Sukses

Mengenal Uniswap dalam Kripto dan Cara Kerjanya

Dalam investasi seringkali muncul istilah Uniswap, lantas apa Uniswap itu? Uniswap adalah pertukaran terdesentralisasi yang memungkinkan terjadinya pasar peer-to-peer.

Liputan6.com, Jakarta Dalam investasi seringkali muncul istilah Uniswap, lantas apa Uniswap itu? Uniswap adalah pertukaran terdesentralisasi yang memungkinkan terjadinya pasar peer-to-peer. 

Melansir dari Investopedia, Senin (20/5/2024), Uniswap juga merupakan mata uang kripto yang simbolnya adalah (UNI). Platform Uniswap memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan mata uang kripto tanpa keterlibatan apa pun dengan pihak ketiga yang terpusat.

Blockchain Uniswap dihosting di platform Ethereum dan diatur oleh pemegang UNI. Uniswap menggambarkan blockchainnya sebagai barang publik. Blockchain Uniswap bersifat open source, artinya siapa pun dapat melihat dan berkontribusi pada kode blockchain.

Platform Uniswap dapat mendukung pertukaran token digital apa pun yang mematuhi standar teknis Ethereum yang dikenal sebagai ERC-20. Uniswap menggunakan kontrak pintar, yang diaktifkan oleh teknologi blockchain, untuk berfungsi sebagai pembuat pasar otomatis.

Pengguna Uniswap dapat dengan aman membuat kumpulan likuiditas, menyediakan likuiditas, dan menukar berbagai aset digital. Sebagai pertukaran terdesentralisasi, Uniswap menggunakan desain tanpa izin. Protokol Uniswap tersedia untuk digunakan siapa saja, dan platform Uniswap tidak memiliki kemampuan untuk membatasi akses secara selektif.

Siapa pun yang memilih dapat menggunakan Uniswap untuk memperdagangkan aset digital, menyediakan likuiditas, atau menciptakan pasar baru untuk menukar sepasang aset digital baru.

Otomatisasi yang disediakan oleh kontrak pintar dapat membuat aset perdagangan menjadi lebih efisien. Uniswap menggunakan kontrak pintar untuk menghindari masalah likuiditas yang biasanya mempengaruhi bursa terpusat. Penghapusan pihak ketiga yang mencari keuntungan, seperti bursa terpusat atau lembaga keuangan, juga dapat mengurangi biaya pemrosesan transaksi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Kerja Uniswap

Platform Uniswap menggunakan kontrak pintar berbasis blockchain untuk memfasilitasi perdagangan terdesentralisasi dari banyak aset digital yang berbeda. Pasangan aset digital ditukar melalui kumpulan likuiditas, yang menggunakan kontrak pintar untuk menyeimbangkan kembali secara otomatis setelah setiap perdagangan.

Blockchain Uniswap, yang berfungsi seperti buku besar elektronik, terus diperbarui untuk mencerminkan aktivitas perdagangan yang terjadi di antara pengguna Uniswap. Dengan berfungsi sebagai bursa tanpa keterlibatan otoritas pusat, Uniswap adalah pembuat pasar otomatis.

Uniswap beroperasi menggunakan platform Ethereum, yang saat ini menggunakan metode operasi bukti kepemilikan. (Ethereum bertransisi dari metode bukti kerja pada 2022.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.