Sukses

Kripto dan Bitcoin Paling Banyak Dibicarakan di Dunia Investasi

Sentimen positif paling umum di subreddit seperti r/stocks, r/investing, dan r/bullion, dengan lebih dari 53 persen postingan di komunitas ini menyatakan optimisme.

Liputan6.com, Jakarta - Studi Cyber ​​Metals mengungkapkan bahwa "kripto" dan "bitcoin" adalah kata yang paling sering disebutkan di seluruh subreddit investasi, yang menggarisbawahi minat yang berkelanjutan terhadap aset digital masa kini.

Dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (17/8/2024), sentimen positif paling umum di subreddit seperti r/stocks, r/investing, dan r/bullion, dengan lebih dari 53 persen postingan di komunitas ini menyatakan optimisme.

Sebaliknya, r/wallstreetbets, yang dikenal dengan diskusi berenergi tinggi, memiliki persentase sentimen positif terendah, dengan hanya 30,4 persen postingan yang mencerminkan prospek yang baik.

Kesenjangan ini menggambarkan berbagai perspektif di antara investor, yang dipengaruhi oleh fluktuasi pasar terkini dan ketidakpastian ekonomi. Cyber ​​Metals juga menganalisis keragaman leksikal subreddit untuk mengukur kecerdasan diskusi.

Subreddit seperti r/ether, r/wallstreetbets, dan r/gold menonjol karena kosakatanya yang bervariasi, dengan r/ether memimpin dengan 25,4%. Metrik ini menunjukkan bahwa komunitas ini terlibat dalam percakapan yang lebih kompleks, khususnya seputar ethereum dan logam mulia.

Meskipun suasana di r/wallstreetbets intens, komunitas ini juga menunjukkan tingkat keragaman leksikal yang relatif tinggi, yang menunjukkan diskusi rumit di tengah pertukaran energi tinggi komunitas tersebut.

Adapun kata-kata kasar menjadi area fokus lainnya, dengan r/wallstreetbets memimpin dalam penggunaan bahasa yang berwarna-warni, dengan rata-rata 107,1 kata-kata kasar per 1.000 posting. Ini diikuti oleh r/CryptoCurrency. Seringnya penggunaan kata-kata kasar di subreddit ini mungkin mencerminkan stres dan volatilitas yang sering dikaitkan dengan perdagangan harian dan investasi kripto.

Studi ini menggarisbawahi sifat komunitas daring yang dinamis dan terkadang intens ini, yang berfungsi sebagai papan suara dan jaringan pendukung bagi investor yang menavigasi pasar yang bergejolak.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Bitcoin Sudah Capai Titik Terendah? Ini Prediksinya

Sebelumnya, menurut analisis terbaru di CryptoQuant, Bitcoin (BTC) menunjukkan tanda-tanda mencapai titik terendah lokal dalam aksi jual awal Agustus baru-baru ini.

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (14/8/2024), sebuah wawasan yang diposting di platform analitik on-chain menyoroti sinyal bullish dari nilai jaringan terhadap indikator golden cross transaksi (NVT-GC), yang menunjukkan ruang untuk pertumbuhan.

Meskipun ada peringatan baru-baru ini tentang potensi penurunan BTC/USD, indikaor NVT-GC, yang mirip dengan indikator Bollinger Bands, menunjukkan kemungkinan rebound. 

Metrik ini membandingkan kapitalisasi pasar Bitcoin dengan nilai transaksi dari waktu ke waktu, mengidentifikasi puncak dan dasar pasar lokal. Kontributor CryptoQuant Burakkesmeci menjelaskan jika NVT-GC naik di atas 2,2 poin, itu menandakan harga yang terlalu panas, sementara penurunan di bawah -1,6 poin menunjukkan pendinginan yang berlebihan dan titik terendah lokal. 

Saat ini, alat tersebut menunjukkan titik terendah lokal, mirip dengan sinyal pada 18 Januari dan 12 Juli, yang mendahului kenaikan harga masing-masing sebesar 78% dan 23%.

BTC saat ini diperdagangkan pada harga USD 58.681 atau setara Rp 936,7 juta (asumsi kurs Rp 15.963 per dolar AS), turun 3,8% selama 24 jam terakhir setelah kehilangan level USD 60.000. Namun, Bitcoin naik 7,58% selama 7 hari terakhir setelah pulih dari level terendah USD 49.500.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.

    Bitcoin

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Crypto

  • Cryptocurrency

Video Terkini