Sukses

Donald Trump Mau Jadikan AS Pusat Penambangan Kripto

Trump tengah aktif mendorong peningkatan industri kripto dalam kampanyenya di Pilpres AS 2024.

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden Amerika Serikat 2024, Donald Trump mengungkapkan salah satu alasannya mendukung industri kripto. 

Seperti diketahui, Trump tengah aktif mendorong peningkatan industri kripto dalam kampanyenya di Pilpres AS 2024. Ia menargetkan agar penambangan kripto marak dilakukan di AS.

"Jika kita tidak melakukan hal ini, China akan mengambil alih dan memilikinya, atau negara lain, tapi kemungkinan besar adalah China . China sangat tertarik dengan hal ini. Ini luar biasa," ujar Trump, dikutip dari News.bitcoin.com, Jumat (19/7/2024).

"Sekarang, jika saya mengesampingkannya, (kemajuan kripto) hal ini akan terjadi di negara lain, kemungkinan besar adalah China dan negara-negara yang cukup maju dalam bidang tersebut. Jadi Anda harus melihatnya: apa yang saya inginkan, sekali lagi, adalah apa yang baik bagi negara (AS)," ucap Trump, dalam sebuah wawancara dengan outlet media Bloomberg.

Mantan Presiden AS sekaligus miliarder itu lebih lanjut membahas koleksi non-fungible token (NFT) miliknya. Dia menjelaskan, dengan tiga koleksi NFT miliknya, sebagian besar pembayarannya menggunakan mata uang kripto.

"Saya perhatikan bahwa 80% uang itu dibayarkan dalam bentuk kripto. Itu luar biasa," beber Trump, seraya menambahkan bahwa NFT-nya sangat sukses.

Dia juga mengatakan, "Kami punya waktu satu tahun untuk menjualnya, dan terjual habis dalam satu hari. Semuanya terjual habis: 45.000 kartu. Dan saya melakukannya tiga kali".

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gandeng JD Vance, Donald Trump Pilih Calon Wakil Presiden Pro Kripto

Mantan presiden AS Donald Trump mengumumkan Senator Ohio JD Vance sebagai calon wakil presiden dan Wakil Presiden yang dipilihnya untuk pemilu November mendatang.

Menjelang keputusan tersebut, para pedagang di situs taruhan kripto Polymarket mengatakan ada kemungkinan 70% Vance memenangkan nominasi Wakil Presiden.

JD Vance adalah senator pro-kripto terkemuka yang telah menyatakan lebih dari USD 100.000 kepemilikan kripto pada formulir pengungkapan keuangannya.

Dikombinasikan dengan Trump, yang baru-baru ini menganut pandangan pro-kripto dalam siklus pemilu ini, kubu Partai Republik kemungkinan akan mendorong kebijakan pro-bitcoin yang akan memudahkan industri untuk berinovasi di AS daripada mencari yurisdiksi yang lebih ramah di luar negeri.

Terkait hal ini, peneliti Blockchain di Amberdata, Pat Doyle mengatakan Trump secara konsisten dipandang sebagai kandidat yang mendukung kripto.

“Respon pasar terhadap upaya pembunuhan yang gagal baru-baru ini menggarisbawahi kepercayaan investor yang kuat terhadap prospek Trump untuk memenangkan pemilu mendatang,” kata Doyle dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (17/7/2024).

Vance adalah salah satu kandidat yang paling pro-bitcoin dalam pemungutan suara musim gugur ini. Baru-baru ini, pemodal ventura menyusun rancangan undang-undang untuk merombak peraturan kripto AS yang akan mengubah cara AS mengatur aset digital. 

Vance juga merupakan anggota Komite Perbankan Senat yang berpengaruh, yang sebelumnya telah meninjau proposal terkait industri aset digital. Nominasi Vance dinilai sebagai sentimen positif untuk kripto oleh para analis.

3 dari 3 halaman

Kampanye Pilpres AS 2024, Partai Donald Trump Bikin Platform Inovasi Kripto

Partai Republik yang dipimpin oleh mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah secara resmi mengadopsi platform untuk mendukung inovasi mata uang kripto.

Kabar mengenai pembentukan platform tersebut beredar dalam bentuk dokumen yang dirilis oleh Komite Nasional Partai Republik AS.

Melansir Coindesk, Rabu (10/7/2024), platform ini dimaksudkan untuk memaparkan prioritas partai ketika Trump dan calon anggota Kongres dari Partai Republik akan mencalonkan diri pada pemilu AS bulan November mendatang.

Langkah tersebut sekaligus menunjukkan peningkatan minat Trump dan politisi Partai Republik lainnya terhadap aset digital.

“Partai Republik akan mengakhiri tindakan keras terhadap kripto yang melanggar hukum dan tidak Amerika serta menentang penciptaan Mata Uang Digital Bank Sentral,” menurut dokumen tersebut.

“Kami akan membela hak untuk menambang Bitcoin, dan memastikan setiap orang Amerika memiliki hak untuk menjaga sendiri Aset Digital mereka, dan bertransaksi bebas dari Pengawasan dan Kontrol Pemerintah,” jelasnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, Trump mengubah kecurigaannya terhadap mata uang kripto menjadi dukungan yang kuat.

Dia juga memiliki pengalaman pribadi dengan aset digital, setelah meluncurkan beberapa set token non-fungible (NFT) bermerek miliknya sendiri.

Kampanye Trump dan komite aksi politik yang berafiliasi juga menerima sumbangan kripto.

Pengumuman platform baru komite mencantumkan 20 "janji" kebijakan utamanya tanpa menyertakan item kripto, namun aset digital muncul di bagian ekonomi di bawah inisiatif inovasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.