Sukses

Nilai Kripto yang Dicuri Peretas Korea Utara Merosot pada 2023

Peretas kripto yang terkait dengan Korea Utara terlibat dalam 20 insiden peretasan pada 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Platform keamanan dan analisis blockchain, Chainalysis membagikan temuan terbaru tentang dana curian terkait kripto. Menurut laporan tersebut, peretas yang terkait dengan Korea Utara terlibat dalam 20 insiden peretasan pada 2023 dan melakukan lebih banyak serangan dibandingkan sebelumnya.

Nilai total aset virtual yang dicuri adalah USD 1 miliar atau setara Rp 15,8 triliun (asumsi kurs Rp 15.827 per dolar AS), penurunan yang signifikan dibandingkan USD 1,7 miliar atau setara Rp 26,9 triliun pada 2022, yang merupakan angka tertinggi sepanjang masa.

Peretas yang terkait dengan Korea Utara ditemukan memiliki target yang terdiversifikasi pada 2023, menargetkan berbagai platform di ruang kripto seperti DeFi, layanan terpusat, pertukaran kripto, dan penyedia dompet kripto.

Peretasan Oleh Korea Utara Akan Semakin Canggih

Wakil Presiden Investigasi Chainalysis, Erin Plante mengatakan, pihaknya memperkirakan peretasan yang terkait dengan Korea Utara akan semakin canggih dan eksploitasinya semakin beragam.

"Misalnya, kami melihat 2022 sebagai tahun paling sukses bagi kelompok peretas Korea Utara berdasarkan nilai dana yang dicuri, namun pada 2023 terdapat jumlah serangan yang lebih besar,” kata Erin dalam siaran pers, dikutip Sabtu (27/1/2024).

Plante menambahkan, semakin cepat kecepatan reaksi platform kripto terhadap eksploitasi, semakin baik pula aparat penegak hukum dalam menghubungi bursa tempat dana beku berada untuk memulai penyitaan dan menghubungi layanan tempat dana mengalir untuk mengumpulkan informasi relevan tentang akun dan pengguna. 

“Kami mengantisipasi melalui proses yang lebih kuat, kolaborasi global, dan kemitraan publik-swasta seiring berjalannya waktu, peretasan kripto akan terus menurun," ujar Plante.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berkaitan dengan Peningkatan Protokol Keamanan

Secara keseluruhan dana yang dicuri, termasuk peretas yang terkait dengan Korea Utara dan kelompok peretas lainnya, turun sekitar 54,3% menjadi USD 1,7 miliar, sebagian besar disebabkan oleh penurunan signifikan dalam peretasan DeFi, yang anjlok sebesar 63,7% dari tahun ke tahun.

Penurunan ini dapat dikaitkan dengan peningkatan protokol keamanan dalam platform DeFi dan pasar yang sedang lesu. Namun, masih ada peretasan penting pada platform DeFi pada 2023. 

Pada Maret 2023, misalnya, Euler Finance, protokol peminjaman dan peminjaman di Ethereum, mengalami serangan pinjaman kilat, yang menyebabkan kerugian sekitar USD 197 juta atau setara Rp 3,1 triliun.

Analisis lebih lanjut oleh mitra Chainalysis, Halborn, sebuah perusahaan keamanan yang berspesialisasi dalam solusi web3 dan blockchain, menemukan peretas mengeksploitasi kerentanan on-chain dan off-chain. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Peretas Korea Utara Gondol Kripto USD 600 Juta pada 2023

Sebelumnya diberitakan, Perusahaan intelijen Blockchain TRM Labs melaporkan bahwa kelompok yang terkait dengan Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) bertanggung jawab atas sekitar 33 persen dari semua kripto yang dicuri melalui peretasan sepanjang 2023.

TRM Labs mengatakan peretas Korea Utara berpotensi mencuri kripto hingga USD 700 juta pada 2023, dengan USD 600 juta dikonfirmasi oleh penelitiannya.

Melansir Cointelegraph, Sabtu (6/1/2024), peretas Korea Utara telah mencuri kripto senilai sekitar USD 3 miliar sejak 2017. Angka itu menunjukkan bahwa serangan yang melibatkan aset digital di negara tersebut meningkat pada tahun lalu.

TRM Labs melaporkan bahwa metode pencucian uang yang dilakukan Korea Utara dan terus berkembang untuk menghindari tekanan penegakan hukum internasional.

CertiK melaporkan pada 3 Januari bahwa ada sekitar 751 pelanggaran pada 2023, yang mengakibatkan kerugian kripto lebih dari USD 1,8 miliar. Jaringan Ethereum dilaporkan mencatat kerugian terbesar sebesar USD 686 juta dalam 224 insiden.

Para pejabat AS sering mengaitkan aset digital dalam alasan mereka menjatuhkan sanksi terhadap entitas tertentu, termasuk kelompok teroris Hamas setelah serangannya pada 7 Oktober terhadap Israel.

Pencampur mata uang kripto juga menjadi target khusus anggota parlemen, yang mengklaim bahwa teknologi tersebut terutama digunakan untuk alasan terlarang.

 

4 dari 4 halaman

Jatuhkan Sanksi

Penelitian menunjukkan para peretas hampir selalu menggunakan kunci pribadi atau frase awal pengguna, mentransfer dana ke dompet yang dikendalikan DPRK dan kemudian menukar aset dengan Tether (USDT) atau Tron (TRX)

“Kehebatan peretasan Korea Utara menuntut kewaspadaan dan inovasi terus-menerus dari dunia usaha dan pemerintah. Meskipun ada kemajuan penting dalam keamanan siber di bursa dan peningkatan kolaborasi internasional dalam melacak dan memulihkan dana yang dicuri, pada 2024 kemungkinan akan terjadi gangguan lebih lanjut dari pencuri siber paling produktif di dunia ini," kata TRM Labs.

Pejabat Departemen Keuangan Amerika Serikat menjatuhkan sanksi terhadap individu dan kelompok peretas yang mereka duga terkait dengan Korea Utara, termasuk Lazarus.

Menyusul sanksi departemen tersebut terhadap pencampur mata uang kripto Tornado Cash dan Sinbad, TRM Labs melaporkan bahwa DPRK terus menjajaki alat pencucian lainnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini