Sukses

Harga Bitcoin Sentuh Rp 554,66 Juta Pertama Kali sejak 2022, Ini Penyebabnya

Harga bitcoin naik sebanyak 11,5 persen hingga melampaui USD 35.000 atau Rp 554,66 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin memperpanjang reli yang dipicu oleh ekspektasi permintaan baru dari dana yang diperdagangkan di bursa, mencapai harga tertinggi sejak Mei tahun lalu.

Melansir Yahoo Finance, Selasa (24/10/2023) kripto dengan kapitalisasi pasar erbesar ini naik sebanyak 11,5 persen hingga melampaui USD 35.000 atau Rp 554,66 juta (asumsi kurs Rp 15.847 per dolar Amerika Serikat) dan diperdagangkan pada USD 34.580 pada pukul 10:54 pagi di Singapura pada Selasa, mengalami rebound year-to-date dari penurunan aset digital pada 2022 menjadi 109 persen.

Kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin spot AS pertama dalam beberapa minggu mendatang memicu semangat spekulatif terhadap token tersebut.  Manajer aset BlackRock Inc dan Fidelity Investments termasuk di antara mereka yang berlomba untuk menawarkan produk tersebut.  Kenaikan aset digital berpendapat ETF akan memperluas adopsi mata uang kripto.

Pengadilan banding federal AS pada Senin juga meresmikan kemenangan Grayscale Investments LLC dalam upayanya untuk menciptakan ETF Bitcoin spot atas keberatan dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS.

SEC sejauh ini menolak mengizinkan ETF untuk berinvestasi langsung di Bitcoin, dengan alasan risiko seperti penipuan dan manipulasi di pasar yang mendasarinya.  Putusan pengadilan dan permohonan dari para raksasa investasi telah memicu spekulasi lembaga tersebut akan mengalah.

Analis Bloomberg Intelligence ETF Eric Balchunas menandai di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, bahwa iShares Bitcoin Trust “telah terdaftar di DTCC” dengan ticker IBTC.

BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, menjalankan bisnis iShares.  DTCC adalah Depository Trust and Clearing Corp yang melakukan kliring dan penyelesaian di pasar AS.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ikuti Bitcoin, Harga Ether Melonjak

"Ini tidak berarti secara teknis disetujui,” kata Balchunas dalam sebuah wawancara.  “Ini tidak gratis di rumah.  Tapi ini cukup mencentang setiap kotak yang perlu Anda periksa sebelum meluncurkan ETF.  Saat kami melihat ticker ditambahkan, hal tersebut biasanya terjadi tepat sebelum peluncuran,” katanya. 

Bitcoin juga melonjak 10 persen intraday pada awal minggu lalu karena hype ETF.  Pada kesempatan itu, laporan yang salah bahwa BlackRock telah memenangkan persetujuan untuk meluncurkan dana menyebabkan pergerakan tersebut dan reli mereda setelah kesalahan tersebut terungkap.

Ether, token terbesar kedua, melonjak 7 persen melampaui USD 1,800 dalam slipstream Bitcoin pada Selasa.  Koin yang lebih kecil seperti BNB, XRP dan Dogecoin favorit meme juga diperoleh.

SEC telah mengizinkan ETF yang memiliki masa depan Bitcoin dan Ether.  Namun lembaga tersebut secara keseluruhan telah mengintensifkan tindakan keras terhadap kripto setelah jatuhnya pasar tahun lalu dan ledakan seperti kebangkrutan bursa FTX, yang salah satu pendirinya Sam Bankman-Fried diadili karena penipuan.

Analis Bloomberg Intelligence Elliott Stein dan James Seyffart mengatakan persetujuan atas ETF Bitcoin spot tampaknya tidak dapat dihindari dan bahwa sejumlah dana kemungkinan akan diberi lampu hijau, meskipun waktunya masih belum pasti.

3 dari 4 halaman

Likuiditas Bakal Lebih Baik

Bitcoin masih berada di bawah era pandemi, puncaknya pada 2021 yang mencapai hampir USD 69,000, tertekan oleh kenaikan suku bunga yang menekan permintaan aset berisiko.  Korelasi token dengan aset seperti saham, obligasi, dan emas telah surut akhir-akhir ini, memicu pertanyaan apakah investor arus utama sudah melepaskan diri.

"Likuiditas agak lebih baik dari sebelumnya,” kata Kepala pengembangan bisnis Asia Pasifik di crypto market maker Keyrock Justin d’Anethan. 

"Harga sekarang telah pulih dan dengan itu sejumlah likuiditas masih belum seberapa dibandingkan dengan euforia tahun 2020-2021,” ia menambahkan. 

Harga Kripto pada 24 Oktober 2023

Sebelumnya diberitakan, harga kripto jajaran teratas kompak menghijau pada perdagangan Selasa pagi (24/10/2023). Harga bitcoin melonjak signifikan.

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga bitcoin (BTC) melambung 11,21 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga bitcoin meroket 16,75 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 33.245,76 atau sekitar Rp 528,32 juta (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.896).

Demikian juga harga Ethereum (ETH) menguat dalam 24 jam terakhir. Harga Ethereum bertambah 6,86 persen. Selama sepekan terakhir, harga Ethereum melonjak 11,18 persen.

Harga binance coin (BNB) bertambah 5,87 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga BNB menguat 7,36 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 230,21.

 

4 dari 4 halaman

Harga XRP

Harga XRP menguat 4,83 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga XRP melambung 10,07 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,5464.

Harga solana (SOL) meroket 10,90 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga Solana terbang 34,12 persen. Kini, harga solana berada di posisi USD 32,13.

Harga cardano (ADA) bertambah 6,27 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga cardano naik 11,60 persen. Kini, harga cardano berada di posisi USD 0,2806.

Harga dogecoin (DOGE) meroket 9,9 persen dalam 24 jam terakhir. Harga dogecoin terbang 12,59 persen dalam sepekan terakhir. Kini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,06761.

Harga tron juga berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Harga troin (TRX) melesat 2,52 persen. Selama sepekan terakhir, harga trojn melejit 4,29 persen. Saat ini, harga tron berada di posisi USD 0,09256.

Harga kripto hari ini stablecoin tether USDT (USDT) berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDT berada di zona merah. Saat ini, harga USDT di posisi USD 1,00.

Harga USDC berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Harga USDC melemah 0,02 persen dalam sepekan terakhir. Kini, harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar kripto global naik 7,33 persen dalam satu hari terakhir di posisi USD 1,23 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini