Sukses

Studi: Harga Bitcoin Punya Potensi Kembali Cetak Rekor Tertinggi

CCData dalam laporan studinya mengungkapkan bahwa harga BTC berpotensi mencapai ketinggian baru.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin (BTC) belum mencapai puncak siklus apresiasinya saat ini dan diprediksi akan melewati titik tertingginya tahun ini. Hal itu diungkapkan dalam laporan studi yang dirilis oleh perusahaan data dan riset, CCData.

Pada Maret 2024, harga Bitcoin sempat mencapai titik tertinggi sepanjang masa di atas USD 73.700 per koin kemudian menurun ke kisaran antara USD 59.000 per koin hingga USD 72.000 per koin.

Melansir CNBC International, Kamis (4/7/2024) rekor kenaikan harga Bitcoin pada Maret sebagian besar didorong oleh persetujuan dan peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa atau ETF, di AS pada bulan Januari.

Menurut CCData, ETF BCT ini telah menarik arus masuk bersih hingga saat ini sekitar USD 14,41 miliar.

CCData menyoroti, siklus Bitcoin mengacu pada periode di mana mata uang digital itu naik ke rekor tertinggi baru, lalu turun lagi dan memasuki pasar bearish atau "musim dingin kripto".

Siklus ini salah satunya cenderung mengikuti pola yang sama. Hal itu berpusat pada peristiwa yang disebut halving, di mana imbalan bagi para penambang dipotong setengahnya, sehingga mengurangi pasokan Bitcoin ke pasar.

Dengan perdagangan Bitcoin berada dalam kisaran di bawah titik tertingginya, banyak yang mempertanyakan apakah mata uang kripto tersebut telah mencapai puncak siklus saat ini.

Laporan CCData, yang meneliti pergerakan harga Bitcoin secara historis, menunjukkan bahwa harga BTC berpotensi mencapai ketinggian baru.

CCData mengatakan bahwa tren historis menunjukkan peristiwa halving selalu mendahului periode ekspansi harga yang dapat berlangsung antara 366 hari hingga 548 hari.

"Sebelum menghasilkan siklus puncak, dengan masing-masing halving mengalami siklus yang lebih panjang dibandingkan siklus sebelumnya, karena jatuh tempo kelas aset dan penurunan volatilitas," bebernya.

Halving Bitcoin terakhir terjadi pada 19 April tahun ini, sehingga jangka waktu historis tersebut belum terlewati.

"Selain itu, kami telah mengamati penurunan aktivitas perdagangan di bursa terpusat selama hampir dua bulan setelah peristiwa halving pada siklus sebelumnya, yang tampaknya mencerminkan siklus ini. Hal ini menunjukkan bahwa siklus saat ini dapat meluas hingga tahun 2025," ungkap CCData.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Bitcoin Diramal Kembali Naik ke Level Tertinggi Sebelum Akhir 2024

Para analis CCData mengakui bahwa pengaruh institusi yang berpartisipasi dalam industri dalam siklus saat ini telah mengubah tren sebelumnya, dan menambahkan bahwa aktivitas perdagangan yang rendah kemungkinan akan terjadi pada kuartal ketiga, yang pada gilirannya dapat menunjukkan aksi harga yang lebih sideways. .

"Namun, data dan tren sebelumnya cukup kuat untuk menunjukkan bahwa aksi harga sideways hanya bersifat sementara, dan kita kemungkinan akan menembus level tertinggi sepanjang masa sebelumnya sekali lagi sebelum akhir tahun," kata CCData.

Laporan CCData juga mengatakan bahwa peluncuran ETF Ethereum yang akan datang di AS dan produk serupa lainnya di seluruh dunia "akan membawa lebih banyak modal, likuiditas, dan permintaan ke kelas aset."

 

3 dari 3 halaman

Siklus Pasar Capai Puncak 12-18 Bulan Setelah Halving

CCData menyoroti poin data historis penting lainnya untuk mendukung analisanya. Perusahaan data itu mengatakan bahwa apresiasi harga Bitcoin terjadi dalam waktu singkat.

Misalnya, pada siklus tahun 2012, 91,4% dari keseluruhan kenaikan harga Bitcoin dari separuhnya ke rekor tertinggi terjadi dalam empat bulan sebelum puncak siklus.

Pangsa kenaikan harga ini adalah sebesar 78,8% dan 71,5% dalam empat bulan sebelum mencapai rekor tertinggi pada siklus 2016 dan 2020.

"Ekspansi parabola seperti itu belum terjadi pada siklus saat ini," kata CCData.

"Secara historis, siklus pasar mencapai puncaknya 12 hingga 18 bulan setelah Bitcoin Halving, yang terakhir terjadi pada bulan April tahun ini. Kami juga belum melihat volatilitas mencapai puncak tertinggi sebelumnya. Terakhir, puncak siklus pasar sebelumnya bertepatan dengan rangkaian tertinggi sepanjang masa – lebih dari 10 hingga 20 tertinggi baru yang ditetapkan dalam jangka waktu 30 hari," kata homas Perfumo, kepala strategi di bursa mata uang kripto Kraken.

"Kami belum memicu sinyal-sinyal ini," tambah Perfumo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.