Sukses

Industri Kripto Kehilangan Rp 8,3 Triliun Akibat Peretasan

Platform bug bounty Web3, Immunefi mencatat kerugian tertinggi imbas peretasan dan penipuan terjadi pada Mei 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Peretasan dan penipuan tak lepas dari industri kripto. Nyatanya, dua kejahatan tersebut membuat aset kripto hilang senilai USD 509 juta atau setara Rl 8,3 triliun pada kuartal II 2024.

Platform bug bounty Web3, Immunefi melaporkan, angka kehilangan imbas peretasan dan fraud itu meningkat 91 persen dari periode yang sama pada 2023. 

"Pada bulan Mei 2024 saja terjadi kerugian bulanan tertinggi yang tercatat, yaitu sebesar USD 107 juta (Rp 1,7 triliun). Namun, bulan Juni mengalami sedikit penangguhan hukuman dengan kerugian turun menjadi USD 78 juta dalam 12 insiden, turun 27 persen dari kerugian sebesar USD 107 juta pada bulan Juni 2023," sebut Communications Lead di Immunefi, Jonah Michaels, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (29/6/2024).

Laporan yang sama menyebut, institusi kripto yang terpusat adalah target utama, yang menyumbang dua pertiga dari serangan yang berhasil. Temuan ini juga menyoroti Ethereum adalah blockchain yang paling banyak dieksploitasi pada periode tersebut dengan porsi 44 persen dari total kerugian.

Lalu, diikuti oleh rantai BNB dengan 25 persen dari total kerugian, dan Arbitrum sebesar 5,6 persen dari total kerugian.

Jonnah mencatat keunggulan Ethereum sebagai pusat utama aktivitas DeFi, ditambah dengan banyaknya dana yang terkunci dalam ekosistemnya, menjadikannya target utama para peretas.

Dia menuturkan, peretas mengeksploitasi banyak protokol di Ethereum untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan, dan hubungannya dengan rantai dan teknologi utama yang berfokus pada privasi memfasilitasi pencucian dana curian dengan cepat.

"Kerugian paling signifikan pada kuartal ini diderita oleh bursa terpusat Jepang DMM Bitcoin, yang menjadi korban peretasan dan mengalami kerugian sebesar USD 305 juta," ucapnya.

Sebagai tanggapan, DMM Bitcoin telah menerapkan langkah-langkah untuk mengganti biaya pelanggan yang terkena dampak. Target penting lainnya termasuk BtcTurk, Hedgey, Lykke, Gala Games, dan SonneFinance, yang secara kolektif menghadapi kerugian sebesar USD 164,2 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerugian Akibat Transaksi Ilegal

Sebelumnya, Kerugian mata uang kripto akibat transaksi ilegal terkait deepfake tampaknya meningkat selama 2024. Dikutip dari News.bitcoin.com, Sabtu (29/6/2024) laporan Bitget Research mengungkapkan bahwa kerugian dari transaksi kripto di dunia deepfake diperkirakan mencapai USD 25 miliar atau sekitar Rp.408,9 triliun.

Selama kuartal I tahun ini total kerugian yang disebabkan oleh deepfake mencapai USD 6,28 miliar (Rp.102,6 triliun), hampir setengah dari kerugian sebesar USD 13,81 miliar (Rp.225,7 triliun) sepanjang tahun 2022.

Meskipun kerugian terkait deepfake menurun pada tahun 2023, laporan tersebut menyoroti jumlah transaksi ilegal yang melibatkan teknologi deepfake tetap konsisten di setiap kuartal.

Menariknya, studi ini juga mengungkapkan korelasi antara transaksi ilegal terkait deepfake dan fluktuasi Indeks Keserakahan dan Ketakutan Bitcoin.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Digunakan Tindak Kriminal

Ditemukan juga, selama pasar bullish, insiden penggunaan teknologi deepfake untuk tujuan kriminal cenderung meningkat. Misalnya, jumlah kejahatan kripto yang melibatkan deepfake melonjak pada kuartal I 2024, bertepatan dengan periode ketika Bitcoin (BTC) mencapai titik tertinggi baru sepanjang masa.

Menanggapi temuan dalam studi tersebut, CEO di Bitget, Gracy Chen menggarisbawahi pentingnya meningkatkan kesadaran tentang deepfake dalam industri kripto.

Mendidik pengguna dan menerapkan kerangka hukum dan keamanan siber yang komprehensif secara global merupakan langkah penting dalam memerangi penjahat yang mengeksploitasi taktik ini.

"Deepfake kini mulai memasuki sektor kripto dan tidak ada yang bisa kita lakukan untuk menghentikannya tanpa pendidikan dan kesadaran yang tepat. Kewaspadaan pengguna dan kemampuan mereka untuk membedakan penipuan dan penipuan dari penawaran nyata masih merupakan garis pertahanan paling efektif terhadap kejahatan tersebut sampai kerangka hukum dan keamanan siber yang komprehensif diterapkan pada skala global,” kata Chen.

 

4 dari 4 halaman

Kerugian Akibat Penipuan dan Peretasan Kripto Sentuh Rp 851 Miliar Sepanjang Mei 2024

Sebelumnya, menurut laporan Immunefi terbaru, aset digital senilai USD 52,3 juta atau setara Rp 851,3 miliar (asumsi kurs Rp 16.255 per dolar AS) hilang akibat peretasan dan penipuan dalam 21 insiden spesifik sepanjang Mei 2024. 

Laporan tersebut menyatakan kerugian ini 12% lebih rendah dari dari Mei 2023 senilai USD 59,3 juta atau setara Rp 963,9 miliar dan 28% lebih rendah dari kerugian April 2024.

Insiden peretasan dan penipuan pada Mei 2024 membuat kerugian kripto sepanjang 2024 menjadi USD 473,2 juta atau setara Rp 7,6 triliun. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan USD 595,4 juta atau setara Rp 9,67 triliun yang tercatat pada periode yang sama tahun lalu.

Seperti yang ditunjukkan oleh data laporan, ada dua proyek yang menonjol yaitu Gala Games, yang mengalami kerugian sebesar USD 21 juta, dan Sonnefinance dengan USD 20 juta, yang menyumbang hampir 80% dari total kerugian. 

Selain itu, ada tiga insiden sepuluh besar lainnya di mana penyerang mengambil aset digital senilai USD 1 juta atau lebih. Dalam serangan yang tersisa, kerugian berkisar antara USD 540.000 dan USD 300.000.

Sama seperti pada April, peretas hanya berhasil melakukan serangan terhadap platform keuangan terdesentralisasi (defi). Platform keuangan terpusat tidak mengalami satu pun serangan besar. 

Menguraikan serangan-serangan tersebut, laporan Immunefi menyoroti peretasan tetap menjadi metode serangan paling ampuh bagi penjahat dunia maya.

"Peretasan terus menjadi penyebab utama kerugian dibandingkan penipuan. Sebanyak USD 50,6 juta hilang karena peretasan di 14 insiden tertentu. 7 peristiwa penipuan terjadi di bulan Mei, dengan total USD 1,75 juga," kata laporan itu, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (5/6/2024). 

Sementara itu, laporan tersebut juga mengungkapkan Immunefi, platform layanan keamanan, telah memfasilitasi pembayaran terbesar dalam sejarah perangkat lunak.  Dalam salah satu pembayaran ini, Immunefi mengatakan pihaknya membantu pembayaran sebesar USD 10 juta untuk kerentanan yang ditemukan di Wormhole.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini