Sukses

Sempat Sentuh Rp 851 Juta, Harga Bitcoin Kini di Level Terendah

Sentimen ini telah menyebar ke pasar kripto, dengan para pedagang terpaku pada laporan pekerjaan AS yang dijadwalkan pada Jumat

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin sempat menyentuh level terendah dalam satu bulan di tengah kemunduran yang lebih luas dari investasi yang lebih berisiko di pasar global karena kekhawatiran tentang prospek ekonomi.

Harga bitcoin sempat turun hingga level USD 55.000 atau setara Rp 851,6 juta (asumsi kurs Rp 15.485 per dolar AS) pada Jumat, 6 September 2024.

Sebagian besar token utama lainnya seperti Ether dan Solana juga mengalami kerugian. Tanda-tanda pelemahan ekonomi di AS dan Tiongkok membuat para investor gelisah, memicu periode terburuk bagi saham global sejak kemerosotan pada 5 Agustus. 

Sentimen ini telah menyebar ke pasar kripto, dengan para pedagang terpaku pada laporan pekerjaan AS yang dijadwalkan pada Jumat untuk mendapatkan petunjuk apakah perlambatan yang lebih dalam sedang terjadi atau tidak.

Menurut Sean McNulty, direktur perdagangan di penyedia likuiditas Arbelos Markets, di pasar opsi, permintaan meningkat untuk lindung nilai terhadap penurunan Bitcoin, baik untuk periode setelah data penggajian AS mendatang maupun setelah pemilihan presiden November.

"Kami telah melihat minat beli yang menurun pada opsi Bitcoin, terutama untuk strike pasca-penggajian pada USD 55.000 dan lebih rendah. Posisi penting juga dibuka untuk kontrak yang berakhir pada 29 November pada strike USD 35.000,” kata McNulty, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (6/9/2024). 

Reli Bitcoin tahun ini melemah sejak mencapai rekor tertinggi USD 73.798 pada Maret. Prospek musiman langsung menantang, jika sejarah benar. Selama lima tahun hingga 2023, mata uang kripto asli membukukan penurunan rata-rata September lebih dari 8 persen, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bitcoin dan Ethereum Terjun Bebas, Terlikuidasi hingga Rp 3 Triliun

Sebelumnya, Bitcoin dan Ethereum alami penurunan ke posisi terendah dalam satu bulan. Data Coinmarketcap menunjukkan Bitcoin sempat turun hingga level USD 55.000 atau setara Rp 851,6 juta (asumsi kurs Rp 15.485 per dolar AS) pada Rabu, 4 September 2024. Sedangkan Ethereum sempat sentuh USD 2.373 atau setara Rp 36,7 juta.

Dilansir dari Cryptopotato, Kamis (5/9/2024), penurunan ini menyebabkan likuidasi sekitar USD 200 juta atau setara Rp 3 triliun bagi pedagang yang terlalu banyak menggunakan leverage, dengan posisi tunggal terbesar yang hancur bernilai hampir USD 3 juta. 

CryptoPotato melaporkan kenaikan harga sempat terjadi pada Selasa yang tercatat dari sebagian besar aset, termasuk BTC yang mendekati USD 60.000 untuk pertama kalinya dalam beberapa hari. ETH juga berkinerja baik, karena melonjak ke USD 2.550.

Namun, lanskap telah berubah sepenuhnya pada Rabu. Hal ini didorong oleh ketakutan di pasar saham AS. Situasi dengan altcoin bahkan lebih menyakitkan pada beberapa kesempatan. TON, misalnya, telah kehilangan 8 persen nilainya, NEAR turun 7 persen, sementara ADA, SOL, dan AVAX telah turun 6 persen.

Akibatnya, lebih dari 73.000 pedagang yang memiliki leverage berlebihan telah bangkrut dalam sehari terakhir, dengan total nilai posisi yang dilikuidasi mendekati USD 200 juta, menurut CoinGlass.

Nilai yang terbesar terjadi di koin kripto Binance dan bernilai hampir USD 3 juta. Itu melibatkan pasangan perdagangan ETH-USDT.

3 dari 4 halaman

Harga Bitcoin Berpotensi Tembus Rp 1,7 Miliar, Ini Syaratnya

Sebelumnya, analis menyebut harga Bitcoin masih bisa berpotensi mencapai harga USD 110 ribu atau setara Rp 1,7 miliar (asumsi kurs Rp 15.568 per dolar AS). Hal ini berdasarkan pola teknis yang muncul pada pergerakan harga Bitcoin.

Analis kripto Titan of Crypto menjelaskan Prospek bullish sebagian besar didorong oleh pola grafik terkenal yang disebut "Cup and Handle," yang menandakan kelanjutan tren naik. Formasi Cup and Handle adalah pola yang dikenal luas dalam analisis teknis, yang sering digunakan untuk mengidentifikasi peluang untuk posisi long.

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (4/9/2024), analis kripto Titan of Crypto menyarankan harga Bitcoin dapat bersiap untuk kenaikan signifikan, dengan potensi mencapai USD 110.000 pada kuartal pertama 2025.

Meskipun ada prakiraan optimistis ini, tidak semua analis setuju jalur Bitcoin menuju USD 110.000 akan mulus. Beberapa meramalkan koreksi tajam sebelum mencapai titik tertinggi baru. 

Analis Bitcoin, Magoo PhD memperingatkan potensi penurunan di bawah USD 40.000 sebelum ada pergerakan naik yang signifikan. Magoo membagikan bagan yang menggambarkan kemungkinan skenario ini, yang menunjukkan Bitcoin mungkin menghadapi koreksi yang sulit sebelum penembusan yang diantisipasi.

Sebagai tambahan pada analisis, data dari CoinGlass menunjukkan Bitcoin memiliki dukungan signifikan pada level USD 57.000.

Pergerakan koin kripto ini di bawah ambang batas ini dapat memicu likuidasi lebih dari USD 860 juta dalam posisi short leverage kumulatif, yang dapat memperburuk setiap pergerakan turun.

4 dari 4 halaman

Bitcoin Catat Tren yang Lesu di Google, Ada Apa?

Sebelumnya, ketika harga Bitcoin (BTC) merosot di bawah USD 60.000 pada awal September 2024, perhatian terhadap bitcoin tampaknya ikut meredup, sebagaimana tercermin dari data Google Trends.

Mengutip News.bitcoin.com, Selasa (3/9/2024) pada 1 Januari 2024, pencarian Bitcoin berjalan lancar dengan skor 57 dari 100. Tetapi sekarang, skornya turun menjadi 32. Meskipun Bitcoin mungkin masih mengikuti siklus pasar bullish, antusiasme ritel tampaknya mulai menurun.

Melihat statistik tahun berjalan (Year to Date/YTD) di seluruh dunia, pencarian Bitcoin di Google pekan ini mendapat skor 32 dari 100. Angka itu menandai penurunan 43,85% dari posisinya pada minggu pertama 2024.

Selama periode 3-9 Maret 2024, ketika harga BTC mencapai titik tertinggi sepanjang masa di atas USD 73.000, pencarian Bitcoin mencapai skor sempurna 100.

Menurut data YTD di Google Trends (GT), El Salvador menjadi negara dengan minat pencarian tertinggi untuk Bitcoin, dengan Nigeria, Swiss, Austria, dan Belanda mengikuti setelahnya.

Meskipun metrik YTD agak positif, pandangan lima tahun yang lebih luas di seluruh dunia, menurut metrik Google Trends, jauh kurang mengesankan.

Misalnya, selama lima tahun terakhir, terakhir kali minat mencapai angka sempurna 100 adalah selama minggu pada periode 16-22 Mei 2021.

Penurunan minat pencarian, meskipun pasar Bitcoin dianggap terus menguat, menunjukkan adanya pergeseran persepsi publik. Sementara negara-negara tertentu mempertahankan rasa ingin tahu yang kuat, minat yang lebih luas dan memudar dapat mengindikasikan pasar yang semakin matang atau perlunya katalis baru untuk menyalakan kembali antusiasme yang meluas.

Kelesuan perhatian ini dapat menjadi pertanda keterlibatan yang lebih terkendali dari para pelaku pasar yang bergerak maju.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini