Sukses

Harga Kripto Hari Ini 21 Juli 2024: Bitcoin Cs Kompak Meroket

Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada Minggu (21/7/2024). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau masih berada di zona hijau.

Liputan6.com, Jakarta Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada Minggu (21/7/2024). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau masih berada di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat. Bitcoin naik 3,77 persen dalam 24 jam dan 13,46 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 66.585 atau setara Rp 1,07 miliar (asumsi kurs Rp 16.213 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) masih menguat. ETH naik 2,59 persen sehari terakhir dan 10,59 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 56,66juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 3,33 persen dan 10,34 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 9,60 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) kembali berada di zona hijau. ADA naik 2,97 persen dalam 24 jam terakhir dan 2,72 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 7.021 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali menguat. SOL naik 3,51 persen dalam sehari dan 20,29 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 2,73 juta per koin. 

XRP terpantau kembali berada di zona hijau. XRP terbang 6,70 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat 15,53 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 9.615 per koin. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Koin Meme Dogecoin

Koin Meme Dogecoin (DOGE) kembali perkasa. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 5,99 persen dan 14,95 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 2.050 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 2,42 triliun atau setara Rp 39.235 triliun, menguat sekitar 3,36 persen dalam sehari terakhir

 

3 dari 4 halaman

Harga Bitcoin Terbang Tembus Rp 1,07 Miliar di Tengah Gangguan IT Global

Harga Bitcoin kini berada pada kisaran USD 66.000 atau sekitar Rp 1,07 miliar (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 16.216) pulih dengan cepat dari penurunan baru-baru ini ke level terendah dalam enam bulan di USD 53.500 pada 5 Juli 2024.

Saat ini, menarik diperhatikan Bitcoin akan menguji ulang level tertinggi sepanjang masa di USD 73.700 yang dicapai pada Maret 2024. Kebangkitan ini terjadi ketika maskapai penerbangan besar, fasilitas medis, perusahaan, dan kepolisian di seluruh dunia bergulat dengan gangguan teknologi informasi atau gangguan IT besar-besaran yang berdampak pada layanan komputasi awan Microsoft.

Dari sini, dapat ditarik kesimpulan harga Bitcoin tidak terpengaruh oleh pemadaman IT global itu. Perusahaan keamanan siber CrowdStrike menjelaskan penyebab pemadaman tersebut dan mengaitkannya dengan pembaruan perangkat lunak rutin yang tidak berfungsi.

Untuk meyakinkan masyarakat, CrowdStrike menegaskan insiden tersebut bukanlah pelanggaran keamanan atau serangan siber. Perusahaan kemudian dengan cepat mengeluarkan pembaruan perangkat lunak baru yang secara otomatis memperbaiki beberapa komputer yang terkena dampak.

 

4 dari 4 halaman

Reboot dan Patching

Namun, beberapa sistem memerlukan reboot dan patching secara manual, sehingga mengakibatkan penundaan yang signifikan. Microsoft, pada bagiannya, mengumumkan pemulihan aplikasi dan layanan 365 pada Jumat malam, meskipun beberapa pelanggan individu mungkin masih mengalami dampak sisa.

Menariknya, di tengah kekacauan yang disebabkan oleh pemadaman TI, harga mata uang kripto tetap tidak terpengaruh, sehingga menarik perhatian Senator AS Cynthia Lummis.

Dikenal karena pendiriannya yang pro-kripto dan Bitcoin, Senator Lummis menggunakan platform media sosial X (sebelumnya Twitter) untuk menyoroti ketahanan harga Bitcoin di tengah meluasnya gangguan dunia maya, dengan menyatakan, "tahukah Anda bentuk mata uang apa yang tidak terpengaruh oleh pemadaman siber yang meluas? Bitcoin,".

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.