Sukses

Asosiasi Kripto Terbitkan Lanskap Web3 Indonesia 2023

Dalam Indonesia Web3 Landscape 2022 sebelumnya, hanya terdapat 12 kategori pelaku industri dalam ekosistem blockchain, kini menjadi 15.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Blockchain Indonesia dan Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (A-B-I & Aspakrindo) bersama Indonesia Crypto Network (ICN) menerbitkan Lanskap Web3 Indonesia 2023.

Dalam Indonesia Web3 Landscape 2022 sebelumnya, hanya terdapat 12 kategori pelaku industri dalam ekosistem blockchain. Namun, pada 2023, lanskap disajikan lebih komprehensif mengenai perkembangan dan pemetaan industri serta instansi yang terlibat dalam sektor Web3 di Indonesia. 

Fokusnya tidak hanya terbatas pada pelaku usaha lokal, tetapi juga mencakup perusahaan global yang turut mendorong, berkontribusi, dan mendukung evolusi Web3 di Indonesia. Asosiasi memperluas kategorinya menjadi 15.

Wakil Ketua Umum Bidang Literasi dan Edukasi A-B-I dan Aspakrindo, Steven Suhadi mengatakan pemetaan lanskap ini bertujuan untuk menyoroti keberlanjutan dan keragaman yang semakin meningkat dalam industri ini. 

Menurut Steven aset kripto dan teknologi Blockchain memiliki berbagai aplikasi, menawarkan banyak peluang untuk kolaborasi dan sinergi dengan berbagai sektor lainnya. 

“Dengan memetakan kondisi industri saat ini akan memungkinkan pihak-pihak baru untuk bergabung dan berkolaborasi bersama entitas yang sudah berdiri. Asosiasi juga berharap dapat menempatkan Indonesia sebagai pemimpin global yang inklusif dan ramah dalam industri yang bergerak dibidang aset kripto dan blockchain,” kata Steven dalam siaran pers, dikutip Sabtu (27/1/2024).

Pertumbuhan Anggota A-B-I dan Aspakrindo

Direktur Eksekutif A-B-I & Aspakrindo, Asih Karnengsih menuturkan Selaras dengan berkembangnya ekosistem blockchain dan aset kripto Indonesia, pada Q4 2023, A-B-I & Aspakrindo juga mengalami pertumbuhan anggota yang positif, di mana total anggota meningkat sebesar 37%, mencapai 67 anggota.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wadah Kolaborasi

Hal ini mencerminkan perubahan industri di Indonesia dengan mengindikasikan adopsi yang meningkat dan minat yang kuat terhadap ekosistem blockchain serta aset kripto. 

“Hal ini juga berdampak pada penguatan peran A-B-I & Aspakrindo sebagai wadah kolaborasi untuk terus mendukung para pelaku industri yang bergerak dibidang blockchain dan aset kripto dan diharapkan dapat menjadi guide awal untuk kawan-kawan yang ingin memasuki industri ini,” ujar Asih.

Meskipun pasar kripto mengalami bear market, industri kripto dan web3 di Indonesia tetap berkembang dengan teknologi blockchain yang semakin digunakan untuk berbagai use-cases. 

Keterlibatan pemerintah dan institusi menandakan gelombang adopsi selanjutnya, yang tidak hanya fokus pada ritel dan individu, tetapi juga pada lembaga pemerintah.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 5 halaman

Aplikasi Pinjaman Web3 Wise Lending Diretas, Kerugian Sentuh Rp 6,8 Miliar

Sebelumnya diberitakan, aplikasi pinjaman Web3 dan agregator hasil, Wise Lending, kehilangan 170 Ether senilai USD 440.000 atau setara Rp 6,8 miliar (asumsi kurs Rp 15.538 per dolar AS) dalam peretasan pada 12 Januari, menurut beberapa pakar keamanan. 

Dilansir dari Cointelegraph, Senin (15/1/2024), peretas mungkin telah memanipulasi harga oracle melalui pinjaman kilat untuk melakukan eksploitasi. Data Blockchain menunjukkan penyerang menggunakan kontrak yang belum diverifikasi dengan alamat berakhiran d82c untuk menguras dana. 

Beberapa token ditransfer ke dalam kontrak ini, termasuk USD Coin senilai USD 9.000 atau setara Rp 139,8 juta,Tether senilai USD 2.000 atau setara Rp 31 juta, Dai senilai USD 5.000 atau setara Rp 77,6 juta, dan Wrapped Ether (WETH) senilai USD 47.694 atau setara Rp 741 juta serta banyak token terkait Pendle Finance.

Penyerang meminjam 1,110 token Lido Staked Ether dari protokol peminjaman Aave sebagai bagian dari eksploitasi. Para pengeksploitasi sering kali menggunakan pinjaman kilat untuk memanipulasi harga oracle.

Peneliti keamanan blockchain dengan nama samaran, Spreek, memberi tahu komunitas kripto tentang serangan tersebut di X (sebelumnya Twitter). Spreek berspekulasi kerentanan tersebut mungkin terkait dengan token turunan Pendle Finance yang baru. 

2024 baru saja dimulai, namun protokol keuangan terdesentralisasi telah kehilangan setidaknya USD 5 juta atau setara Rp 77,6 miliar karena eksploitasi. Pada 3 Januari, Radiant Capital mencapai lebih dari USD 4,5 juta atau setara Rp 69,9 miliar. 

Keesokan harinya, manajer likuiditas Gamma Protocol kehilangan lebih dari USD 400.000 atau setara Rp 6,2 miliar karena eksploitasi.

Pada 2023, lebih dari USD 1,8 miliar atau setara Rp 27,9 triliun hilang akibat peretasan, penipuan, dan eksploitasi kripto, menurut platform keamanan blockchain Certi.

 

4 dari 5 halaman

Philippine Airlines Jajaki Web3, Luncurkan Koleksi NFT Eksklusif

Delapan dekade sejak didirikan sebagai maskapai penerbangan pertama di Asia, Philippine Airlines membuat sejarah baru dengan koleksi Non Fungible Token (NFT).

Ditawarkan dalam kemitraan dengan Philippine Blockchain Week, acara blockchain perdana di Filipina, koleksi ini memberikan penghormatan kepada sejarah PAL sambil menunjukkan dedikasi maskapai untuk menyambut masa depan.

Terdiri dari delapan gambar unik yang dirancang oleh seniman Trace Orozco, dan dicetak pada platform blockchain Ethereum, setiap koleksi PAL adalah karya seni yang sangat detail yang ditujukan untuk para kolektor cerdas. 

Selain seni, setiap barang koleksi dikodekan dengan Mabuhay Miles senilai USD 1.500 atau setara Rp 22,7 juta (asumsi kurs Rp 15.150 per dolar AS)  yang dapat ditebus sesuai keinginan pemiliknya.

 

5 dari 5 halaman

Kembangkan Jaringan Penerbangan

“Untuk melanjutkan perjalanan digital mereka, pembeli akan menerima tiket VVIP Minggu Blockchain Filipina setiap tahun selama tiga tahun ke depan, memberi mereka akses premium ke pemimpin pemikiran global dalam teknologi yang mengubah dunia,” kata Philippine Airlines dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (7/8/2023).

Menyatukan praktisi, peminat, dan pakar dari seluruh dunia, konferensi Pekan Blockchain 2023 akan berlangsung di Marriott Grand Ballroom dari 19 hingga 21 September dengan tema, BRKOUT. 

Acara tahun ini juga akan menampilkan sejumlah terobosan aplikasi dunia nyata untuk teknologi blockchain, termasuk Michael Cinco Metaverse Fashion Gala yang unik di mana para peserta akan diundang untuk mengambil bagian dari koleksi NFT pertama dari perancang.

Seiring Philippine Airlines terus melambung ke tingkat yang lebih tinggi dengan mengembangkan jaringan penerbangan nonstop globalnya, Philippine Blockchain Week juga bekerja untuk mengangkat masyarakat Filipina dengan memotivasi orang Filipina untuk merangkul kemungkinan tak terbatas dari Web3 dan seterusnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.