Sukses

Coinbase Bagikan Tips Agar Investor Terhindar Penipuan Kripto

Direktur pelaksana Coinbase menggarisbawahi perlunya kolaborasi berkelanjutan antara pemerintah dan industri kripto untuk melindungi konsumen.

Liputan6.com, Jakarta - Pertukaran kripto Coinbase membagikan kiat dan tips agar investor terhindar dari kejahatan berupa penipuan kripto. Direktur pelaksana Coinbase APAC, John O'Loghlen mencatat meskipun aktivitas ilegal mewakili kurang dari 0,34% transaksi kripto secara global, para penipu semakin menargetkan kelompok tertentu.

John menyebut ada beberapa hal yang dapat dilakukan investor untuk melindungi diri mereka dari penipuan. Pertama adalah tidak terburu-buru, bersabar dan ekstra waspada saat memeriksa permintaan mendesak dari pengirim yang tidak dikenal atau tidak diminta.

“Periksa apakah Anda menggunakan URL situs web yang benar dan periksa kembali apakah situs web tersebut sah. Lihat URL dan pastikan tidak ada kesalahan ketik atau kesalahan ejaan di alamat web,” kata Direktur pelaksana Coinbase APAC, John O'Loghlen, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (30/9/2024).

John melanjutkan, Autentikasi dua faktor juga menambahkan lapisan keamanan ekstra, dengan kunci keamanan perangkat keras menjadi yang paling aman, diikuti oleh aplikasi autentikator.

“Jika Anda merasa akun Anda telah disusupi, Anda dapat menguncinya dan menghubungi tim dukungan untuk mendapatkan bantuan,” jelas John.

Meskipun persentase transaksi kripto ilegal rendah, O’Loghlen menekankan bahwa para penjahat menjadi lebih canggih dalam metode mereka. Direktur pelaksana Coinbase itu menggarisbawahi perlunya kolaborasi berkelanjutan antara pemerintah dan industri kripto untuk melindungi konsumen.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kripto Indonesia Berkembang Pesat, tapi Hadapi Beragam Tantangan

Sebelumnya, CFX, satu-satunya bursa kripto yang diatur oleh pemerintah di Indonesia, terus menunjukkan komitmennya dalam memperkuat ekosistem dan mendorong adopsi aset kripto di tanah air.

Sebagai bagian dari rangkaian acara Coinfest Asia 2024, CFX mengadakan sesi sharing bersama Bappebti dan para anggotanya untuk membahas strategi penguatan ekosistem kripto di Indonesia serta pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan.

"Kehadiran CFX di Indonesia memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pedagang aset kripto dan investor. Kami merangkul semua pelaku industri untuk bersama-sama mendampingi perkembangan ekosistem kripto yang sehat dan berkelanjutan," kata Direktur Utama CFX, Subani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Ekosistem kripto di Indonesia saat ini berada dalam tahap perkembangan yang pesat, namun masih menghadapi berbagai tantangan. Penguatan ekosistem ini sangat bergantung pada kerja sama yang baik antara pemerintah, pelaku industri, dan lembaga-lembaga pendukung seperti Self-Regulatory Organization (SRO) Pasar Kripto.

Integrasi SRO Pasar Kripto, dalam hal ini Bursa Kripto, Kliring, dan Kustodian, menjadi contoh konkret bagaimana sinergi ini dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terpercaya bagi para investor.

Kepala Bappebti, Kasan, menjelaskan bahwa peran SRO dalam hal ini ekosistem Aset Kripto sangat vital dalam memastikan bahwa setiap transaksi dan operasional perdagangan kripto berjalan sesuai dengan standar dan regulasi yang telah ditetapkan.

"Dengan adanya lembaga SRO dalam Ekosistem Aset Kripto, kita dapat lebih mudah mengawasi dan memastikan bahwa pelaku perdagangan aset kripto menjalankan usahanya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Disamping itu juga harus mengutamakan perlindungan maksimal bagi investor" jelas Kasan.

3 dari 3 halaman

Platform Perdagangan

Selain itu, integrasi platform perdagangan aset kripto dengan lembaga SRO seperti CFX juga memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku industri. CFO PINTU, Andrew Adjiputro, mengungkapkan bahwa menjadi Pedagang Fisik Aset Kripto (PFAK) berlisensi penuh membawa banyak manfaat, baik bagi exchange maupun investor.

"Dengan lisensi penuh, kami memberikan kepercayaan lebih bagi investor karena kami beroperasi di bawah pengawasan ketat dari otoritas terkait dan sesuai dengan standar regulasi yang berlaku," ujar Andrew. "Lisensi penuh memastikan bahwa setiap transaksi yang dilakukan di platform kami aman dan transparan."

Keamanan Ekosistem Kripto 

CCO REKU dan Ketua ABI-ASPAKRINDO Robby juga menambahkan pentingnya keamanan dalam memperkuat ekosistem kripto di Indonesia. "Keamanan adalah prioritas utama dalam ekosistem kripto yang sedang berkembang ini.

Dengan adanya integrasi antara platform perdagangan dan SRO seperti CFX, kita dapat memastikan bahwa setiap transaksi berlangsung dengan aman dan sesuai dengan standar yang ketat. Hal ini tidak hanya melindungi investor tetapi juga meningkatkan kepercayaan publik terhadap industri kripto di Indonesia," ujar Robby.

Menurutnya, semua upaya ini bermuara pada satu tujuan utama menciptakan ekosistem perdagangan aset kripto yang lebih sehat, berkelanjutan, dan terpercaya. Dengan demikian, baik platform perdagangan maupun investor dapat merasakan manfaat maksimal dari pertumbuhan industri kripto di Indonesia.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.