Sukses

Begini Ramalan Harga Bitcoin di Akhir 2024

Meskipun bitcoin sempat turun di bawah USD 60.000 atau setara Rp 979,4 miliar (asumsi kurs Rp 15.740 per dolar AS) pada Rabu, mata uang kripto teratas dunia ini diperkirakan akan mencapai level baru dan melonjak ke USD 150.000 atau setara Rp 2,4 miliar pada Desember.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun bitcoin sempat turun di bawah USD 60.000 atau setara Rp 979,4 miliar (asumsi kurs Rp 15.740 per dolar AS) pada Rabu, mata uang kripto teratas dunia ini diperkirakan akan mencapai level baru dan melonjak ke USD 150.000 atau setara Rp 2,4 miliar pada Desember.

Prediksi ini  menurut perkiraan pasar baru dari kepala penelitian Fundstrat, Tom Lee. Lonjakan harga bitcoin akan mewakili kenaikan bitcoin sebesar 138%, sebuah perubahan yang disambut baik dalam posisi pasar bitcoin setelah mata uang kripto tersebut anjlok 7% baru-baru ini. 

Menurut penelitian K33, turunnya harga Bitcoin sebagian disebabkan oleh peretasan, pertukaran kripto yang sudah tidak berfungsi, Mt. Gox, yang berjanji untuk membayar kembali pelanggan hampir USD 9 miliar dalam bentuk kripto, sehingga memicu kekhawatiran tentang sejumlah besar kripto yang akan memasuki pasar aset digital sekaligus.

“Bitcoin menderita karena distribusi Mount Gox yang dimulai pada bulan Juli. Itu adalah kerugian besar selama bertahun-tahun, tetapi jika saya berinvestasi di kripto, mengetahui bahwa salah satu kerugian terbesar akan hilang pada bulan Juli, saya pikir itu adalah alasan untuk mengharapkan rebound yang cukup tajam di paruh kedua,” kata Lee, dikutip dari Yahoo Finance, Minggu (18/8/2024).

Para ahli didukung oleh fakta bitcoin mencapai harga tertinggi baru sepanjang masa hampir USD 73.000 beberapa bulan lalu dan total kapitalisasi pasar bitcoin sekarang mencapai USD 1,2 triliun. 

Beberapa analis pasar bitcoin memperkirakan paruh kedua 2024 akan melihat bitcoin berada pada lintasan yang meningkat. Menurut bank multinasional Standard Chartered, harga bitcoin mungkin mencapai USD 100.000 selama pemilu November, mencerminkan kegembiraan pasar yang sedang berlangsung di sekitar kelas aset yang baru lahir.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bos Perusahaan Teknologi di Korea Selatan Ditangkap Gara-Gara Penipuan Kripto

CEO perusahaan teknologi Korea Selatan, Wacon, telah ditangkap karena diduga mendalangi penipuan kripto skala besar yang menipu lebih dari 500 investor. CEO Byun Young-oh, bersama dengan kaki tangannya yang diidentifikasi sebagai Yeom, mengatur skema bergaya Ponzi melalui platform yang disebut MainEthernet.

Dilansir dari Coinmarketcap, Kamis (15/8/2024), Wakon, dilaporkan memiliki sekitar 12.000 anggota, diduga beroperasi sebagai skema Ponzi atau kampanye pemasaran bertingkat. Perusahaan tersebut menawarkan produk staking mata uang virtual, termasuk bisnis tip dan mainnet, tanpa mendaftar ke otoritas keuangan. Perusahaan tersebut memiliki cabang di seluruh Korea Selatan.

Penipuan tersebut, yang diduga mengumpulkan USD 366 juta atau setara Rp 5,8 triliun (asumsi kurs Rp 15.948 per dolar AS), terutama menargetkan warga lanjut usia. Banyak dari mereka dijanjikan suku bunga antara 45% dan 50% atas simpanan Ethereum mereka

 

3 dari 3 halaman

Detail Penipuan

Platform tersebut, yang berfungsi sebagai layanan dompet digital, memikat investor dengan janji pengembalian yang aman dan menguntungkan. Namun, pada pertengahan 2023, muncul laporan investor tidak dapat menarik dana mereka.

Meskipun ada kekhawatiran ini, Byun meyakinkan investor masalah tersebut akan diselesaikan dalam beberapa bulan. Pada November 2023, tanda-tanda kebangkrutan perusahaan mulai terlihat saat kantor MainEthernet di Seoul mencopot papan nama perusahaan.

Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul telah mendakwa Byun dan Yeom atas penipuan, dan kasus tersebut diperkirakan akan segera disidangkan.

Jaksa terus menyelidiki sejauh mana skema tersebut, dengan berupaya mengidentifikasi korban tambahan dan calon kaki tangan. Byun telah membantah terlibat dalam skema Ponzi apa pun, dengan mengklaim tidak mengetahui struktur tersebut. Penyelidikan masih berlangsung.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.