Sukses

Perusahaan di Amerika Latin Pakai Kripto untuk Pembayaran B2B

Pertukaran kripto di Argentina telah berkembang sejak 2022 ketika mengumumkan ekspansi ke pasar-pasar utama seperti Kolombia dan AS.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Ripio, salah satu bursa mata uang kripto terbesar di Amerika Latin, Sebastian Serrano mengungkapkan kripto telah dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan di Brazil dan Tiongkok sebagai bagian dari aliran pembayaran regulernya. 

Serrano memberikan wawasan tentang kasus penggunaan yang ditampilkan institusi untuk layanan kripto di Latam dan menyatakan beberapa perusahaan Brazil yang tidak disebutkan namanya membayar pasokan yang berasal dari China menggunakan mata uang kripto.

Dengan cara yang sama, Serrano mengungkapkan beberapa perusahaan Argentina menggunakan cryptocurrency sebagai lindung nilai terhadap inflasi yang melumpuhkan yang dihadapi negara tersebut. Serrano juga menyoroti kasus penggunaan cryptocurrency untuk transaksi pengiriman uang antara Amerika Serikat (AS) dan Meksiko.

"Di tahun-tahun mendatang, kita akan melihat perusahaan mulai membiayai diri mereka sendiri dengan mata uang kripto. Pasar modal masa depan akan didasarkan pada blockchain,” kata Serrano, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (19/6/2024).

Pertukaran kripto di Argentina telah berkembang sejak 2022 ketika mengumumkan ekspansi ke pasar-pasar utama seperti Kolombia dan AS. 

Meskipun Serrano mengakui aliran pendapatan utama Ripio berasal dari biaya perdagangan ritel, ia berharap untuk mendiversifikasi hal ini dengan memperkenalkan produk pembayaran dan tokenisasi yang dirancang untuk institusi. 

Serrano juga menyatakan Ripio berencana memperkenalkan produk simpan pinjam baru bagi investor ritel untuk menstabilkan pendapatannya.

Serrano percaya adopsi perusahaan dapat mengubah adopsi kripto dan cara pertukaran memandang pendapatan mereka. Dia juga percaya jika kripto menjadi arus utama bagi institusi, hal ini mungkin mewakili 80% pendapatan perusahaan pada akhir dekade ini.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Agen Travel di Amerika Latin Mulai Terima Pembayaran Kripto

Sebelumnya, agen perjalanan online terkemuka di Amerika Latin, Despegar (Desp) telah mulai menerima kripto sebagai bentuk pembayaran di Argentina dalam kemitraan dengan Binance Pay.  Kerja sama pembayaran kripto ini diumumkan kedua perusahaan pada Senin, 6 Maret 2023.

Dilansir dari CoinDesk, Kamis (9/3/2023), Despegar adalah agen perjalanan online pertama di Amerika Latin yang menerima kripto, kata pernyataan itu. Perusahaan menambahkan pembayaran akan dilakukan melalui Binance Pay. 

Inswitch, platform keuangan sebagai layanan berbasis cloud akan bertanggung jawab untuk mengubah kripto menjadi mata uang. Fungsi pembayaran kripto ini pada awalnya hanya tersedia di Argentina.

Despegar yang beroperasi di 20 pasar di Amerika Latin mengatakan berencana meluncurkan layanan ke negara lain di masa depan.

Manajer umum Despegar untuk Argentina dan Uruguay, Paula Cristi mengatakan dunia cryptocurrency sudah menjadi kenyataan, oleh karena itu, perusahaan ingin semua pelanggan yang di Argentina bisa memiliki pengalaman dengan kripto. 

Pada September 2022, sebuah pasar untuk produk perjalanan tokenisasi, TravelX, menawarkan inventaris maskapai penerbangan Argentina berbiaya rendah Flybondi untuk menerima menggunakan tiket dalam bentuk NFT.

Saat ini banyak perusahaan secara global mulai menerima pembayaran kripto untuk berbagai produk. Tak hanya itu, perusahaan yang bergerak di bidang transportasi hingga hiburan mulai menggunakan NFT sebagai tiket untuk mengurangi pemalsuan.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Spanyol jadi Negara Paling Gencar Jualan Properti Pakai Kripto di Dunia

Sebelumnya, sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa Spanyol menjadi salah satu negara yang paling banyak menyediakan penawaran real estate dengan pembayaran mata uang kripto.

Laporan Forex Suggest, menemukan bahwa Spanyol adalah negara dengan properti terbanyak yang tersedia untuk crypto, diikuti oleh Thailand, Portugal, dan UEA.

Melansir Bitcoin.com, Rabu (8/3/2023) laporan tersebut mengumpulkan data properti yang tersedia di portal real estate crypto khusus, dan menemukan 289 properti tersedia untuk dibeli dengan crypto untuk area Spanyol saja.

Properti yang ditawarkan sebagian besar berada di kota Alicante dan Marbella, dan lebih banyak properti perkotaan berada di Barcelona.

Angka itu menempatkan Spanyol sebagai negara yang paling diminati untuk transaksi real estat menggunakan crypto.

Kedua setelah Spanyol adalah Thailand, dengan 227 properti tersedia, sekaligus surga cryptocurrency populer. Portugal menempati peringkat ketiga dengan 130 properti tersedia.

Meski Spanyol memimpin dari sisi supply, namun laporan tersebut menemukan bahwa negara dengan harga properti termahal yang tersedia untuk dibeli dengan crypto adalah Kanada, dengan rata-rata hampir 250 bitcoin per properti.

Sedangkan properti di Filipina memiliki harga rata-rata sekitar 15 bitcoin per properti, menjadi yang termurah.

El Salvador, negara yang telah mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, berada di tengah, dengan harga rata-rata mendekati 40 bitcoin per properti.

 

4 dari 4 halaman

Bank Sentral India Ingatkan Kripto Bukan Aset yang Stabil

Sebelumnya, Bank sentral India atau Reserve Bank of India (RBI), merilis buletin bulanannya. Buletin ini menjelaskan dampak signifikan dan risiko yang melekat pada keuangan terdesentralisasi (defi) dan mata uang kripto dalam sistem keuangan.

“Temuan kami menunjukkan bahwa minat terhadap mata uang kripto didorong oleh motif spekulatif daripada alat pembayaran untuk transaksi ekonomi riil,” kata RBI dalam buletin tersebut, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (18/6/2024).

Bank sentral India menambahkan, ekosistem kripto tidak memiliki akuntabilitas dan stabilitas serta ditandai dengan ambiguitas peraturan, investor ritel harus lebih berhati-hati. 

Buletin tersebut memuat pernyataan dari Gubernur RBI Shaktikanta Das, yang menggambarkan istilah mata uang kripto dan mata uang kripto pribadi sebagai cara modis untuk menggambarkan aktivitas yang 100 persen spekulatif.

India saat ini tidak memiliki kerangka peraturan khusus untuk mata uang kripto. Pada 2021, rancangan undang-undang yang bertujuan mengatur aset digital diusulkan oleh panel pemerintah, tetapi masih menunggu keputusan. 

Dewan Sekuritas dan Bursa India (SEBI) baru-baru ini mengajukan proposal peraturan untuk aset kripto kepada komite penasihat pemerintah, menyarankan agar regulator yang berbeda mengelola aspek tertentu dari perdagangan mata uang kripto. 

Pada saat yang sama, Reserve Bank of India menyampaikan keberatannya, menguraikan risiko makroekonomi yang terkait dengan mata uang kripto, khususnya terkait penghindaran pajak dan stabilitas fiskal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini