Sukses

Tengok Gerak Harga Kripto ARB Coin Hari ini 5 Desember 2023

Solusi Lapisan 2 Abritrum menggunakan rollup blockchain untuk mencapai pemrosesan transaksi yang efisien

Liputan6.com, Jakarta - Arbitrum adalah solusi penskalaan Lapisan 2 untuk blockchain Ethereum yang mendukung transaksi kontrak pintar yang cepat sekaligus mengurangi biaya transaksi. ARB Coin adalah kripto asli dari platform Arbitrum.

Dilansir dari Coinmarketcap, solusi Lapisan 2 dapat menskalakan blockchain dasar Lapisan 1 dengan mendelegasikan tugas komputasi yang kompleks, seperti pemrosesan transaksi dan penyimpanan data ke rantai kedua. 

Singkatnya, blockchain Layer 2 mengeksekusi kontrak pintar, dan blockchain Layer 1 menyimpan datanya. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang cara kerja mainnet. Misalnya, proyek DeFi seperti Sushiswap dan Aave menggunakan Arbitrum untuk menawarkan pertukaran yang efisien dengan biaya bahan bakar yang lebih rendah.

Harga ARB Coin

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa (5/12/2023) ARB Coin melemah 2,79 persen dalam 24 jam terakhir. Harga ARB Coin saat ini berada di level Rp 16.776 dengan volume perdagangan 24 jam terakhir sebesar Rp 8,3 triliun.

ARB Coin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 21,3 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 1,2 miliar ARB Coin dari maksimal suplai 10 miliar coin

Cara Kerja Arbitrum

Solusi Lapisan 2 Abritrum menggunakan rollup blockchain untuk mencapai pemrosesan transaksi yang efisien. Rollup menggunakan arsitektur 2 lapis untuk memproses transaksi secara off-chain sebelum menyelesaikannya secara on-chain. 

Keuntungannya adalah blockchain tidak perlu lagi memvalidasi transaksi terpisah  blockchain dapat secara langsung mengonfirmasi kumpulan transaksi. Solusi penskalaan ini berbeda dari Layer 2 lainnya, seperti sidechains, karena rollup biasanya memperoleh keamanannya dari blockchain utama.

Apa Itu ARB Coin

Token Arbitrum, $ARB, adalah token tata kelola asli yang kompatibel dengan ERC-20 untuk blockchain Arbitrum. Anda dapat menggunakan $ARB untuk mentransfer nilai, sebagai investasi, atau memberikan suara pada keputusan tata kelola.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Utilitas ARB Coin

Selain digunakan untuk mentransfer nilai pada blockchain Arbitrum, token $ARB memberi tempat di tabel tata kelola Arbitrum DAO. DAO mengambil keputusan penting mengenai cara kerja protokol, seperti bagaimana mereka harus mengalokasikan dana, investasi dalam ekosistem, dan bahkan perubahan teknis.

Jaringan mengambil keputusan ini melalui proposal di forum terbuka seperti Snapshot.org di mana pengguna dapat menghubungkan dompet mereka dan memberikan suara mereka. 

Misalnya, proposal perbendaharaan menguraikan dengan tepat kapan dan mengapa tim membutuhkan dana dan keseluruhan rencana mereka. Kemudian, jika proposal tersebut lolos, kontrak pintar on-chain secara otomatis mengeksekusi transaksi yang diperlukan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Aturan Baru Spanyol Wajibkan Penduduk Lapor Kepemilikan Kripto di Bursa Luar Negeri

Sebelumnya diberitakan, penduduk Spanyol yang memegang mata uang kripto di platform asing akan segera diminta untuk melaporkan aset tersebut berdasarkan pedoman pajak yang baru-baru ini diterbitkan.

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (4/12/2023), badan Administrasi Pajak Spanyol mengumumkan Formulir 721 baru yaitu formulir deklarasi khusus untuk mendeklarasikan aset virtual yang disimpan di bursa atau dompet luar negeri. 

Meskipun periode pengajuan berlangsung dari 1 Januari hingga 31 Maret 2024, deklarasi harus memperhitungkan dana kripto yang disimpan pada 31 Desember 2023.

Kewajiban pelaporan pajak berlaku bagi wajib pajak orang pribadi dan badan yang berdomisili di Spanyol. Namun, hanya individu dengan kripto senilai lebih dari USD 55.000 atau setara Rp 844,3 juta (asumsi kurs Rp 15.352 per dolar AS) yang harus mengajukan.

Ini menandai langkah terbaru Spanyol untuk memperketat pajak atas mata uang kripto. Pada April, lebih dari 300,000 peringatan dikirimkan kepada pemegang mata uang kripto yang gagal mendeklarasikan tahun pajak 2022 dengan benar, Cointelegraph melaporkan jumlah itu naik 40 persen dari 2021.

Spanyol juga telah mengajukan peraturan kripto lainnya tahun ini. Kementerian Perekonomian menyatakan undang-undang kripto UE yang akan datang, MiCA, akan berlaku di Spanyol pada Desember 2025 enam bulan lebih cepat dari jadwal.

4 dari 4 halaman

SEC Bikin Edaran Baru Soal Risiko Investasi Kripto,Termasuk Banyaknya Penipuan

Sebelumnya diberitakan, Kantor Pendidikan dan Advokasi Investor (OIEA) SEC menerbitkan Buletin Investor pada 29 September sebagai bagian dari Pekan Investor Dunia tahun ini. 

Kampanye global ini, yang dipromosikan oleh Organisasi Internasional Komisi Sekuritas (IOSCO), bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pendidikan dan perlindungan investor.

Tiga tema World Investor Week 2023 adalah Aset Kripto, Ketahanan Investor, dan Keuangan Berkelanjutan. Mengenai aset kripto, buletin ini menyoroti beberapa risiko terkait investasi kripto.

“Investasi dalam aset kripto bisa sangat fluktuatif dan spekulatif, dan platform tempat investor membeli, menjual, meminjam, atau meminjamkan investasi ini mungkin tidak memiliki perlindungan yang penting,” isi buletin tersebut memperingatkan, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (5/10/2023).

Investor yang menyetor dana atau aset kripto ke entitas aset kripto mungkin tidak lagi memiliki kepemilikan sah atas aset tersebut dan mungkin tidak bisa mendapatkan kembali aset tersebut saat mereka menginginkannya.

Selain itu, buletin tersebut merinci investor aset kripto menghadapi sejumlah risiko, termasuk penawaran yang tidak terdaftar, kurangnya perlindungan Securities Investor Protection Corporation (SIPC), dan penipuan. 

Penipu terus mengeksploitasi meningkatnya popularitas aset kripto untuk memikat investor ritel ke dalam penipuan, yang sering kali menyebabkan kerugian besar. 

Regulator lebih lanjut menjelaskan untuk mengetahui apakah portofolio investor, termasuk program pensiun dan akun investasi, memiliki investasi terkait aset kripto, Investor harus secara aktif meneliti dan mengajukan pertanyaan. 

Menurut SEC, risiko kerugian bagi investor individu yang berpartisipasi dalam transaksi yang melibatkan aset kripto, termasuk sekuritas aset kripto, masih tetap besar. Satu-satunya uang yang harus dipertaruhkan dalam investasi spekulatif adalah uang yang mampu ditanggung kerugiannya seluruhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.