Sukses

Pertama di Dunia, Mastercard Tawarkan Layanan Kredensial Transaksi Kripto Lintas Batas

Layanan yang diberikan Mastercard memungkinkan pengguna untuk mentransfer mata uang kripto menggunakan alias sederhana, dan sudah diluncurkan di negara Eropa dan Amerika Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa lembaga finansial Mastercard memulai penerapan sistem Kredensial Kripto pertama di dunia nyata, yang bertujuan untuk memfasilitasi transaksi mata uang kripto peer-to-peer (P2P) yang lebih mudah dan aman.

Layanan yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer mata uang kripto menggunakan alias sederhana, telah diluncurkan di beberapa bursa di kawasan Eropa dan Amerika Selatan.

Dikutip dari News.bitcoin.com, Kamis (30/5/2024) Mastercard mengungkapkan bahwa sistem Kredensial Kriptonya saat ini beroperasi di bursa Bitcoin Bit2me, Lirium, dan Mercado, memungkinkan pengguna dari negara-negara termasuk Argentina, Brasil, Chili, dan Prancis, antara lain, untuk melakukan transfer lintas batas dan domestik.

Dengan menggunakan alias daripada alamat blockchain yang kompleks, Mastercard menjelaskan, sistem ini menyederhanakan proses transaksi sambil mematuhi standar verifikasi yang diperlukan untuk meningkatkan keamanan, dan kepatuhan terhadap peraturan global seperti Aturan Perjalanan Satuan Tugas Aksi Keuangan (FATF).

"Seiring dengan meningkatnya minat terhadap blockchain dan aset digital di Amerika Latin dan seluruh dunia, penting untuk terus menghadirkan interaksi yang tepercaya dan dapat diverifikasi di seluruh jaringan blockchain publik," kata Walter Pimenta, wakil presiden eksekutif produk dan teknik untuk Amerika Latin dan Karibia di Mastercard.

"Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan mitra dinamis ini untuk membawa Mastercard Crypto Credential lebih dekat untuk mewujudkan potensi penuhnya," tambah Pimenta.

Mastercard lebih lanjut merinci bahwa masuknya mitra baru seperti Foxbit dan integrasi dengan Lulubit melalui Lirium memperluas jangkauan program percontohan Mastercard, sehingga menjanjikan akses konsumen yang lebih luas.

Sistem Mastercard tidak hanya mendukung transfer aset kripto, tetapi juga bersiap untuk memperluas kegunaannya ke aplikasi lain seperti token non-fungible (NFT) dan tiket blockchain, kebutuhan pasar yang tertunda, dan kepatuhan terhadap peraturan.

Mastercard menegaskan inisiatif ini menandai langkah signifikan dalam memanfaatkan teknologi blockchain untuk transaksi keuangan arus utama, dengan menekankan keamanan dan kemudahan penggunaan.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Kripto Hari Ini 30 Mei 2024: Bitcoin, Ethereum hingga Solana Anjlok

Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau mengalami penurunan pada Kamis, 30 Mei 2024. Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau berada di zona merah.

Mengutip data dari Coinmarketcap, (30/5/2024) kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) terpantau melemah hari ini. Nilai Bitcoin merosot 1,97 persen dalam 24 jam dan 4,09 persen dalam sepekan. Saat ini, harga Bitcoin berada di level Rp 1.096.906.867.32.

Kripto teratas selanjutnya, Ethereum (ETH) juga terpantau lesu. ETH menurun 2,85 persen sehari terakhir, dan 1,11 persen dalam sepekan. Harga ETH saat ini berada di kisaran Rp 61 juta per koin. 

Kemudian Stablecoin Tether (USDT) menurun 0,81 persen dalam 24 jam dan 1,50 persen dalam 7 hari terakhir. Harga USDT dipatok Rp. 16,215.60.

Binance coin (BNB) juga melemah 1,67 persen dalam 24 jam terakhir dan 4,55 persen dalam sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol seharga Rp. 9,672,061.56 per koin. 

Adapun Solana (SOL) yang juiga menurun 0,78 persen dalam sehari dan 6,97 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp. 2,726,259.09 per koin.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 3 halaman

USD Coin hingga DOGE Ikut Melemah pada Kamis, 30 Mei 2024

Harga kripto hari ini seperti stablecoin USD coin (USDC) terpantau ikut loyo 0,81 persen dalam 24 jam dan 1,45 persen dalam 7 hari, dan kini dibanderol kisaran Rp. 16,232.52 per koin.

Sedangkan XRP persen merosot 0,86 dalam 24 jam dan 2,15 persen sepekan. XRP kini dibanderol seharga Rp 8,515.54 per koin. 

Pelemahan juga terjadi pada koin Meme Dogecoin (DOGE). Dalam satu hari terakhir DOGE ambles 1,90 persen dan 2,67 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 2,662.52 per token. 

Sementara kripto Shiba Inu (SHIB) mencatat pertumbuhan 0,18 persen dalam sehari dan 8,49 persen dalam 7 hari dengan harga Rp. 0.4517.

Cardano (ADA) kini di zona merah, dengan penurunan 2,03 persen dalam sehari dan 7,84 persen sepekan. Harga ADA saat ini berada pada level Rp 7,334.31 per koin.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.