Sukses

Bos Coinbase Pede AS Bakal Ramah ke Kripto Usai Pilpres 2024

Pemerintah AS yang baru diperkirakan bersikap konstruktif terhadap kripto terlepas dari partai mana yang menang Pilpres AS 2024.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Coinbase, Brian Armstrong mengungkapkan industri kripto akan berjalan dengan baik setelah pergantian pemerintahan baru di Amerika Serikat (AS).

Armstrong menyebut, pemerintah AS yang baru diperkirakan akan bersikap konstruktif terhadap kripto terlepas dari partai mana yang menang Pilpres AS 2024.

"Pendukung (kripto) menyuarakan pendapat mereka sebagai blok pemilih yang penting. Politisi di kedua kubu telah memperhatikan, dan ada momentum yang semakin meningkat untuk meloloskan undang-undang kripto yang komprehensif," kata Armstrong kepada para analis, dikutip dari Channel News Asia, Senin (5/8/2024).

Sektor kripto yang sangat fluktuatif dipandang sebagai industri yang berisiko dan telah menarik perhatian dari Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (AS).

Namun, dukungan dari lembaga-lembaga Wall Street dan raksasa perusahaan seperti Elon Musk dan persetujuan dana kripto yang diperdagangkan di bursa AS telah meningkatkan daya tarik utamanya. Partai Republik dan Demokrat juga telah mengakui pengaruh industri kripto yang semakin meningkat dalam beberapa minggu terakhir.

Tiga komite aksi politik super pro-kripto, yakni Fairshake, Defend American Jobs, dan Protect Progress telah mengumpulkan lebih dari USD 230 juta untuk mendukung capres yang bersahabat.

Kampanye itu menggerakkan jarum untuk kedua belah pihak. Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump berjanji untuk membuat "stok" bitcoin minggu lalu.

Penasihat wakil presiden Demokrat Kamala Harris juga telah menghubungi perusahaan kripto terkemuka untuk "mengatur ulang" hubungan dengan industri, menurut laporan Financial Times.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Donald Trump Bawa Angin Segar ke Industri Kripto Jika Menang Pilpres AS?

Dan Coatsworth, analis investasi di AJ Bell mengatakan "Donald Trump pro-kripto yang secara teoritis menciptakan angin segar bagi industri jika dia menang".

"Kami belum mengetahui posisi Kamala Harris tetapi ada laporan bahwa dia bisa mengambil sikap yang lebih lunak... daripada Joe Biden," sebutnya.

Adaun Mike Colonnese, seorang analis di pialang H.C. Wainwright & Co, mengatakan perubahan regulasi "berpotensi membawa gelombang baru modal institusional ke dalam ruang yang jika tidak demikian akan dikesampingkan".

3 dari 4 halaman

FBI Wanti-Wanti Waspada Beli Kripto dari Bursa, Kenapa?

Sebelumnya, Federal Bureau of Investigation (FBI) mengingatkan masyarakat dunia agar berhati-hati membeli kripto dari bursa. Lantaran, rawan menjadi sasraan penipu.

Dikutip dari laman Forbes.com, modus dalam penipuan bursa mata uang kripto sangat sederhana. Biasanya penipuan dilakukan melalui panggilan atau pesan singkat yang tak terduga dari staf bursa yang seharusnya memperingatkan konsumen ada masalah dengan akun, yang menunjukkan bahwa pencurian atau penipuan mungkin sedang berlangsung.

Kemudian biasanya konsumen diminta mengakses detail login atau tautan login yang disediakan. Melalui modus itulah biasanya disalah gunakan untuk menipu.

Meskipun tidak ada detail yang dirilis mengenai kampanye tertentu, ini hanyalah kampanye rekayasa sosial terbaru yang memainkan permainan angka yang menakutkan.

FBI berharap sebagian besar dari masyarakat dunia tidak akan pernah mengungkapkan detail login pada panggilan semacam itu. Ingat, bank dan bursa tidak akan pernah meminta kode keamanan. Melainkan, anda akan selalu diminta untuk login dengan cara biasa.

Dengan mengingat hal itu, jika Anda menerima panggilan dari bursa—atau lembaga keuangan lainnya, selalu anggap penelepon tersebut adalah penipu kecuali mereka dapat mengidentifikasi diri mereka sendiri tanpa keraguan yang wajar.

Untuk terhindar dari penipuan tersebut, anda dapat mencoba menelepon kembali menggunakan nomor kontak bank atau bursa terkait untuk memastikan apakah link yang diberikan asli atau palsu.

4 dari 4 halaman

60% Investor Kripto di Amerika Serikat Tak Paham Blockchain

Sebelumnya, berdasarkan temuan dari studi Preply, sekitar 40% investor kripto Gen Z di Amerika Serikat (AS) kurang percaya diri terhadap pengetahuan tentang kripto.

Dikutip dari laman Bitcoin.com, Senin (27/5/2024), kurangnya rasa percaya diri ini bahkan lebih terasa di kalangan milenial (35%) dan Gen X (32%). Studi tersebut juga mengungkapkan, 60% investor kripto AS "tidak tahu apa itu blockchain.”

Meskipun demikian, data menunjukkan 27% dari mereka yang belum pernah berinvestasi dalam kripto dan menyatakan minatnya untuk mengambil kelas untuk mempelajari lebih lanjut.

Jika dikelompokkan berdasarkan gender, penelitian ini menemukan 54% pria dan 53% wanita yang disurvei tertarik untuk belajar lebih banyak terkait kripto. Dalam hal minat generasi, Gen X memiliki proporsi individu tertinggi (57%) yang ingin belajar lebih banyak.

Gen Z, dengan 41% menyatakan minatnya untuk belajar tentang kripto, memiliki proporsi individu yang paling rendah yang mau belajar. Studi ini juga menemukan minat terhadap aset digital selain kripto bervariasi dari generasi ke generasi.

Misalnya, 12% generasi milenial yang disurvei melaporkan pernah berinvestasi pada token non-fungible (NFT), dibandingkan dengan hanya 4% generasi Baby Boomer.

Mengomentari temuan terkait minat investor kripto terhadap NFT dan metaverse, laporan survei menyatakan: “Hanya 42% responden survei menyatakan keyakinannya terhadap pemahaman mereka tentang NFT dan metaverse. Ini menunjukkan peluang untuk mengedukasi masyarakat tentang topik ini.

Hal ini juga dapat menjelaskan mengapa hanya 11% yang tertarik untuk berinvestasi di NFT, sementara 32% yang jauh lebih besar ingin bergabung dengan metaverse. Namun, laporan tersebut mencatat penduduk AS yang telah berinvestasi di NFT juga cenderung berinvestasi di kripto, menunjukkan ini mungkin merupakan langkah pertama untuk mengeksplorasi aset digital lainnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.