Sukses

China Bakal Verifikasi Identitas Warga Pakai Platform Berbasis Blockchain

China verifikasi identitas nama penduduk memakai teknologi blockchain memicu kekhawatiran privasi data.

Liputan6.com, Jakarta - China akan menggunakan teknologi blockchain akan digunakan untuk memverifikasi identitas nama asli dari 1,4 miliar penduduk China, menurut pengumuman dari Jaringan Layanan berbasis Blockchain (BSN).

Dilansir dari CoinDesk, Rabu (13/12/2023), ini adalah inisiatif blockchain tingkat nasional Tiongkok sebuah langkah yang kemungkinan besar akan memicu kekhawatiran di kalangan privasi data.

Kementerian Keamanan Publik China mempelopori inisiatif yang disebut RealDID, dengan bantuan dari BSN. Peluncuran layanan RealDID akan memungkinkan pengguna untuk mendaftar dan masuk ke situs web secara anonim menggunakan alamat DID dan kunci pribadi, memastikan data dan transaksi bisnis tetap terputus dari informasi pribadi.

Enam platform media sosial terbesar di China, termasuk WeChat, Sina Weibo, Douyin, Kuaishou, Bilibili, dan Xiaohongshu, mewajibkan pembuat konten dengan lebih dari 500.000 atau 1 juta pengikut untuk menampilkan secara publik nama asli mereka atau nama pendukung keuangan mereka, media pemerintah melaporkan pada Oktober.

Media pemerintah mengatakan hal ini untuk meningkatkan kredibilitas dan memungkinkan pengawasan publik. BSN mengatakan dalam rilisnya ini adalah sistem identitas terdesentralisasi dengan nama asli tingkat nasional pertama di dunia.

BSN China dijalankan oleh Pusat Informasi Nasional Tiongkok yang bekerja sama dengan perusahaan teknologi besar Tiongkok, China Mobile dan China UnionPay. Operasi internasionalnya dikelola secara independen oleh BSN Global, yang dikatakan sebagai entitas terpisah yang dilindungi firewall.

CoinDesk baru-baru ini melaporkan undang-undang bipartisan AS sedang dalam proses yang akan melarang pejabat pemerintah federal menggunakan blockchain buatan Tiongkok dan bertransaksi dengan perusahaan seperti induk Tether, iFinex, yang bertujuan untuk mencegah potensi risiko keamanan nasional dan melindungi data pribadi dari akses musuh asing.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembiayaan untuk Blockchain Dapat Sentuh Rp 1.232 Triliun pada 2032

Sebelumnya diberitakan, menurut laporan Allied Market Research, pelaku pasar keuangan blockchain kini menjajaki kolaborasi dan akuisisi sebagai strategi inti. Ini berpotensi memberikan pembiayaan untuk blockchain hingga USD 79 miliar atau setara Rp 1.232 triliun (asumsi kurs Rp 15.696 per dolar AS) pada 2032

Tantangan-tantangan yang dihadapi industri keuangan tradisional akibat pandemi COVID-19, ditambah dengan potensi biaya operasional yang lebih rendah, meningkatkan peluang adopsi ekosistem digital secara global.

“Teknologi Blockchain mempunyai potensi untuk merevolusi pasar keuangan blockchain dengan secara signifikan meningkatkan proses penyelesaian dan mempercepat transaksi pembayaran,” kata Allied Market Research dalam laporannya, dikutip dari Coinmarketcap, Sabtu (11/11/2023).

Keuntungan utama industri keuangan blockchain mencakup penggunaan daya komputasi yang signifikan, yang menjadikan blockchain ideal untuk memelihara buku besar terdistribusi yang terkait dengan transaksi keuangan. Faktor-faktor ini akan meningkatkan perkembangan pasar keuangan blockchain.

Pembayaran dan perdagangan lintas batas adalah dua sub-segmen keuangan blockchain terbesar dan terpopuler. Hal ini didorong oleh meningkatnya permintaan dari individu, dunia usaha, pedagang, industri, dan kelompok pembangunan internasional.

Para ahli memperkirakan tren ini akan terus berlanjut karena pengguna terus mencari alternatif yang lebih murah untuk memindahkan tabungan mereka ke seluruh dunia. Amerika Utara mendominasi pasar keuangan blockchain pada 2022 dan diperkirakan akan terus memimpin adopsi keuangan blockchain.

“Karena infrastruktur dan fitur keuangannya yang mapan, Amerika Utara merupakan negara ideal untuk menerapkan teknologi blockchain di sektor perbankan. Semua ini merupakan faktor utama yang diproyeksikan akan mendorong pertumbuhan pendapatan industri keuangan blockchain regional di tahun-tahun mendatang," ujar Allied Market Research.

Analis di Allied Market Research memproyeksikan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 60,5 persen.

 

3 dari 4 halaman

Otoritas Pertanahan Israel Pertimbangkan Pakai Blockchain di Real Estate

Sebelumnya diberitakan, Israel sedang mempertimbangkan penerapan teknologi blockchain di sektor real estat. Menurut media Israel, Otoritas Pertanahan nasional telah meminta para ahli blockchain untuk mengkaji berbagai penerapan blockchain di sektor real estat, dan bagaimana hal tersebut dapat memperoleh manfaat dari penerapan tersebut.

Melansir Bitcoin, dikutip Minggu (1/10/2023), beberapa penerapan yang diyakini oleh Otoritas Pertanahan Israel dapat dipercepat oleh teknologi blockchain termasuk pendaftaran properti dan manajemen lisensi, penjualan dan pembelian properti menggunakan kontrak pintar, dan pembuatan registrasi properti nasional penduduk blockchain.

Penerapan lainnya dapat melibatkan tokenisasi properti real estat dan penciptaan bursa nasional di mana token ini mungkin dapat diperdagangkan, dengan royalti yang terkait dengan transaksi tersebut secara otomatis dipotong dari setiap operasi. Namun, pihak ketiga yang terpercaya harus memberikan sertifikasi agar pengoperasian pelaku pasar real estat aman saat beroperasi dengan teknologi ini.

Tokenisasi aset real estat, menurut media Israel, akan sangat penting bagi pasar properti Israel, mengingat pasar properti Israel mengalami kekurangan likuiditas, formalitas yang memakan waktu, dan biaya tinggi karena adanya banyak perantara.

 

 

4 dari 4 halaman

Token Bantu Ringankan Masalah

Menurut beberapa orang, tokenisasi dapat membantu meringankan masalah ini, menghilangkan perantara dan mengurangi biaya. Selain itu, tokenisasi dapat menghadirkan lebih banyak bentuk investasi ke pasar, memungkinkan pembeli berinvestasi di sebagian kecil properti real estat yang dibagi menjadi ratusan token.

"Dengan melakukan tokenisasi pada aset-aset ini dan menggunakan jalur blockchain, transaksi real estate dapat terjadi hampir seketika dan dapat terjadi secara langsung antara dua pihak di mana pun di dunia," kata Kepala Risiko dan Strategi Fireblocks Roi Karo.

Manfaat lain yang tidak bergantung pada tokenisasi dapat mencakup kemampuan untuk mensertifikasi suatu properti benar-benar milik pemiliknya dengan mencarinya di pendaftaran tanah berbasis blockchain dan mempersulit pihak ketiga untuk melakukan perubahan.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.