Sukses

Harga Bitcoin Bakal Melonjak hingga 2050, Ini Pendorongnya

Manajer Aset VanEck, penerbit ETF bitcoin spot dan ether menilai bitcoin akan menjadi bagian dari sistem moneter internasional dalam beberapa dekade ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Aset VanEck, penerbit ETF bitcoin spot dan ether prediksi, harga bitcoin (BTC) dapat menyentuh USD 2,9 juta atau sekitar Rp 47,22 miliar (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah 16.285) pada 2050. Namun, harga BTC itu dapat tercapai usai melewati sejumlah tantangan.

Mengutip Yahoo Finance, ditulis Senin (29/7/2024), berdasarkan asumsi VanEck dalam laporan Rabu pekan lalu, bitcoin akan menjadi bagian penting dari sistem moneter internasional dalam beberapa dekade mendatang. Hal ini karena meningkatnya ketegangan geopolitik dan biaya  pembayaran utang yang membengkak mengikis sistem saat ini.

"Saat kita melihat dunia saat ini, kita melihat ketidakseimbangan ekonomi yang sangat besar, meningkatnya ketidakpercayaan pada lembaga yang ada dan deglobalisasi yang berkelanjutan," ujar Head of Digital Asset Research Van Eck, Matthew Sigel seperti dikutip dari Yahoo Finance.

Ia menambahkan, pihaknya memandang banyak dari distorsi ini berasal dari salah alokasi modal yang sangat besar sejak krisis keuangan global. "Pemerintah (negara-red) G7 telah menyalahgunakan mesin cetak, habiskan uang pinjaman untuk tujuan yang mustahil," ujar Sigel.

Sigel menilai, bitcoin adalah lindung nilai utama terhadap meningkatnya kecerobohan fiskal ini.

Pada skenario dasar laporan itu,bitcoin akan menjadi media pertukaran utama dalam perdagangan lokal dan global yang mewakili 10 persen perdagangan internasional dan lima persen produk domestik bruto (PDB).

Sementara itu, bitcoin juga akan memperoleh keuntungan sebagai aset cadangan global dengan mengorbankan empat mata uang asing cadangan terbesar antara lain dolar AS, euro, pound Inggris dan yen Jepang yang mencapai bobot 2,5 persen dalam cadangan mata uang internasional.

Jika semuanya berjalan sesuai prediksi VanEck, harga bitcoin akan meningkat nilainya sebanyak 44 kali lipat, naik 16 persen per tahun dari harga di bawah USD 65.000. Kapitalisasi pasar akan melonjak hingga USD 61 triliun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Potensi Risiko

VanEck juga memperingatkan tentang potensi risiko pada masa mendatang yang dapat menghambat ekspansi bitcoin.

Peningkatan permintaan energi oleh penambang akan membutuhkan inovasi, sementara pendapatan dari pemrosesan transaksi harus tumbuh secara dramatis untuk menggantikan imbalan penambangan yang semakin berkurang (yang dipotong setengah setiap empat tahun melalui pengurangan separuh) untuk memberi insentif kepada penambang agar mempertahankan jaringan. Upaya bersama oleh pemerintah di seluruh dunia untuk membatasi atau melarang bitcoin juga merupakan ancaman.

Risiko lebih lanjut yang disoroti dalam laporan tersebut meliputi persaingan dari kripto lain dan lembaga keuangan besar yang menerapkan terlalu banyak kontrol.

3 dari 4 halaman

Bitcoin Bentuk Pola Gelombang Bullish, Analis Ramal Bisa Tembus USD 85.000

Sebelumnya, harga Bitcoin membentuk pola gelombang bullish dan mampu bertahan di dekat titik tertinggi sepanjang masa yang dicetak pada 2021. Pelaku pasar banyak berharap harga Bitcoin bisa menyentuh level USD 85.000 per koin.

Pedagang kripto dengan nama samaran Jelle dalam posting X menyatakan bahwa Bitcoin telah membentuk gelombang penurunan yang melebar dan masif, tepat di sekitar titik tertinggi dari siklus yang telah dicetak sebelumnya.

Berdasarkan analisis teknikalnya, terdapat pola pembalikan dimana harga Bitcoin akan turun ke level USD 68.011. Kemudian harga akan membentuk serangkaian titik tertinggi yang lebih rendah dan titik terendah yang lebih rendah. Kemudian celah yang melebar saat turun yang akan menjadi arah pembalikan dalam tren naik.

"Harga akan terus melambung. Target pertama adalah USD 85.000,” tulis dia dikutip dari cointelegraph, Minggu (28/7/2024).

Angka ini sekitar 15% di atas titik tertinggi sepanjang masa yang pernah Bitcoin cetak saat ini di USD 73.679. Harga tertinggi ini sudah dicapai pada Maret kemarin.

Data CoinMarketCap, Bitcoin saat ini diperdagangkan pada harga USD 67.908, naik 2,61% sejak 26 Juli.

Pergerakan ke USD 85.000 akan mewakili kenaikan harga BTC sekitar 25%. Ini sama seperti Bitcoin bangkit kembali dari penurunan di bawah level kritis, pulih dari USD 55.854 pada Juli dan kembali ke USD 68.181.

Level kritis berikutnya bagi para pedagang Bitcoin adalah mencapai USD 69.000, tertinggi sepanjang masa sebelumnya yang dicapai pada November 2021.

“Kita masih dalam kisaran yang lebih besar dan yang terbaik adalah berasumsi bahwa kita dapat menemukan resistensi semakin dekat kita mencapai level USD 72.000,” tambah pedagang kripto anonim Emperor.

 

4 dari 4 halaman

Menunggu Pernyataan Donald Trump

Spekulasi ini muncul setelah Cointelegraph baru-baru ini melaporkan bahwa Bitcoin telah memulihkan sebagian besar kerugiannya sejak 25 Juli karena para pedagang menunggu untuk melihat apa yang terjadi ketika mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump naik panggung di konferensi Bitcoin 2024 di Nashville, Tennessee.

"Tidak seorang pun ingin membuang Bitcoin hingga akhir pekan," tulis CEO 10x Research Markus Thielen dalam catatan analis pada 25 Juli.

Thielen menjelaskan bahwa ada harapan tinggi bahwa Trump akan mengumumkan rencana untuk cadangan strategis Bitcoin di Konferensi Bitcoin pada 27 Juli jika ia terpilih sebagai presiden AS pada bulan November.

Thielen yakin para pedagang masa depan menunda mengambil posisi pendek pada Bitcoin karena mereka khawatir harganya akan melonjak.

"Karena jika Trump mengumumkan cadangan strategis, Bitcoin akan naik lebih tinggi," kata Thielen kepada Cointelegraph.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini