Sukses

Stablecoin USDT jadi Pembayaran Program Asuransi di Filipina

Tether bermitra dengan Web3 Uquid untuk memungkinkan warga Filipina membayar tagihan program asuransi dalam stablecoin USDT.

Liputan6.com, Jakarta - Penerbit stablecoin terbesar di dunia, Tether memperkenalkan opsi pembayaran kripto baru bagi warga Filipina, yang memungkinkan mereka membayar kontribusi Sistem Jaminan Sosial (SSS) dalam USDT.

Melansir Cointelegraph, Rabu (3/7/2024) Tether telah bermitra dengan perusahaan belanja dan infrastruktur Web3 Uquid untuk memungkinkan warga Filipina membayar tagihan SSS mereka dalam Tether USDT pada blockchain The Open Network.

Uquid mengatakan, kemitraan dengan Tether menyoroti bagaimana stablecoin seperti USDT dan kripto secara umum dapat menyederhanakan dan meningkatkan kehidupan sehari-hari.

CEO Uquid, Tran Hung mengatakan, kemitraan dengan Tether menandai tonggak penting dalam perjalanan mereka untuk menjembatani kesenjangan antara mata uang digital dan transaksi harian, menjadikan pembayaran mikro kripto dapat diterapkan.

Dia menambahkan, inisiatif terbaru, yang didukung oleh Tether, menetapkan tolok ukur baru untuk kenyamanan dan aksesibilitas dalam belanja digital.

Di Filipina, Sistem Jaminan Sosial merupakan program asuransi sosial yang dikelola pemerintah untuk melayani pekerja di sektor resmi, informal, dan swasta.

SSS diamanatkan oleh undang-undang dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan warga negara di masa-masa sulit. Saat ini perusahaan di Filipina mengelola SSS dalam dua bentuk program, yaitu jaminan sosial dan kompensasi karyawan.

Mata uang kripto telah mendapatkan adopsi yang umum selama beberapa tahun terakhir di beberapa negara, dengan stablecoin yang memimpin.

Stablecoin dimulai sebagai alat untuk pertukaran terpusat tetapi telah berkembang menjadi penyedia likuiditas utama di pasar terpusat dan terdesentralisasi.

Platform pembayaran digital, PayPal telah memperkenalkan stablecoin aslinya, PayPal USD, sementara Ripple juga mengumumkan rencana untuk meluncurkan stablecoinnya sendiri pada awal tahun 2025 untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat. Stablecoin juga secara aktif digunakan untuk pembayaran lintas batas di tingkat institusi.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

CEO Circle: Stablecoin Sumbang 10% Keuangan Global dalam 10 Tahun Mendatang

Stablecoin diperkirakan akan menyumbang 10% dari "uang ekonomi global" selama 10 tahun ke depan atau lebih.

Perkiraan itu dikeluarkan oleh CEO Circle, penerbit Stablecoin, Jeremy Allaire.

Melansir Cointelegraph, Kamis (20/6/2024) Allaire membeberkan beberapa faktor yang dapat memicu ekspansi eksponensial dalam adopsi stablecoin selama 10 tahun ke depan.

"Sebagian besar perusahaan pembayaran terbesar di dunia secara aktif menggunakan teknologi ini dan menjajaki cara memperluas penggunaannya karena manfaat rantai publik dan stablecoin menjadi jelas bagi semua orang," kata Allaire dalam sebuah postingan di platform X pada 19 Juni 2024.

Dia mencatat bahwa stablecoin menjadi bentuk uang digital yang semakin diterima, dan mata uang kripto tersebut akan menempati porsi yang semakin besar dari pasar uang elektronik dunia senilai USD 100 triliun pada akhir tahun 2025.

"(Bayangkan) seperti apa jadinya ketika 10% uang ekonomi global berbentuk stablecoin dan ketika intermediasi kredit berpindah dari pinjaman cadangan fraksional ke pasar kredit onchain," ujarnya.

"(Ini) dapat dicapai dalam 10+ tahun ke depan," ungkap Allaire.

Pasar stablecoin senilai USD 162 miliar saat ini setara 0,2% dari ukuran pasar uang senilai USD 80 triliun, menurut data Tinjauan Populasi Dunia.

Agar prediksi 10% Allaire menjadi kenyataan pada tahun 2034, pasar stablecoin perlu tumbuh setidaknya pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 47,7%, meskipun perkiraan tersebut tidak memperhitungkan pertumbuhan sebesar USD 80 triliun.

USD Coin atau USDC, stablecoin dolar Amerika Serikat yang diterbitkan oleh Allaire's Circle saat ini memiliki kapitalisasi pasar senilai USD 32.8 miliar, menjadikannya stablecoin terbesar kedua di belakang Tether atau USDT, menurut data CoinGecko.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Ada Peluang dari Aset Kripto Lain

Namun, sikap bullish Allaire tentunya tidak terbatas pada pasar stablecoin saja.

Ia melihat, adopsi mata uang kripto dapat meningkat menjadi miliaran pengguna di jutaan aplikasi dalam 10 tahun ke depan atau lebih, dengan lebih banyak perdagangan dan keuangan yang dilaksanakan melalui kontrak pintar pada infrastruktur blockchain publik.

Dia bahkan berpendapat bahwa beberapa organisasi onchain dapat mengungguli beberapa perusahaan multinasional dalam jangka waktu tersebut, meskipun dia tidak menjelaskan secara rinci bagaimana dan di sektor mana.

4 dari 4 halaman

Perusahaan Kripto FTX Bakal Kembalikan Dana Pelanggan

Sebelumnya, perusahaan kripto bangkrut FTX, mengatakan hampir semua pelanggannya akan menerima kembali uang mereka, dua tahun setelah pertukaran mata uang kripto runtuh, dan beberapa akan mendapatkan lebih dari itu.

Dilansir dari Yahoo Finance, ditulis Minggu (12/5/2024), FTX mengatakan dalam pengajuan pengadilan pada Selasa mereka berhutang sekitar USD 11,2 miliar atau setara Rp 180,1 triliun (asumsi kurs Rp 16.070 per dolar AS) kepada kreditornya. 

Pertukaran tersebut memperkirakan mereka memiliki dana sekitar USD 14,5 miliar atau setara Rp 233,1 triliun dan USD 16,3 miliar atau setara Rp 262,1 triliun untuk didistribusikan kepada mereka.

Pengajuan tersebut menyatakan setelah pembayaran klaim secara penuh, rencana tersebut memberikan pembayaran bunga tambahan kepada kreditor, sepanjang dana masih tersisa. Tingkat bunga bagi sebagian besar kreditor adalah 9%.

Hal ini mungkin menjadi sedikit penghiburan bagi investor yang memperdagangkan  kripto di bursa ketika bursa tersebut runtuh. Ketika FTX mencari perlindungan kebangkrutan pada November 2022, harga bitcoin mencapai USD 16.080. 

Tetapi harga  kripto telah melonjak seiring pemulihan ekonomi sementara aset-aset di FTX disortir selama dua tahun terakhir. Satu bitcoin pada hari Selasa dijual dengan harga hampir USD 62.675. 

Hasilnya adalah kerugian sebesar 290%, sedikit lebih kecil dibandingkan jika bunga yang masih harus dibayar dihitung, jika para investor tersebut memegang koin-koin tersebut.

Pelanggan dan kreditor yang mengklaim USD 50.000 atau kurang akan mendapatkan sekitar 118% dari klaim mereka, sesuai dengan rencana, yang diajukan ke Pengadilan Kebangkrutan AS untuk Distrik Delaware. Ini mencakup sekitar 98% pelanggan FTX.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini