Sukses

Listrik di Thailand Sering Mati, Ternyata Ini Penyebabnya

Pemerintah Thailand mengklasifikasikan penambangan Bitcoin sebagai operasi manufaktur. Ini berarti bahwa penambang di negara tersebut harus membayar pajak yang diwajibkan.

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas hukum Thailand baru-baru ini menggerebek sebuah rumah yang ditempati oleh sebuah perusahaan yang menjalankan operasi penambangan Bitcoin ilegal.

Dikutip dari cryptopotato, Selasa (27/8/2024), menurut liputan South China Morning Post, aktivitas penambangan Bitcoin yang dioperasikan secara ilegal memicu pemadaman listrik yang sering terjadi di sekitarnya selama lebih dari sebulan.

Bitcoin, mata uang kripto terkemuka, menggunakan mekanisme konsensus proof-of-work (PoW). Ini mensyaratkan bahwa transaksi ditambahkan ke blockchain melalui proses penambangan.

Penambang menggunakan mesin penambangan dan peralatan terkait untuk melakukan tugas ini dan mendapatkan imbalan berupa BTC. Seluruh proses ini merupakan aktivitas yang boros energi, yang berarti bahwa mesin yang digunakan untuk operasi tersebut mengonsumsi listrik dalam jumlah besar dan mengeluarkan panas.

Pemerintah Thailand mengklasifikasikan penambangan Bitcoin sebagai operasi manufaktur. Ini berarti bahwa penambang di negara tersebut harus membayar pajak yang diwajibkan.

Kepala petugas keamanan distrik Jamnong Chanwong, memimpin polisi dan pejabat dari Otoritas Listrik Provinsi (PEA) yang menggerebek rumah tempat operasi penambangan Bitcoin terjadi. Dalam upaya awal untuk mengakses rumah tersebut, seorang penjaga menghentikan aparat hukum.

Setelah mendapatkan surat perintah penggeledahan, regu tersebut kembali untuk melakukan penggerebekan, hanya untuk menemukan bahwa sebagian besar rig penambangan telah dipindahkan.

Penyelidikan menunjukkan bahwa sebuah perusahaan yang tidak disebutkan namanya menyewa rumah tersebut selama sekitar empat bulan. Namun, pemadaman listrik dimulai pada bulan Juli ketika peralatan penambangan telah terpasang sepenuhnya.

Menyoroti bagaimana perusahaan tersebut berhasil menghindari pajak yang diperlukan, Chanwong menyatakan:

"Kami menemukan rig penambangan Bitcoin, menunjuk pada orang-orang yang menggunakan rumah ini untuk mengoperasikan tambang dan menggunakan listrik yang tidak mereka bayar sepenuhnya,"

Chanwong menambahkan bahwa tidak ada seorang pun yang ditangkap selama penggerebekan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terus Bertambah, Kepemilikan Bitcoin di El Salvador Sentuh 5.851 BTC

Sebelumnya, El Salvador, negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, terus mengakumulasi mata uang kripto tersebut secara agresif.

Menurut data terbaru dari platform analisis blockchain Arkham Intelligence, pemerintah Salvador terus menambah cadangan Bitcoinnya, membeli satu Bitcoin (BTC) setiap hari sejak 16 Maret. Akuisisi yang sedang berlangsung itu telah menambahkan 162 Bitcoin ke dalam kepemilikan El Salvador. Sehingga totalnya menjadi 5.851 BTC yang bernilai sekitar USD 356,4 juta pada harga pasar saat ini.

Melansir Cointelegraph, Presiden Nayib Bukele, arsitek adopsi Bitcoin di El Salvador, secara konsisten menganjurkan mata uang kripto sebagai sarana menuju kemandirian ekonomi dan inovasi. Strateginya bagi pemerintah untuk melakukan pembelian harian sebesar 1 BTC menyoroti komitmen jangka panjangnya untuk mengintegrasikan Bitcoin ke dalam kerangka keuangan negara.

Pemerintah Bukele memulai serangkaian pembelian dengan mentransfer 5.689 BTC ke dompet penyimpanan dingin pada 16 Maret 2024, sebuah langkah yang disebut Bukele sebagai penciptaan "celengan Bitcoin" pertama di negara itu. Pembelian tersebut telah menerima kekaguman sekaligus perhatian dalam komunitas internasional.

Para pendukung memuji pendekatan berani Bukele sebagai langkah visioner menuju kedaulatan finansial, khususnya di negara yang secara historis dilanda ketidakstabilan ekonomi.

Menurut analis kripto EmberCN, floating profit pemerintah Salvador saat ini sekitar USD 93,45 juta, dengan harga pembelian rata-rata sekitar USD 44.835 per Bitcoin, tampaknya memvalidasi strategi Bukele dalam jangka pendek.

3 dari 3 halaman

Menumbuhkan Kepercayaan

Dalam upaya untuk mengatasi masalah tentang transparansi, pemerintah telah menerapkan ruang sekumpulan memori atau mempool, yang memungkinkan audit publik atas kepemilikan Bitcoinnya. Inisiatif ini dirancang untuk menumbuhkan kepercayaan dan menunjukkan akuntabilitas dalam penanganan dana publik yang terkait dengan investasi mata uang kripto.

Selain pembelian langsungnya, El Salvador juga berinvestasi dalam penambangan Bitcoin menggunakan energi panas bumi vulkanik yang melimpah di negara tersebut. Sejak 2021, negara tersebut telah menambang 474 Bitcoin, senilai sekitar USD 29 juta.

Pendekatan ramah lingkungan terhadap penambangan Bitcoin ini sejalan dengan visi Bukele untuk mengintegrasikan teknologi dan sumber daya alam, namun hal ini tetap menjadi bagian yang relatif kecil dari strategi Bitcoin yang lebih luas di negara tersebut. Bukele dilantik untuk masa jabatan presiden lima tahun lagi setelah kemenangan telak dalam pemilihan umum pada Februari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.