Sukses

Popularitas Turun, Nilai NFT Termahal Merosot 

Pasar Non Fungible Token (NFT) yang pernah berkembang pesat telah mendingin secara signifikan dari puncaknya ketika karya seni digital memikat perhatian global.

Liputan6.com, Jakarta Pasar Non Fungible Token (NFT) yang pernah berkembang pesat telah mendingin secara signifikan dari puncaknya ketika karya seni digital memikat perhatian global. 

Melansir Yahoo Finance, Rabu (28/8/2024), koleksi NFT terkenal seperti CryptoPunks dan Bored Ape menjadi fenomena budaya pada 2021 dan 2022, menarik selebriti seperti Justin Bieber, LeBron James, dan Madonna. 

Pada bulan Mei 2022, nilai pasar NFT meroket menjadi USD 617 miliar atau setara Rp 9.678 triliun (asumsi kurs Rp 15.685 per dolar AS). Namun, sejak itu anjlok menjadi sekitar USD 44,3 miliar atau setara Rp 694 triliun, penurunan yang mengejutkan sebesar 92 persen. 

Menurut CoinTelegraph, nilai beberapa NFT termahal yang ditransaksikan selama pasar NFT sedang naik daun telah anjlok secara signifikan.

CryptoPunks, yang diluncurkan di Ethereum pada 2017 oleh Larva Labs, memainkan peran penting dalam ledakan NFT. Pada 2021, sembilan CryptoPunk dilelang oleh Christie's seharga USD 16,9 juta atau setara Rp 265 miliar. 

CryptoPunk #5822, salah satu dari sembilan NFT tersebut, dibeli oleh Deepak Thapliyal, CEO Chain, seharga 8.000 ETH atau sekitar USD 23,7 juta pada bulan Februari 2022. Nilainya telah berkurang setengahnya sejak saat itu, mencerminkan penurunan pasar yang lebih luas.

Demikian pula, EtherRock #93, bagian dari koleksi 100 "Pet Rocks" tahun 2017, terjual seharga USD 1,8 juta pada 2021. Saat ini, sebuah EtherRock diperdagangkan dengan harga sekitar 200 ETH, sekitar USD 1 juta lebih rendah dari harga puncaknya.

Bored Ape Yacht Club, salah satu koleksi NFT utama yang mendapat perhatian utama pada 2021. Bored Ape #8817 terjual seharga USD 3,4 juta di Sotheby's, berkat bulu emasnya yang langka. 

Namun, penjualan kera serupa baru-baru ini menunjukkan kerugian yang signifikan bagi investor, dengan beberapa kera emas sekarang dijual dengan harga serendah USD 665.000.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengintip Perjalanan NFT Cristiano Ronaldo Bersama Binance

Cristiano Ronaldo, salah satu pemain sepak bola paling terkenal di dunia telah bermitra dengan Binance untuk meluncurkan sejumlah koleksi NFT, yang bertujuan untuk merevitalisasi pasar NFT.

Binance baru-baru ini meluncurkan koleksi NFT Forever Worldwide: The Road to Saudi Arabia dalam kemitraan dengan Ronaldo. Proyek tersebut adalah koleksi keempat dalam kolaborasi mereka dan tersedia secara eksklusif di Binance NFT Marketplace.

Koleksi tersebut menampilkan tujuh NFT unik, yang masing-masing mewakili lokasi penting dalam karier Ronaldo: Madeira, Lisbon, Manchester, Madrid, Turin, Arab Saudi, dan Portugal. Kolektor dapat memperoleh hadiah berdasarkan jumlah NFT unik yang mereka miliki. Peluncuran pertama koleksi NFT ‘Forever Worldwide: The Road to Saudi Arabia’ tersedia secara eksklusif di Binance NFT Marketplace sejak 29 Mei 2024.

Koleksi tersebut dirilis dalam beberapa fase sepanjang musim sepak bola, diakhiri dengan lelang pada 14 Juni, yang menampilkan NFT yang sangat langka. Program CR7 Binance juga memperkenalkan sistem Collect to Earn, yang memberi penghargaan kepada kolektor karena mengumpulkan lebih banyak NFT.

Bermitra dengan Binance, Cristiano Ronaldo telah meluncurkan koleksi NFT, yang menandai kesepakatan multi-years yang dapat memperkuat posisinya sebagai tokoh utama dalam adopsi kripto global. Kemitraan tersebut diharapkan dapat menarik banyak pendatang baru ke dunia kripto, terutama saat kondisi pasar membaik.

Namun, kemitraan Ronaldo dengan Binance menghadapi kontroversi. Ia menghadapi gugatan class action atas promosinya terhadap bursa mata uang kripto Binance pada November 2023.

Gugatan tersebut, yang diajukan di Pengadilan Distrik AS di Florida, menuduh bahwa dukungan Ronaldo terhadap Binance pada 2022 menyebabkan pengguna berinvestasi pada sekuritas yang tidak terdaftar, yang mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan. Para penggugat berpendapat, mengingat pengalaman dan sumber daya investasi Ronaldo, ia seharusnya menyadari potensi risiko yang terkait dengan praktik Binance.

 

3 dari 3 halaman

Binance Manfaatkan Ketenaran Cristiano Ronaldo

Melansir Coinpedia, gugatan tersebut mengklaim dukungan Ronaldo menyebabkan peningkatan minat yang dramatis, dengan penelusuran untuk bursa kripto tersebut meningkat hingga 500% setelah tokennya dirilis.

Namun, Ronaldo menghadapi kemunduran ketika seorang hakim AS menolak untuk membatalkan gugatan class action terhadapnya. Pada 4 Mei, Hakim Roy Altman menolak permintaan Ronaldo untuk membatalkan kasus tersebut dan mengizinkan permintaan penggugat untuk menghentikan proses sambil menunggu putusan arbitrase. Hakim mengatakan, "Kami menolak tanpa prasangka mosi ke-29 Tergugat untuk membatalkan."

Binance memanfaatkan ketenaran global Ronaldo untuk memperluas pengaruhnya, membangun kemitraan sepak bola yang ada dan berpotensi membuka jalan bagi kolaborasi masa depan dengan merek-merek besar, yang telah merambah ke ruang Web3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini