Sukses

Produk Investasi Kripto Hasilkan Arus Masuk Mingguan Rp 1,5 Triliun

Produk yang diperdagangkan di bursa Crypto (ETP) kini telah mengalami 12 arus masuk mingguan selama 13 minggu terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Produk investasi kripto melihat arus masuk sebesar USD 103 juta atau setara Rp 1,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.424 per dolar AS) pada pekan yang berakhir 22 Desember, membalikkan arus keluar USD 16 juta atau setara Rp 246,7 miliar pada minggu sebelumnya, menurut CoinShares. 

Dilansir dari Cointelegraph, ditulis Jumat (29/12/2023), produk yang diperdagangkan di bursa Crypto (ETP) kini telah mengalami 12 arus masuk mingguan selama 13 minggu terakhir. Dana Bitcoin menghasilkan arus masuk terbesar untuk  kripto mana pun, dengan lebih dari USD 87,6 juta atau setara Rp 1,3 triliun, mewakili 85% dari total arus masuk. 

Ether berada di urutan kedua, membukukan arus masuk USD 7,9 juta atau setara Rp 121,8 miliar. Litecoin dan Avalanche ETP melawan tren keseluruhan, mencatat arus keluar bersih masing-masing sebesar USD 400.000 atau setara Rp 6,1 miliar dan USD 2,6 juta atau setara Rp 40,1 miliar.

Jika dilihat berdasarkan wilayah, Jerman merupakan negara dengan arus masuk terbesar dibandingkan negara lain, yakni hanya di atas 40% dari total arus masuk modal asing. Kanada merupakan negara terbesar kedua, mewakili 25% dari total. Dua puluh persen berasal dari Amerika Serikat dan hampir 15% dari Swiss.

Tersengat Spekulasi

Pasar bullish saat ini untuk produk dana kripto tampaknya telah dimulai pada Minggu, 29 September. Sebelumnya, dana kripto telah mengalami arus keluar selama delapan dari sembilan minggu sebelumnya.

 

 

Dalam laporan sebelumnya, CoinShares berspekulasi rangkaian arus masuk baru-baru ini mungkin merupakan hasil dari optimisme para pedagang bahwa dana yang diperdagangkan di bursa atau ETF Bitcoin                                                                                                         akan segera disetujui di Amerika Serikat. Jika itu terjadi, permintaan dana kripto, khususnya Bitcoin, kemungkinan besar akan meningkat

Pekan yang berakhir pada 24 November menunjukkan arus masuk terbesar sepanjang periode 13 minggu, dengan total bersih sebesar USD 346 juta atau setara Rp 5,3 triliun. Aliran dana telah melambat secara substansial sejak saat itu, meskipun tren yang mendasarinya tetap positif.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendiri Microstrategy Michael Saylor Sebut ETF Bitcoin Bakal Picu Lonjakan Harga Kripto

Sebelumnya diberitakan, salah satu pendiri Microstrategy, Michael Saylor menyatakan persetujuan ETF Bitcoin spot dapat memicu permintaan terpendam yang sangat besar terhadap kripto, sehingga memicu kenaikan harga yang drastis pada 2024.

Dalam sebuah wawancara di Bloomberg, Saylor berpendapat ETF Bitcoin spot akan memberi investor arus utama saluran yang sesuai dengan bandwidth tinggi pertama mereka untuk mendapatkan eksposur ke Bitcoin. 

“Hal ini dapat mendorong peningkatan permintaan sebesar 2 hingga 10 kali lipat, katanya,” kata Saylor dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (21/12/2023).

Pada saat yang sama, pasokan Bitcoin akan semakin sedikit pada April ketika peristiwa halving terjadi, sehingga mengurangi separuh pasokan baru yang dihasilkan setiap hari oleh para penambang.

Dengan meroketnya permintaan karena berkurangnya pasokan, Saylor memperkirakan harga akan lebih tinggi. Saylor percaya ETF spot akan menjadi perkembangan terbesar di Wall Street dalam 30 tahun, setara dengan penciptaan dana indeks S&P 500 pertama pada 1993 yang memberikan investor arus utama eksposur yang mudah ke pasar saham yang luas untuk pertama kalinya.

"Kami memperkirakan 2024 akan menjadi tahun yang baik bagi kelas aset. Kami tidak tahu sejauh mana aset tersebut akan berjalan pada saat ini," ujar Saylor.

Sebagai pendukun Bitcoin yang vokal, Saylor mengatakan MicroStrategy akan terus memanfaatkan leverage dan arus kas untuk memperluas kepemilikan Bitcoinnya daripada melikuidasi untuk berinvestasi di ETF spot.

3 dari 4 halaman

CEO Galaxy Digital Mike Novogratz Harap SEC Setujui ETF Bitcoin Spot pada 10 Januari 2024

Sebelumnya diberitakan, CEO Galaxy Digital Mike Novogratz mengharapkan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menyetujui ETF Bitcoin Spot pada 10 Januari 2024. 

Dia memperkirakan kripto tersebut akan mendapatkan kembali level tertinggi sepanjang masa di angka USD 69.000 dan tidak akan terkejut jika harga kripto melampaui tingkat harga tersebut.  

Bahkan, ia juga memperkirakan kemajuan dalam regulasi kripto AS sekaligus mengharapkan perubahan kepemimpinan di Departemen Keuangan dan SEC setelah pemilihan presiden mendatang.

Mike Novogratz membahas perspektifnya tentang pasar kripto dan ekspektasinya mengenai persetujuan ETF Bitcoin Spot oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). 

"Kami akan mendapatkan ETF ini sebelum 10 Januari,” kata dia dikutip dari Bitcoin, Minggu (24/12/2023).

Novogratz menambahkan, ETF Bitcoin Spot kemungkinan akan memakan waktu enam hingga delapan minggu setelah persetujuan untuk memulai perdagangan.  “Setelah itu, hal itu hanya akan menjadi bahan bakar. Saham kripto diperdagangkan seperti maniak,” katanya. 

Sebelumnya, ia menguraikan dampak institusi yang memasukkan 1% portofolionya ke dalam bitcoin atau ETF Bitcoin Spot. 

"Tidak banyak pasokan bitcoin. Kami memiliki pelanggan yang merupakan pelanggan platform dan (mereka) membeli cukup banyak bitcoin setiap hari untuk mengeluarkan semua penambang,” katanya. 

"Ketika Anda memikirkan dinamika penawaran atau permintaan, kami belum benar-benar mengalami situasi tersebut, di mana Anda memiliki pasar global dan Anda memiliki persediaan yang terbatas sehingga menurut saya bitcoin bisa naik jauh lebih tinggi,” sambungnya. 

Dengan demikian, ia pikir perhentian pertama tahun depan akan menjadi harga tertinggi yang lama USD 69.000. “Namun, saya tidak akan terkejut jika angkanya melampaui itu,” tegasnya. 

4 dari 4 halaman

UU Telah Dikenalkan di Kongres

Menanggapi pernyataan CEO JPMorgan Jamie Dimon dan Senator Elizabeth Warren (D-MA) mengenai penggunaan kripto dalam pendanaan teroris, dia menunjukkan teori ini telah dibantah.  

"Ya, beberapa kripto digunakan untuk hal-hal buruk, tetapi tidak sebanyak fiat. Bank Jamie Dimon telah membayar denda USD 38 miliar sejak dia berada di sana USD 38 miliar.  Tambahkan semua perdagangan buruk dengan kripto, jumlahnya tidak mencapai USD 38 miliar, jadi haruskah kita melarang JPMorgan?,” imbuhnya. 

Mengenai undang-undang kripto, dia mencatat bahwa beberapa rancangan undang-undang telah diperkenalkan di Kongres.  “Ada sekelompok Demokrat dan Republik di D.C. yang ingin meloloskan undang-undang.  Ada dua undang-undang yang benar-benar akan memberi kita kerangka kerja yang baik seputar stablecoin dan kripto lainnya, dan Elizabeth Warren dan Biden White House lah yang menghentikannya,” katanya. 

Meskipun demikian, CEO Galaxy Digital yakin bahwa kemajuan akan dicapai setelah pemilihan presiden AS tahun depan. 

 "Saya pikir pasca pemilu ini, kita akan memiliki pemerintahan baru, baik dari Partai Demokrat atau Republik. Namun bahkan jika Biden menang, saya rasa akan ada Menteri Keuangan baru dan kepala SEC baru yang pada akhirnya akan membuat beberapa kemajuan,” tandasnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini