Sukses

Penambang Tunggal Raih Bitcoin Senilai Rp 3 Miliar dengan Hashrate 0,012%

Hashrate Bitcoin sudah sentuh titik tertinggi sepanjang masa sebesar 754 EH/s pada 23 Juli 2024, menurut BitInfoCharts.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penambang Bitcoin tunggal baru saja mendapatkan hasil memuaskan dari aktvitas penambangannya.

Mengutip Cointelegraph, Minggu (1/9/2024) penambang tersebut memproses blok nomor 858.978 pada pukul 4:21 waktu setempat, menurut data dari penjelajah blok Bitcoin Mempool.space. Blok tersebut berisi 2.391 transaksi, dan penambang tersebut menerima 3,27 BTC, senilai USD 199.094 atau sekitar Rp 3 miliar pada harga saat ini, atas usahanya.

Khususnya, penambang yang bertanggung jawab untuk memproses blok tersebut adalah Solo CK Pool, yang merupakan kumpulan penambangan solo yang tidak bertindak seperti kumpulan penambangan pada umumnya.

Menurut data Mempool, penambang Solo CK menggunakan hashrate senilai 456/PH pada saat blok tersebut dipecahkan. Rata-rata hashrate jaringan saat ini adalah 665 EH/s, yang berarti penambang yang memproses transaksi tersebut berjalan pada sekitar 0,012% dari hashrate rata-rata.

Hashrate Bitcoin sendiri telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebesar 754 EH/s pada 23 Juli 2024, menurut BitInfoCharts.

Sebelumnya, pada 2023, penambang SoloCK telah memecahkan 14 blok Bitcoin, menerima 59,3 Bitcoin, yang bernilai USD 3,5 juta atau Rp 54,2 miliar pada harga saat ini.

Karena keunggulan perusahaan penambangan besar seperti Riot Blockchain dan Marathon Digital, yang menguasai kekuatan hashrate dalam jumlah besar, sangat jarang bagi penambang tunggal untuk berhasil memvalidasi blok.

Seorang penambang tunggal yang berhasil memproses blok sangat jarang terjadi sehingga hanya terjadi sekitar 290 kali dari 859.000 blok yang diproduksi sejak Bitcoin diluncurkan 14 tahun lalu.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arus Beli Bitcoin Sentuh Rp 8,4 Triliun di Tengah Optimisme Pemangkasan Bunga The Fed

Data dari Coinshares yang dipimpin oleh peneliti James Butterfill, melaporkan produk investasi aset digital mencatat total arus masuk Bitcoin (BTC) mencapai USD 543 juta atau setara Rp 8,4 triliun (asumsi kurs Rp 15.482 per dolar AS).

Dilansir dari Bitcoin.com, Selasa (27/8/2024), hal ini menunjukkan korelasi yang kuat antara perilaku pasar bitcoin dan ekspektasi seputar suku bunga AS. Meskipun volume perdagangan lebih rendah daripada minggu-minggu sebelumnya, total volume tetap kuat di angka USD 9 miliar.

Secara regional, Amerika Serikat memimpin dengan arus masuk sebesar USD 498 juta, sementara Hong Kong dan Swiss juga mencatat angka positif, masing-masing menyumbang USD 16 juta dan USD 14 juta.

Namun, ethereum (ETH) tidak bernasib baik, mengalami arus keluar sebesar USD 36 juta. Analisis Butterfill juga mencatat dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) ethereum baru telah menarik arus masuk sebesar USD 3,1 miliar sejak peluncurannya.

Sebagian diimbangi oleh arus keluar sebesar USD 2,5 miliar dari Grayscale Ethereum Trust (ETHE). Laporan tersebut menyoroti sentimen investor yang kontras antara bitcoin dan ethereum dalam lingkungan pasar saat ini.

Sedangkan untuk ETF Bitcoin spot yang meluncur di Hong Kong telah mencapai tonggak penting, melampaui USD 256 juta dalam aset yang dikelola (AUM).

Meskipun demikian, ETF tersebut mengalami awal yang lebih lambat dibandingkan dengan ETF sejenis di Amerika Serikat. Setelah diluncurkan pada 30 April, ETF Hong Kong menarik total arus masuk sebesar USD 262 juta selama minggu pertama.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

Kapitalisasi Pasar Kripto Berbasis AI Melonjak 79 Persen, Apa Sebabnya?

Sebelumnya, kapitalisasi pasar untuk proyek mata uang kripto berbasis kecerdasan buatan (AI) dan big data telah mengalami lonjakan yang luar biasa, naik sebesar 79,7 persen selama tiga minggu terakhir. Pertumbuhan ini menandakan rasa percaya diri yang baru di kalangan investor kripto.

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (29/8/2024), pada 6 Agustus, kapitalisasi pasar untuk proyek kripto AI dan big data mencapai titik terendah tahunan sebesar USD 18,21 miliar atau setara Rp 280,8 triliun (asumsi kurs Rp 15.424 per dolar AS), sebagian besar disebabkan oleh kesulitan yang lebih luas di pasar mata uang kripto dan penurunan tajam harga Bitcoin. 

Bitcoin mencapai titik terendah sebesar USD 49.500 pada 5 Agustus menyusul keputusan mengejutkan oleh Bank Jepang untuk menaikkan suku bunga.

Hingga 27 Agustus, token terkemuka di bidang AI dan big data meliputi Near Protocol (NEAR) dengan kapitalisasi pasar sebesar USD 5,5 miliar, Internet Computer (ICP) sebesar USD 3,8 miliar, Artificial Superintelligence Alliance (FET) sebesar USD 3,4 miliar, dan Bittensor (TAO) sebesar USD 2,8 miliar.

Jadi Daya Tarik

Peningkatan token AI juga didorong oleh narasi AI yang lebih luas, yang telah memperoleh daya tarik yang signifikan pada 2024. Momentum ini sebagian didorong oleh kinerja saham Nvidia yang kuat, pemain kunci dalam bidang perangkat keras AI. 

Laporan pendapatan positif Nvidia sering diikuti oleh kenaikan token AI, dan pembuat chip tersebut dijadwalkan untuk merilis hasil kuartalannya pada 28 Agustus.

4 dari 4 halaman

Pekerjaan di Sektor Kripto Melonjak Signifikan

Sebelumnya, pasar kerja kripto tengah mengalami ledakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, didorong oleh meningkatnya investasi, adopsi arus utama, dan meningkatnya minat institusional terhadap aset digital. 

Ini seiring berkembangnya industri, permintaan akan profesional terampil, terutama dalam peran produk dan pemasaran, meningkat, yang menyoroti peluang sekaligus tantangan signifikan. Melansir dari Coinmarketcap, Kamis (29/8/2024), menurut Crypto Job List, ada sekitar 600 lowongan pekerjaan kripto dan blockchain baru pada Juli 2024.

Lonjakan ini sebagian besar disebabkan oleh pemulihan dari pasar yang lesu dan masuknya modal ventura (VC), yang kini memicu gelombang perekrutan.

Menambah momentum ini, Binance Holdings Ltd. berada di jalur yang tepat untuk merekrut 1.000 orang tahun ini, dengan jumlah yang signifikan dialokasikan untuk peran kepatuhan, kata CEO Richard Teng kepada Bloomberg. 

Hal ini terjadi saat Binance meningkatkan pengeluarannya untuk memenuhi persyaratan regulasi, yang sekarang melebihi USD 200 juta per tahun. Binance berencana untuk menambah tenaga kerja kepatuhannya menjadi 700 orang pada akhir 2024, peningkatan substansial dari jumlah saat ini yang hanya 500 orang. 

Gelombang perekrutan ini menggarisbawahi semakin pentingnya kepatuhan regulasi dalam industri kripto, karena Binance terus menghadapi pengawasan dari regulator AS.

Sektor Kerja Fintech di UEA

Di UEA, pasar kerja mencerminkan tren ini. Sektor fintech diproyeksikan tumbuh pada CAGR lebih dari 15%, memposisikan UEA sebagai tujuan utama bagi perusahaan rintisan, investor, dan profesional fintech. 

Konvergensi fintech dan kripto di wilayah ini menawarkan lahan yang subur untuk pertumbuhan karier, khususnya dalam peran yang memadukan keahlian finansial dengan teknologi blockchain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini