Sukses

Aliran Dana Kripto ke Produsen Narkoba di China Meningkat pada 2024

Laporan Perusahaan intelijen Blockchain TRM Labs menyebutkan 11 produsen bertanggung jawab atas lebih dari 70 persen dari semua penjualan precursor obat dalam kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan intelijen Blockchain TRM Labs telah mengungkapkan setoran mata uang kripto ke alamat kripto yang terkait dengan produsen prekursor obat Tiongkok meningkat lebih dari dua kali lipat dalam empat bulan pertama 2024 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2023.

Dilansir dari CryptoPotato, Kamis (27/6/2024), pada 2023, jaringan prekursor China menerima lebih dari USD 26 juta atau setara Rp 426,3 miliar (asumsi kurs Rp 16.398 per dolar AS) dalam bentuk mata uang kripto, dengan 97% dari lebih dari 120 produsen yang diteliti menawarkan opsi pembayaran dalam mata uang digital.

Bitcoin Mendominasi Transaksi

Menurut TRM Labs, jumlah keseluruhan mata uang kripto yang disimpan ke dalam dompet yang terhubung dengan produsen ini meningkat lebih dari 600% dari tahun 2022 hingga 2023.

Bitcoin tetap menjadi mata uang kripto dominan yang digunakan untuk transaksi ini, menyumbang sekitar 60% dari total volume pembayaran. Mengikuti Bitcoin, blockchain TRON mencatat sekitar 30% transaksi, sementara Ethereum digunakan sekitar 6%.

Laporan tersebut juga menyoroti 11 produsen bertanggung jawab atas lebih dari 70% dari semua penjualan prekursor obat dalam mata uang kripto. Produsen-produsen ini menerima dana dari dompet yang tidak dihosting, bursa mata uang kripto, dan layanan pembayaran, dengan dompet mereka paling sering dihosting di bursa.

Selain preferensi terhadap mata uang kripto, pabrikan Tiongkok juga menerima mata uang fiat melalui platform seperti PayPal, MoneyGram, Western Union, dan transfer bank tradisional.

Laporan tersebut juga mengungkapkan produsen prekursor obat Tiongkok terutama menargetkan negara-negara termasuk Kanada, Belanda, Australia, Jerman, dan Amerika Serikat. Iklan juga ditujukan ke Rusia dan negara-negara tetangga, khususnya untuk prekursor mephedrone.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Polisi Australia Sita Kripto Rp 23,5 Miliar dari Pengedar Narkoba

Sebelumnya, Polisi di Australia Selatan, baru-baru ini menyita mata uang kripto senilai USD 1,5 juta atau setara Rp 23,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.706 per dolar AS) dari tersangka pengedar narkoba di web gelap.

Penegak hukum juga menyita sejumlah besar obat-obatan dan perangkat elektronik dari seorang pria berusia 25 tahun yang tidak disebutkan namanya.

Inspektur Detektif Australia Selatan, Adam Rice mengatakan penyelidikan mengidentifikasi aktivitas terlarang di pasar web gelap, mengaitkan aktivitas tersebut dengan orang di kehidupan nyata di Australia Selatan.

“Mengidentifikasi dan melacak mata uang kripto yang digunakan dalam pelanggaran tersebut, dan pada akhirnya mengarah pada operasi pencarian dan penyitaan yang berhasil,” kata Rice, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (16/10/2023). 

Di antara beberapa obat yang disita dalam penggerebekan di sebuah rumah tinggal dan dua unit penyimpanan adalah opioid sintetis yang dikenal sebagai nitazene. 

Pihak berwenang di negara bagian tersebut khawatir obat tersebut, yang sangat beracun dan belum pernah disetujui untuk dikonsumsi manusia, dapat dikaitkan dengan dua kasus overdosis yang menyebabkan satu orang meninggal.

Sementara itu, laporan tersebut juga mengungkapkan petugas penegak hukum juga menemukan uang tunai puluhan ribu ketika mereka menggerebek lokasi di Adelaide Hills.

 

3 dari 4 halaman

Polisi di Kanada Pakai Teknologi Blockchain untuk Berantas Kejahatan Kripto

Sebelumnya diberitakan, Polisi di Kanada mengungkapkan telah melakukan penyidikan menggunakan perangkat lunak pengawasan blockchain Chainalysis Reactor untuk memberantas kejahatan kripto.

Pihak kepolisian membahas situasi tersebut dengan sersan Kevin Talbot dari Unit Kejahatan Ekonomi Lethbridge Police Service (LPS). Talbot telah dilatih dalam analisis blockchain, yang dianggap sebagai kemajuan signifikan untuk kekuatan yang lebih kecil seperti LPS.

Laporan tersebut mencatat teknologi memungkinkan LPS untuk melacak transaksi, mengidentifikasi tersangka, dan menentukan di mana dana telah disimpan, meskipun menuntut para penipu masih menjadi tantangan. 

Talbot mengungkapkan itu memungkinkan kepolisian untuk menulis perintah produksi untuk mengumpulkan informasi tentang pemegang akun.

"Kami akan sampai pada titik di mana kami memiliki data transaksi tetapi kami tidak dapat melacaknya karena memerlukan pemrograman khusus untuk melakukan hal-hal dan pelatihan ini. Di Kanada, kami membuat kemajuan,” kata Talbot, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (21/8/2023).

Talbot menambahkan, akan menggunakan program Reaktor Rantai untuk melakukan pelacakan ke pertukaran. Informasi tersebut kemudian dibagikan kepada penyelidik yang kemudian akan menulis perintah produksi untuk mendapatkan informasi tentang pemegang akun, apakah ada dana di akun tersebut dan ke mana dana tersebut telah ditransfer.

“Fokus saat kami melakukan penyelidikan ini ada dua. Kami ingin mengadili seseorang tetapi sering kali meskipun individu yang terlibat berada di luar negeri yang membuatnya sedikit lebih sulit untuk dituntut, tetapi tidak selalu ada kesempatan di mana mereka lokal atau setidaknya di Amerika Utara,” pungkas dia.

 

4 dari 4 halaman

Riset Nomura: Perusahaan Jepang Minat Investasi Kripto 3 Tahun Mendatang

Sebelumnya, Bank asal Jepang Nomura dan anak perusahaan aset digitalnya, Laser Digital menemukan bahwa lebih dari separuh manajer investasi di negara itu berencana berinvestasi dalam aset digital, termasuk mata uang kripto dalam tiga tahun ke depan. 

Bank tersebut mensurvei 547 manajer investasi Jepang antara 15 April dan 26 April 2024, termasuk investor institusi, kantor keluarga, dan perusahaan layanan publik.

Dikutip dari Coindesk, Rabu (26/6/2024) survei Nomura menunjukkan bahwa 54% responden mengungkapkan berniat untuk berinvestasi kripto dalam tiga tahun ke depan, dan 25% perusahaan mengatakan mereka memiliki kesan positif terhadap aset digital.

Kripto juga dipandang sebagai peluang diversifikasi oleh 62% responden, bersama dengan uang tunai, saham, obligasi, dan komoditas, dan banyak investor di Jepang memandang aset digital sebagai kelas aset investasi, menurut studi Nomura.

Alokasi yang diminati untuk aset digital adalah antara 2%-5% dari aset yang dikelola (AUM), kata investor, dan hampir 80% mengatakan mereka akan berinvestasi selama setahun.

Pengembangan produk baru dapat meningkatkan investasi pada aset digital.

Sedangkan bagi mereka yang sudah berkecimpung dalam mata uang kripto, atau mereka yang memperdebatkan investasi dalam aset digital, pendorong utama investasi di masa depan adalah pengembangan produk baru termasuk dana yang diperdagangkan di bursa (ETF), perwalian investasi, serta penawaran staking dan pinjaman.

Selain itu, Nomura juga mengungkapkan, sekitar separuh responden dalam surveinya mengatakan ingin berinvestasi langsung di proyek Web3 atau melalui dana modal ventura.

Namun, hambatan masuk menghalangi beberapa manajer untuk berinvestasi dalam aset digital. Hambatan ini mencakup risiko pihak kompetitor, volatilitas yang tinggi, dan persyaratan peraturan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.