Sukses

Kapitalisasi Pasar Meme Coin Bertambah Jadi Setara Rp 369 Triliun

Kapitalisasi pasar koin meme naik USD 6,7 miliar atau setara Rp 103,88 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Kapitalisasi pasar meme coin saat ini tercatat USD 23,8 miliar atau sekitar Rp 369,03 triliun (asumsi dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.505). Kapitalisasi pasar tersebut naik USD 6,7 miliar atau sekitar Rp 103,88 triliun dari posisi USD 17,1 miliar pada bulan lalu.

Mengutip bitcoin.com, ditulis Senin (11/12/2023), sembilan dari 10 token meme coin teratas mencatat keuntungan dua digit selama sepekan terakhir.

Dua pemimpin teratas berdasarkan kapitalisasi pasar antara lain DOGE dan SHIB yang masing-masing melonjak 19,1 persen-21,5 persen. Disusul meme pepe naik 43,5 persen selama sepekan terakhir.

Meme coin BONK melambung 153 persen, sedangkan FLOKI naik 24,2 persen pekan lalu. Coin MEME meningkat 34,3 persen, dan Babydoge melambung 30,8 persen. Corgiai menguat 4,5 persen selama sepekan terakhir. Selain itu, meme coin lainnya yang dijuluki harrypotterbamasoinic10uni naik 31,9 persen. Koin meme lainnya yang naik antara lain DOG, TOSHI, HUAHUA, dan NFD.

Termasuk Bonk, total 11 kripto berbasis meme mencatat kenaikan tiga digit. Sedangkan 53 aset koin meme mencatat kenaikan dua digit terhadap dolar AS.

Koin meme teratas dogecoin (DOGE) memiliki valuasi pasar USD 14,12 miliar yang setara 59,32 persen dari keseluruhan koin meme. Shiba Inu mencatat kapitalisasi pasar USD 5,97 miliar pada 9 Desember 2023, menyumbang lebih dari 25 persen pasar koin meme senilai USD 23,8 miliar.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kapitalisasi Pasar Meme Coin Turun Rp 47,2 Triliun Sejak Awal 2023

Sebelumnya diberitakan, data mengungkapkan pasar koin meme telah berkurang nilainya lebih dari USD 3 miliar atau setara Rp 47,2 triliun (asumsi kurs Rp 15.734 per dolar AS) sejak awal 2023. 

Dilansir dari Bitcoin,com, Rabu (18/10/2023), sembilan bulan yang lalu, kapitalisasi pasar meme coin mencapai USD 16,9 miliar atau setara Rp 265,8 triliun. Saat ini, nilainya turun 18,93 persen dan berada pada nilai USD 13,7 miliar atau setara Rp 215,5 triliun.

Kapitalisasi pasar koin meme dogecoin (DOGE), mengalami penurunan sebesar USD 2,46 miliar atau setara Rp 38,7 triliun sejak Januari dan seterusnya. Meskipun begitu Dogecoin masih mempertahankan mahkotanya sebagai koin meme terkemuka dan menempati peringkat kesepuluh aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar keseluruhan

Sementara itu pepe (PEPE Coin) memperkuat ranah koin meme sebesar USD 284 juta atau setara Rp 4,4 triliun, menjadi koin meme paling bernilai ketiga berdasarkan kapitalisasi pasar.

Pekan lalu, nilai SHIB turun 2,8 persen, dan dalam sebulan, nilainya merosot 5,4 persen terhadap greenback. Pada 15 Oktober 2023, meme coin shiba inu memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD 4,12 miliar atau setara Rp 64,8 triliun, turun dari USD 5,34 miliar atau setara Rp 84 triliun pada awal tahun. 

 

3 dari 4 halaman

Pertukaran Kripto Robinhood Ekspansi ke Uni Eropa

Sebelumnya diberitakan, pertukaran kripto Robinhood tengah gencar melakukan ekspansi global. Baru-baru ini, Robinhood berhasil memenuhi syarat di Uni Eropa (UE) dan meluncurkan aplikasi kripto untuk semua pengguna yang memenuhi syarat di Uni Eropa.

Pengumuman ini muncul setelah peluncurannya di Inggris seminggu yang lalu. Meskipun membawa perdagangan kripto ke pelanggan UE, layanan pialangnya hanya tersedia di Inggris untuk saat ini.

UE telah berada di garis depan dalam merumuskan peraturan untuk menegakkan ketertelusuran kripto untuk anti pencucian uang dan melindungi pengecer dari volatilitas pasar. 

Di antara kerangka kerja yang paling penting adalah aturan Markets in Crypto-Assets (MiCA), yang berfokus pada regulasi stablecoin dan dipandang sebagai salah satu rezim paling komprehensif di dunia untuk aset kripto.

Manajer umum Robinhood, Johann Kerbrat mengatakan UE telah mengembangkan salah satu kebijakan paling komprehensif di dunia untuk regulasi aset kripto.

"Itulah sebabnya kami memilih wilayah tersebut untuk menjadi landasan rencana ekspansi internasional Robinhood Crypto,” kata Kerbrat, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (9/12/2023).

Selain menawarkan biaya rendah, Robinhood mengklaim ini adalah satu-satunya platform kripto kustodian di mana dana pelanggan disimpan di bursa daripada di dompet yang dihosting sendiri akan mendapatkan kembali persentase volume perdagangan mereka setiap bulan, dibayar dalam Bitcoin. 

Pengguna di UE dapat membeli dan menjual sekitar 25 mata uang kripto, termasuk mata uang kripto utama seperti Bitcoin dan Ethereum.

 

4 dari 4 halaman

Langkah Meyakinkan Pengguna Eropa

Robinhood mengambil langkah-langkah lain untuk meyakinkan pengguna di Eropa bahwa mereka mendapatkan manfaat yang sepadan, mengingat praktik bisnisnya di masa lalu kurang ideal. 

Di AS, Komisi Sekuritas dan Bursa mengkritik aplikasi perdagangan saham karena menyesatkan pengguna tentang cara aplikasi menghasilkan uang dan gagal memenuhi janjinya mengenai eksekusi perdagangan terbaik. Mereka akhirnya membayar USD 65 juta atau setara Rp 1 triliun (asumsi kurs Rp 15.539 per dolar AS) untuk menyelesaikan tuduhan SEC ini.

Dalam upaya kripto di UE, Robinhood menjanjikan transparansi dengan menampilkan spread perdagangan, yang mencakup rabat yang diterimanya dari pesanan jual dan perdagangan di aplikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini