Sukses

Sinyal Bullish Bitcoin Terus Menguat, Analis Minta Investor Waspadai Sentimen Ini

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur menuturkan, janji-janji calon Presiden AS Donald Trump telah mendorong tanggapan optimistis dari para trader dan investor terhadap harga bitcoin (BTC).

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kripto sedang melonjak, dengan harga Bitcoin naik lebih dari 1%, mencapai USD 69.500 atau setara Rp 1,13 miliar (asumsi kurs Rp 16.303 per dolar AS) pada Senin, 29 Juli 2024. Lonjakan ini terjadi setelah akhir pekan yang dramatis dari pidato mantan Presiden AS, Donald Trump di Bitcoin Conference 2024. 

Meskipun begitu, pada Selasa pagi harga Bitcoin kembali terkoreksi tipis yaitu di kisaran USD 67.200 atau setara Rp 1,09 miliar. 

Trump menggunakan Bitcoin sebagai narasi utamanya dalam pidato di konferensi yang diadakan di Nashville itu. Ia menjanjikan kepada para pemilihnya untuk menjadikan Amerika Serikat sebagai ibu kota kripto dunia.

Ia juga akan melakukannya dengan menciptakan cadangan BTC nasional dan, pada gilirannya menjadikan mata uang kripto tersebut sebagai aset nasional permanen. 

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur mengatakan, janji-janji Donald Trump telah memicu tanggapan optimistis dari para trader dan investor, dengan beberapa memperkirakan harga BTC akan tumbuh sepuluh kali lipat di masa mendatang. 

"Alhasil pada awal pekan ini, volume perdagangan BTC kembali melonjak naik di atas level USD 69.000,” kata Fyqieh dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (30/7/2024). 

Sinyal Bullish

Fyqieh menambahkan, sinyal bullish BTC diprediksi terus menguat terlebih pasar kripto menantikan peristiwa penting pekan ini, mulai dari keputusan suku bunga FOMC, konferensi pers Jerome Powell, dan data pekerjaan AS, yang dapat memengaruhi rencana penurunan suku bunga AS. 

Pasar kripto akan memantau dengan saksama rapat FOMC mendatang, sambil mengharapkan isyarat tentang rencana pemangkasan suku bunga The Fed. 

"Meskipun pasar memperkirakan bank sentral akan mempertahankan suku bunga kebijakannya dalam pertemuan mendatang, ekspektasi untuk tiga pemangkasan suku bunga pada tahun 2024 telah meningkat,” jelas Fyqieh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sentimen The Fed

Sementara itu, menurut CME FedWatch Tool, ada peluang 89% Fed akan mengumumkan pemangkasan suku bunga sebesar 25 bps pada September. Selain itu, taruhan untuk pemangkasan tambahan pada November dan Desember meningkat, didorong oleh data inflasi yang menurun baru-baru ini . 

Selain itu, pidato Ketua The Fed, Jerome Powell juga akan menjadi sangat penting. Komentar yang bersifat dovish dapat memicu reli, sementara komentar yang bersifat hawkish dapat meredam sentimen pasar. 

Para penggemar pasar kripto dan sektor keuangan yang lebih luas akan memperhatikan dengan saksama, karena wawasan Powell dapat memengaruhi dinamika pasar secara signifikan. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

3 dari 4 halaman

Janji Donald Trump untuk Bitcoin Jika Terpilih Kembali Jadi Presiden AS

Sebelumnya, Donald Trump menjadi pembicara dalam konvensi Bitcoin 2024 di Nashville, pada Sabtu, 27 Juli 2024. Dalam acara tersebut Trump memberikan sejumlah janji terhadap industri kripto khususnya Bitcoin jika Trump kembali terpilih sebagai presiden AS pada pemilu November mendatang.

Melansir dari Forbes, Selasa (30/7/2024), berikut janji Donald Trump untuk Bitcoin jika dirinya kembali terpilih lagi sebagai presiden AS:

Memecat Ketua SEC, Gary Gensler

Selama tiga tahun terakhir, Gary Gensler telah menggunakan kekuasaannya di Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) untuk membingungkan investor, menghalangi inovasi, dan menyerang pelaku yang beritikad baik. Gensler selalu menindak perusahaan kripto yang menghambat inovasi industri kripto.

Trump mengatakan akan memecat Gensler jika terpilih sebagai presiden AS. Setelah Trump mengumumkan hal tersebut, para penonton yang hadir di konferensi tersebut melakukan sorak sorai.

Membentuk Dewan Penasihat Bitcoin untuk Presiden

Seperti yang terlihat jelas selama pidato utama, Trump masih harus banyak belajar tentang bitcoin. Ia bersikap sangat hormat pada poin ini alih-alih berpura-pura tahu lebih banyak daripada yang sebenarnya ia ketahui.

Trump mengakui keahlian audiens dan berjanji untuk melibatkan mereka yang memiliki kepentingan dalam industri tersebut dalam pembuatan kebijakan bitcoin.

Aset digital akan memainkan peran yang semakin penting dalam ekonomi AS, menyentuh segala hal mulai dari produksi energi hingga kebijakan moneter hingga proyeksi daya. Kepala eksekutif tentu akan mendapat manfaat dari dewan penasihat yang dapat membantu memikirkan isu-isu rumit ini.

 

4 dari 4 halaman

Pemerintah AS Akan Simpan Bitcoin

Saat ini, pemerintah federal diperkirakan memiliki lebih dari 200.000 bitcoin yang diperolehnya selama berbagai operasi penegakan hukum. Beberapa kali di masa lalu, pemerintah federal telah menjual bitcoin yang diperoleh dengan cara ini di pelelangan.

Presiden Trump telah berjanji untuk menyimpan bitcoin ini sebagai bagian dari persediaan bitcoin strategis baru. Kontingen vokal anggota parlemen yang pro-bitcoin, yang dipimpin oleh Senator AS Cynthia Lummis, mulai bersatu, dengan total empat Senator AS dan tiga kandidat Senat yang berbicara di konferensi tersebut.

Lummis mengumumkan proposal untuk"mendongkrak dolar AS dengan membuat program di mana pemerintah federal akan memperoleh satu juta bitcoin.

Jadikan AS Pusat Kripto

Trump memposisikan dirinya sebagai kandidat pro-mata uang kripto menjelang pemilihan presiden 5 November, dengan mengatakan ia akan menjadikan AS sebagai pemimpin mata uang kripto dunia dan menerima peraturan yang lebih bersahabat.

"Jika kita tidak menerima teknologi kripto dan bitcoin, China akan melakukannya, negara lain akan melakukannya. Mereka akan mendominasi, dan kita tidak bisa membiarkan China mendominasi. Mereka telah membuat terlalu banyak kemajuan," kata Trump dalam konferensi tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.