Sukses

Nilai Pasar Kripto Stablecoin Meningkat Rp 24,8 Triliun

Token kripto yang dipatok pada mata uang fiat mencatatkan sekitar USD 55,37 miliar volume dalam perdagangan.

Liputan6.com, Jakarta - Selama tujuh hari terakhir, nilai pasar stablecoin tumbuh dari USD 163,16 miliar atau setara Rp 2.664 triliun (asumsi kurs Rp 16.333 per dolar AS).

Dilansir dari Bitcoin.com, Rabu (31/7/2024), token kripto yang dipatok pada mata uang fiat mencatatkan sekitar USD 55,37 miliar volume dalam perdagangan. 

Dengan pertumbuhan USD 1,52 miliar atau setara Rp 24,8 triliun, sebagian besar peningkatan berasal dari tether (USDT) yang merupakan aset stablecoin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar.

Selama tujuh hari, valuasi pasar USDT secara keseluruhan tumbuh sebesar USD 1,2 miliar dan para pesaingnya mengalami pertumbuhan sebesar USD 320 juta. 

Namun, hal itu lebih seperti pesaing tunggal, karena sekitar USD 300 juta berasal dari koin USD Circle (USDC) karena valuasi pasarnya naik dari kapitalisasi pasar sekitar USD 33,81 miliar pada 17 Juli menjadi USD 34,11 miliar saat ini. 

USDT dan USDC mencatat sebagian besar volume transfer stablecoin selain DAI dan USDB, menurut data artemis.xyz.

Lonjakan terbaru dalam kapitalisasi pasar stablecoin menggarisbawahi meningkatnya ketergantungan pada aset digital yang dipatok pada mata uang fiat, khususnya selama penurunan. 

Hal ini karena tether (USDT) dan usd coin (USDC) memimpin, tren ini semakin menyoroti meningkatnya integrasi stablecoin dalam aktivitas perdagangan harian dan sentimen. Momentum ini mungkin menandakan pertumbuhan lebih lanjut setelah berminggu-minggu pertumbuhan stagnan di seluruh ekonomi stablecoin.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Donald Trump Siap Bersaing Dengan China Jadikan AS Pusat Kripto

Sebelumnya, Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan dalam konferensi bitcoin pada Sabtu AS harus mendominasi sektor kripto atau China akan melakukannya. 

Ini merupakan langkah terbarunya untuk menarik para pendukung mata uang kripto, yang telah dibatasi oleh Beijing dan yang pernah ia sebut sebagai penipuan.

Berbicara di konvensi Bitcoin 2024 di Nashville, Trump memposisikan dirinya sebagai kandidat pro-mata uang kripto menjelang pemilihan presiden 5 November, dengan mengatakan ia akan menjadikan Amerika Serikat sebagai pemimpin mata uang kripto dunia dan menerima peraturan yang lebih bersahabat.

Partai Republik telah menjanjikan peraturan yang lebih ringan untuk mata uang kripto, dan Trump telah mengecam upaya Demokrat untuk mengatur sektor tersebut.

"Jika kita tidak menerima teknologi kripto dan bitcoin, China akan melakukannya, negara lain akan melakukannya. Mereka akan mendominasi, dan kita tidak bisa membiarkan China mendominasi. Mereka telah membuat terlalu banyak kemajuan," kata Trump dalam konferensi tersebut, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (31/7/2024).

China telah menindak mata uang kripto dan ada kontrol ketat terhadap pergerakan modal melintasi perbatasannya.

Namun, orang-orang di sana masih dapat memperdagangkan token seperti bitcoin di bursa kripto, dan investor Tiongkok juga dapat membuka rekening bank di luar negeri untuk membeli aset kripto.

 

3 dari 3 halaman

Bentuk Dewan Penasihat Kripto

Trump mengatakan ia akan membentuk dewan penasihat presiden kripto dan membuat cadangan bitcoin nasional menggunakan mata uang kripto yang saat ini dimiliki pemerintah AS yang sebagian besar disita dalam tindakan penegakan hukum.

"Jangan pernah menjual bitcoin Anda. Jika saya terpilih, kebijakan pemerintahan saya, Amerika Serikat, adalah menyimpan 100% dari semua bitcoin yang saat ini dimiliki atau diperoleh pemerintah AS di masa mendatang," katanya.

Trump menambahkan ingin melihat perluasan penambangan bitcoin oleh perusahaan-perusahaan AS, meskipun ia menyebut mata uang kripto sebagai penipuan pada 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.