Sukses

75% Pemilik Bitcoin Tak Pernah Jual Lebih dari 6 Bulan

Sekitar 74% Bitcoin yang hanya disimpan oleh pemiliknya ini membuat harga aset digital tersebut turun 21% dari titik tertinggi sepanjang masa.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar tiga perempat dari semua Bitcoin yang beredar belum dipindahkan tangankan selama enam bulan terakhir atau lebih. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Onchain.

Temuan tersebut berasal dari grafik Hodl Wave milik Glassnode, yang menggunakan data blockchain untuk memberikan pandangan makro tentang Bitcoin. Mereka menyimpan BTC dalam dompet sejak terakhir dipindahkan.

Dikutip dari cointelegraph, Senin (19/8/2024), ini merupakan lonjakan signifikan dibanding data seminggu yang lalu. Pada 11 Agustus, ketika data platform analitik onchain Glassnode menunjukkan bahwa hampir setengah dari pasokan BTC, tepatnya sekitar 45%, tidak aktif diperjualbelikan selama setidaknya enam bulan.

Namun, data menunjukkan bahwa sekitar 74% Bitcoin yang hanya disimpan ini membuat harga aset digital tersebut turun 21% dari titik tertinggi sepanjang masa.

Dominasi koin ini menunjukkan bahwa investor jangka panjang semakin memegang BTC mereka sebagai lindung nilai, mungkin mengantisipasi kenaikan harga di masa mendatang.

Tren holding juga mengakibatkan berkurangnya pasokan Bitcoin yang tersedia untuk diperdagangkan. Hal ini dapat menyebabkan apresiasi harga karena permintaan meningkat dan pasokan berkurang.

Sementara itu, dalam sebuah posting di X pada 19 Agustus, analis onchain James Check mengamati bahwa lebih dari 80% pemegang Bitcoin jangka pendek berada dalam posisi yang tidak menguntungkan karena kepemilikan mereka diperoleh dengan harga yang lebih tinggi dari harga spot saat ini.

Ia memperingatkan bahwa hal ini dapat menyebabkan penurunan lebih lanjut jika mereka panik menjual seperti yang mereka lakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Pemegang jangka pendek adalah mereka yang telah memegang BTC kurang dari 155 hari.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Kripto Hari Ini 19 Agustus 2024: Solana Pimpin Penguatan

Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada Senin (19/8/2024). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali melemah. Bitcoin turun 0,58 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat 0,06 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 59.052 per atau setara Rp 926,5 juta (asumsi kurs Rp 15.690 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) masih menguat. ETH naik 0,89 persen sehari terakhir dan 2,60 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ethereumberada di level Rp 41,2 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB merosot 1,55 persen, tetapi masih menguat 5,63 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 8,37 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) masih berada di zona hijau. ADA menguat 0,14 persen dalam 24 jam terakhir dan 2,17 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.279 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga menguat. SOL naik 1,47 persen dalam sehari dan 1,23 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 2,25 juta per koin. 

XRP terpantau kembali berada di zona hijau. XRP naik tipis 0,41 persen dalam 24 jam dan 2,77 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 8.907 per koin. 

 

3 dari 3 halaman

Koin Lain

Koin Meme Dogecoin (DOGE) kembali melemah. Dalam satu hari terakhir DOGE ambles 1,89 persen dan 0,08 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.581 per token.

Harga kripto hari ini stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 2,09 triliun atau setara Rp 32.792 triliun, menguat sekitar 0,18 persen dalam sehari terakhir

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini