Sukses

CEO Galaxy Digital Prediksi Harga Bitcoin Sentuh Rp 1 Miliar, Kok Bisa?

SEC diperkirakan akan menyetujui ETF Bitcoin spot pada 10 Januari, menurut analis Bloomberg Intelligence.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Galaxy Digital, Michael Novogratz memperkirakan bitcoin mencapai harga puncaknya setahun dari sekarang, karena antisipasi semakin meningkat atas kemungkinan Komisi Sekuritas dan Bursa AS akan menyetujui ETF Bitcoin Spot.

Bitcoin mencapai level tertinggi hampir USD 69.000 atau sekitar Rp 1 miliar (asumsi kurs Rp 15.458 per dolar AS) pada November 2021, sebelum turun 64 persen tahun lalu di tengah serangkaian kasus dan kebangkrutan industri kripto

Menurut prediksinya harga Bitcoin akan kembali menyentuh level USD 69.000 ketika ETF Bitcoin Spot disetujui.

“Bisakah kita mencapai titik tertinggi pada saat ini tahun depan? Jawabannya Tentu saja,” kata Novogratz, dikutip dari Yahoo Finance, Senin (4/12/2023). 

SEC diperkirakan akan menyetujui ETF Bitcoin spot pada 10 Januari, menurut analis Bloomberg Intelligence.

Setelah Bitcoin ETF mulai diperdagangkan, Novogratz mengatakan miliaran dolar akan mengalir ke ruang ETF dalam tahun pertama, jika tidak lebih. Ia mencontohkan, ketidakpastian tahun pemilu mendatang juga akan mendorong aset digital.

“Harga ditetapkan berdasarkan margin, jadi itu semua adalah uang baru,” kata Novogratz. “Kita akan melihat perubahan psikologi yang cukup sukses ketika pemerintah mengizinkan Anda membeli Bitcoin.

Novogratz telah lama memuji antisipasi atas adopsi institusional mata uang kripto melalui persetujuan SEC terhadap ETF Bitcoin.

Selama konferensi pendapatan kuartal ketiga Galaxy pada November, Novogratz memperkirakan Federal Reserve akan memilih untuk menurunkan suku bunga pada kuartal pertama tahun depan, yang selanjutnya mendukung pertumbuhan industri selama 18 bulan ke depan.

Novogratz sebelumnya mengatakan dia mengharapkan SEC akan menyetujui ETF Bitcoin pada akhir 2023. Galaxy Digital telah bermitra dengan Invesco dalam rencana peluncuran produk semacam itu.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Glassnode Ungkap ETF Bitcoin Genjot Permintaan Baru Rp 1.087 Triliun

Sebelumnya diberitakan, menurut laporan baru-baru ini oleh perusahaan data on-chain Glassnode, ada permintaan signifikan yang belum terpenuhi dari investor untuk dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin (ETF).

Glassnode memperkirakan modal baru hingga USD 70 miliar atau setara Rp 1.087 triliun dapat mengalir ke pasar Bitcoin setelah persetujuan ETF Bitcoin spot. 

Proyeksi ini didasarkan pada asumsi 10 persen uang yang saat ini diinvestasikan dalam ETF saham dan obligasi utama akan beralih ke ETF Bitcoin, bersama dengan 5 persen modal yang dialokasikan ke ETF emas.

Laporan tersebut menunjukkan berkurangnya pasokan Bitcoin yang tersedia untuk diperdagangkan guna memenuhi potensi lonjakan permintaan ini.

Data Glassnode menunjukkan persentase pasokan Bitcoin yang dimiliki oleh investor jangka pendek baru-baru ini mencapai titik terendah dalam beberapa tahun. Sementara itu, jumlah pemegang Bitcoin jangka panjang mencapai angka tertinggi sepanjang masa di atas 76 persen pada Oktober.

"Kelangkaan Bitcoin yang siap diperdagangkan dapat memperkuat volatilitas pasar dan pergerakan harga sebagai respons terhadap masuknya modal yang didorong oleh ETF,” kata Glassnode dalam laporannya, dikutip dari Coinmarketcap, Jumat  (1/12/2023).

Regulator AS belum menyetujui ETF Bitcoin spot. Persetujuan ini dapat memperluas akses dan permintaan Bitcoin secara signifikan dari investor institusi.

Glassnode berpendapat ETF Bitcoin spot dapat memiliki dampak yang sebanding dengan ETF emas AS pertama yang diluncurkan pada 2003. Pada dekade berikutnya, harga emas naik lebih dari 400 persen di tengah permintaan investasi yang lebih besar.

 

3 dari 4 halaman

Mantan Presiden Bursa Efek New York Sebut Banyak Uang Bakal Masuk ke ETF Bitcoin

Sebelumnya diberitakan, Mantan Presiden Bursa Efek New York (NYSE) Tom Farley membahas implikasi dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) yang menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa bitcoin (ETF) kenaikan kripto berikutnya.

Hal itu disampaikan Farley dalam sebuah wawancara dengan CNBC pekan lalu. Farley optimistis, terhadap bitcoin karena semua regulator AS, termasuk SEC, telah menyatakan BTC bukanlah suatu sekuritas. Bahkan Ketua SEC Gary Gensler telah mengatakan berkali-kali dalam pandangannya semua token kripto, kecuali bitcoin, adalah sekuritas.

"Jadi mungkin ETF bitcoin akan berkembang dengan cepat, yang mungkin berdampak baik bagi industri,” kata Farley, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (30/11/2023). 

Farley menambahkan banyak uang akan masuk membanjiri industri dengan ETF bitcoin. Karena dengan ETF Bitcoin menjadi lebih mudah dan orang-orang percaya pada bitcoin. 

Mengomentari keadaan pasar kripto, Farley percaya pasar bullish sudah ada, dengan menyatakan kenaikan telah dimulai.

“Pertukaran pemenang akan dipercaya, patuh, dan mendukung serta mendukung industri aset digital,” jelas Farley. 

Pertukaran kripto miliknya, Bullish, diluncurkan pada 2021. Ini didukung oleh sejumlah investor terkemuka, termasuk Peter Thiel, Alan Howard, Louis Bacon, Richard Li, Mike Novogratz, Christian Angermayer, dan bank investasi Nomura. Pertukaran tersebut baru-baru ini mengakuisisi outlet media kripto Coindesk dalam kesepakatan tunai.

 

4 dari 4 halaman

SEC Tunda 3 Permohonan ETF Bitcoin

Sebelumnya diberitakan, pendukung Bitcoin kembali harus bersabar untuk dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin harus bersabar karena Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) sekali lagi menunda keputusan mengenai permohonan yang tertunda.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (24/11/2023), jangka waktu delapan hari baru-baru ini untuk mendapatkan persetujuan potensial telah berakhir tanpa adanya peluncuran ETF baru, sehingga mendorong SEC untuk mengumumkan peninjauan atas permohonan tersebut di tahun mendatang.

SEC telah menunda persetujuan untuk ETF Bitcoin spot dari Global X dan Franklin Templeton, serta aplikasi dari Hashdex awal pekan ini. Penundaan ini telah menjadi tema yang berulang karena SEC tetap berhati-hati dalam menyetujui ETF Bitcoin karena kekhawatiran seputar manipulasi pasar.

Antisipasi terhadap potensi persetujuan ETF Bitcoin telah lama dipegang oleh pengamat pasar yang percaya hal itu dapat mengakibatkan masuknya modal dalam jumlah besar dari Wall Street ke pasar mata uang kripto. 

Analis di CryptoQuant berpendapat persetujuan tersebut dapat memberikan peningkatan USD 1 triliun atau setara Rp 15.389 triliun (asumsi kurs Rp 15.389 per dolar AS) untuk Bitcoin dan aset digital lainnya.

Meskipun ada penundaan, analis dari Bloomberg Intelligence sekarang memperkirakan kemungkinan 90 persen ETF Bitcoin menerima persetujuan pada Januari 2024. 

Pertukaran mata uang kripto Coinbase telah menyatakan kesiapannya untuk merespons dengan cepat jika ETF Bitcoin disetujui, mengantisipasi peningkatan stabilitas dan likuiditas pasar, serupa dengan apa yang telah disaksikan dengan kelas aset lain seperti ETF emas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.