Sukses

Kamala Harris Bakal Calonkan Ketua SEC Sebagai Menkeu, Gimana Nasib Kripto?

Wakil Presiden Kamala Harris berencana mencalonkan Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Gary Gensler untuk menjadi Menteri Keuangan

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Kamala Harris berencana mencalonkan Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Gary Gensler untuk menjadi Menteri Keuangan jika Kamala Harris memenangkan pemilihan pada November.

Dilansir dari Coinmarketcap, Selasa (27/8/2024), meskipun Gensler belum secara terbuka menyatakan ia ingin meninggalkan jabatannya saat ini, beberapa staf senior Senat telah menyampaikan kemungkinan tersebut.

Spekulasi ini juga menggemakan komentar dari sejumlah petinggi Partai Republik yang telah menyatakan bahwa Gensler dapat menjadi orang berikutnya yang akan menduduki jabatan Menteri Keuangan.

Nominasi ini akan menandai perubahan signifikan bagi Gensler, yang telah menjadi tokoh terkemuka dalam mengatur industri kripto.

Kemungkinan Gensler pindah ke Departemen Keuangan menimbulkan pertanyaan tentang keterlibatannya yang berkelanjutan dalam regulasi kripto dan dampaknya terhadap kariernya.

Perwakilan politikus AS, Tom Emmer, menyuarakan penentangan keras terhadap gagasan tersebut, dengan menyatakan bahwa penunjukan Gensler atau pencalonan serupa oleh Senator Elizabeth Warren dapat menimbulkan bencana bagi perekonomian. Emmer mengkritik masa jabatan Gensler di SEC.

Penentangan

Jika Harris menang, kemungkinan besar akan ada penentangan dari Partai Republik yang bersatu terhadap Gensler, meskipun ia dapat menerima dukungan luas dari Partai Demokrat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Dilakukan

Katie Biber, kepala bagian hukum di firma investasi kripto Paradigm, menyarankan bahwa rencana Gensler dapat dilakukan.

Rencana itu mungkin melibatkan Gensler yang mengundurkan diri sebagai ketua SEC, kemudian Biden menunjuk penggantinya, dan Gensler berpotensi pindah ke peran di Departemen Keuangan jika Harris menang.

Selain spekulasi tentang potensi peran Gensler di Departemen Keuangan, ada juga rumor bahwa ia dapat mengundurkan diri dari jabatannya di SEC sebelum pemilihan.

Langkah ini dapat mendorong Presiden Joe Biden untuk mencalonkan ketua SEC yang baru, mungkin seseorang seperti Caroline Crenshaw, yang dikenal karena sikap kritisnya terhadap industri kripto.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini