Sukses

Penggelapan Uang dalam Skema Kripto, Eks CEO Bank di AS Divonis 293 Bulan Penjara

Tindakan Hanes menyebabkan Heartland Tri-State Bank bangkrut, dan kerugian Rp 139,6 miliar bagi investor dan Rp.730,7 miliar yang ditanggung oleh FDIC.

Liputan6.com, Jakarta - Departemen Kehakiman AS (DOJ) mengumumkan Shan Hanes, mantan CEO Heartland Tri-State Bank (HTSB) dijatuhi hukuman 293 bulan penjara terkait tindak pidana penggelapan uang jutaan dolar Amerika Serikat dalam skema mata uang kripto.

"(Dijatuhi hukuman penjara) karena menggunakan posisinya sebelumnya sebagai CEO sebuah bank untuk menggelapkan puluhan juta dolar dalam skema mata uang kripto yang menyebabkan bank tersebut gagal total dan kehilangan ekuitas bagi investor," ungkap DOJ, dikutip dari News.bitcoin.com, Rabu (21/8/2024).

Tindakan Hanes menyebabkan Heartland Tri-State Bank bangkrut, menyebabkan kerugian hingga USD 9 juta (Rp.139,6 miliar) bagi investor dan kerugian USD 47,1 juta (Rp.730,7 miliar) yang ditanggung oleh Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC).

"Shan Hanes dijatuhi hukuman hari ini karena perannya dalam skema penggelapan dana USD 47,1 juta yang pada akhirnya menyebabkan Heartland Tri-State Bank bangkrut," terang Agen Khusus Penanggung Jawab, Justin R. Bundy.

Pihak Hanes mengaku bersalah menggelapkan dana USD 47,1 juta dari HTSB melalui 11 transfer kawat antara Mei dan Juli 2023, mengarahkan dana tersebut ke dompet kripto yang terlibat dalam skema penipuan.

Skema ini biasanya melibatkan penipu yang meyakinkan korbannya untuk berinvestasi pada kripto palsu, hanya untuk mencuri uangnya.

Dana tersebut disalurkan ke beberapa akun mata uang kripto yang dikendalikan oleh pihak ketiga yang tidak dikenal, sehingga sulit untuk dilacak.

"Hanes, sebagai CEO Heartland Tri-State Bank, memegang kepercayaan dan keyakinan komunitas Elkhart, KS, namun dia melanggar kepercayaan tersebut. Dia berusaha mengambil keuntungan finansial dengan menggelapkan dana dari bank. Idenya untuk menjadi kaya dengan cepat, pada kenyataannya, adalah skema pemotongan babi. Keterlibatannya dalam skema ini pada akhirnya menyebabkan kebangkrutan bank tersebut. Padahal, tugas bank adalah melindungi nasabahnya dan mengidentifikasi penipuan, bukan berpartisipasi di dalamnya," ucap Agen Khusus yang Bertanggung Jawab dari Kantor Lapangan FBI Kansas City, Stephen Cyrus.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merusak Kepercayaan pada Sistem Keuangan

Jaksa AS Kate E. Brubacher menekankan bahwa skema Hanes tidak hanya mengkhianati bank dan investornya tetapi juga merusak kepercayaan terhadap sistem keuangan. 

"Keserakahan Hanes tidak mengenal batas… Shan Hanes tidak hanya mengkhianati Heartland Bank dan para investornya, namun skema ilegalnya juga membahayakan kepercayaan pada lembaga keuangan," ujar Brubacher.

3 dari 4 halaman

Australia Catat Kerugian Rp 13,5 Triliun Imbas Penipuan Kripto

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Investasi Australia (ASIC) mengungkapkan pihaknya berhasil menutup 615 aktivitas penipuan investasi mata uang kripto di negara tersebut.

Langkah ini merupakan tahun pertama program ASIC dalam upaya  membasmi situs investasi palsu di Australia.

Mengutip Cointelegraph, Rabu (21/8/2024) penutupan tersebut mencakup sekitar 9% dari total 7.300 situs phishing dan penipuan investasi lainnya yang menurut regulator telah diidentifikasi. 

ASIC mencatat, Warga Australia mengalami kerugian sebesar 1,3 miliar dolar Australia atau sekitar Rp 13,5 triliun akibat penipuan investasi tahun lalu.

Diketahui, penipuan kripto dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk dalam bentuk mengambil uang pelanggan dengan dalih berinvestasi dalam mata uang kripto tanpa melakukannya secara langsung.

Yang juga termasuk dalam penelusuran ASIC adalah situs-situs phishing, yang mengumpulkan data pribadi, dan situs-situs yang mengklaim menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan keuntungan yang sangat besar.

"Perkembangan teknologi yang inovatif dapat meningkatkan cara kita hidup dan bekerja, namun juga memberikan peluang baru bagi para penipu untuk mengeksploitasinya," kata Sarah Court, wakil ketua organisasi tersebut.

"Setiap hari rata-rata 20 situs web penipuan investasi dihapus. Penghapusan cepat situs-situs jahat merupakan langkah penting untuk menghentikan penjahat kriminal yang menyebabkan kerugian lebih lanjut bagi warga Australia," jelas dia.

Di antara perusahaan-perusahaan yang ditutup regulator Australia ASIC, ada Dexa Trade Markets, yang dinilainya "secara keliru mengklaim bahwa perusahaan tersebut diatur secara internasional, memiliki volume perdagangan miliaran dan jutaan investor."

 

 

4 dari 4 halaman

Marak Pencurian Kripto, Regulator Jerman Minta Investor Waspada

Sebelumnya, Kantor Federal Jerman untuk Keamanan Informasi (BSI) telah menyarankan pengguna kripto untuk melindungi aset digital mereka menggunakan dompet perangkat keras. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Selasa (20/8/2024), dalam sebuah posting LinkedIn, BSI mengatakan dompet perangkat keras adalah metode penyimpanan mata uang kripto yang paling aman karena menyimpan kunci kriptografi pribadi dalam penyimpanan offline meminimalkan risiko serangan peretasan.

Badan tersebut menyoroti kerentanan penyimpanan aset pada platform pihak ketiga seperti bursa, yang, meskipun nyaman, rentan terhadap serangan peretasan. Demikian pula, dompet penyimpanan mandiri di ponsel atau PC juga menimbulkan risiko keamanan yang signifikan.

Konsultasi ini dilakukan sebagai respons terhadap meningkatnya ancaman pencurian mata uang kripto. Perusahaan analis Chainalysis melaporkan pada paruh pertama tahun 2024, hampir USD 1,6 miliar atau setara Rp 25,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.690 per dolar AS) hilang akibat serangan peretasan mata uang kripto, dengan jumlah rata-rata yang dicuri per insiden naik 80% dari tahun sebelumnya.

Selain itu, serangan phishing yang menargetkan pengguna kripto perorangan telah meningkat tajam, dengan kerugian mencapai USD 341 juta atau setara Rp 5,3 triliun, melampaui jumlah total yang dicuri pada 2023.

Rekomendasi BSI menyoroti semakin pentingnya langkah-langkah keamanan yang kuat dalam menghadapi meningkatnya ancaman siber di dunia kripto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini