Sukses

Harga Kripto Hari Ini 14 Agustus 2024: Bitcoin Kembali ke Level USD 60.000

Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada Rabu (14/8/2024). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau masih berada di zona hijau.

Liputan6.com, Jakarta Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada Rabu (14/8/2024). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau masih berada di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) masih menguat. Bitcoin naik 2,17 persen dalam 24 jam dan 7,35 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 60.554 per atau setara Rp 954 juta (asumsi kurs Rp 15.756 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) turut menguat. ETH naik 0,05 persen sehari terakhir dan 9,12 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 42,6 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat 1,58 persen dan 7,41 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 8,26 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) masih berada di zona hijau. ADA terbang 1,20 persen dalam 24 jam terakhir dan 2,50 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.363 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga menguat. SOL naik 1,55 persen dalam sehari dan 1,21 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 2,31 juta per koin. 

XRP terpantau masih berada di zona hijau. XRP naik 1,80 persen dalam 24 jam dan 13,60 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 9.095 per koin. 

Kripto koin Meme Dogecoin (DOGE) kembali terkoreksi. Dalam satu hari terakhir DOGE turun 0,49 persen, tetapi masih menguat 10,00 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.681 per token.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC)

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 2,13 triliun atau setara Rp 33.560 triliun, menguat sekitar 2,01 persen dalam sehari terakhir

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Harga Bitcoin Masih Terombang-ambing, Sentimen Ini Jadi Fokus Investor

Sebelumnya, harga Bitcoin mengalami penurunan pada Senin, 12 Agustus 2024, melanjutkan aksi jual yang dimulai selama akhir pekan. Penurunan ini terjadi di tengah sentimen pasar kripto yang masih lemah setelah penurunan tajam dalam sebulan terakhir.

Meskipun pasar kripto menunjukkan sedikit pemulihan menjelang akhir pekan lalu, didorong oleh optimisme bahwa ketakutan terhadap resesi AS mungkin berlebihan, sentimen positif ini memudar selama akhir pekan.

Trader Tokocrypto Fyqieh Fachrur menjelaskan. dalam dua hari terakhir, Bitcoin mengalami penjualan panjang yang menekan harganya. Tren arus pasar ETF Bitcoin spot di AS dan kekhawatiran kelebihan pasokan mempengaruhi permintaan Bitcoin.

“Ketegangan geopolitik dan pelemahan pasar di depan perilisan data CPI inflasi AS mendorong aksi jual pasar kripto,” kata Fyqieh dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (13/8/2024).

 

4 dari 4 halaman

Kelebihan Pasok Jadi Ancaman

Fyqieh menjelaskan, risiko kelebihan pasokan juga tetap menjadi ancaman bagi tren harga Bitcoin. Mt. Gox masih memegang 46.164 BTC yang harus dibayar kembali kepada krediturnya. Penjualan besar-besaran dari kreditur Mt. Gox dapat berdampak negatif pada permintaan Bitcoin.

Selain itu, pemerintah AS memegang 203.239 BTC, yang menambah risiko terhadap stabilitas harga Bitcoin. Namun, rencana MicroStrategy untuk mengumpulkan Bitcoin senilai USD 2 miliar bisa mengurangi risiko kelebihan pasokan dari sisa pembayaran Mt. Gox kepada kreditur.

“MicroStrategy berpotensi menggunakan dana tersebut untuk membeli Bitcoin, mengurangi kemungkinan penjualan aset milik pemerintah AS,” jelas Fyqieh.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini