia Vladimir Putin bahkan mengatakan Rusia bisa menjadi pusat penambangan Bitcoin. 

 

 

4 dari 4 halaman

Arus Masuk Produk Investasi Kripto Sentuh Rp 1,2 Triliun, Tertinggi Sejak Juli 2023

Sebelumnya diberitakan, arus masuk produk investasi mata uang kripto mencapai USD 78 juta atau setara Rp 1,2 triliun (asumsi kurs Rp 15.707 per dolar AS) pada minggu lalu, volume tertinggi sejak Juli, menurut data manajer aset kripto CoinShares.

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (10/10/2023) peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa berjangka (ETF) Ether minggu lalu di AS menarik arus masuk sedikit di bawah USD 10 juta atau setara Rp 157 miliar pada minggu pertama, menyoroti selera yang lemah, kata CoinShares dalam sebuah laporan.

Volume perdagangan untuk produk yang diperdagangkan di bursa juga meningkat sebesar 37 persen menjadi USD 1,13 miliar atau setara Rp 17,7 triliun pada minggu lalu.

Bitcoin mengambil bagian terbesar, dengan USD 43 juta atau setara Rp 675,4 miliar, atau 55 persen dari total arus masuk USD 78 juta dari minggu lalu. Solana mengalami minggu arus masuk terbesar sejak Maret 2022, dengan total USD 24 juta atau setara Rp 376,9 miliar.

Sementara itu, jumlah dana yang dikumpulkan oleh perusahaan kripto turun ke level terendah dalam tiga tahun sebesar USD 2,1 miliar atau setara Rp 32,9 triliun pada kuartal ketiga 2023, menurut perusahaan intelijen on-chain Messari.

Video Terkini